Hari Lebaran Idul Adha 2014 Akan Jatuh Pada Tanggal

Hasbihtc.com – Hari Lebaran Idul Adha 2014 Akan Jatuh Pada Tanggal, rasanya baru kemarin ummat Muslim diseluruh dunia usai merayakan lebaran idul fitri, bermaaf maafan serta silahturahmi kesanak family serta kerabat dekat lainya, dan tinggal mengitung hari lagi hari raya idul Qurban akan kita rayakan lagi secara bersama sama.

Negara Indonesia merupakan negara kepulaun dan memiliki Zona waktu yang berbeda mungkin itulah alasan bagi saya pribadi mengapa di negara kita ini, Hari lebaran selalu menjadi permsalahan dalam penentuan jatuh tempo mengenai kapan lebaran idul Qurban [Lebaran Haji] di Laksanakan.

Hari Lebaran Idul Adha 2014 Akan Jatuh Pada Tanggal

Kota Suci Mekah Kabbah

Penetuan Lebaran Idul Adha

Berikut ini ulasan mengenai Hari penetapan hari lebaran idul adha 2014 yang di tinjau dari segi zona waktu (Bulan Baru) di mekah dan Indonesia.

Mekkah [Saudi Arabia]
Bulan baru terjadi tanggal 24 September 2014 jam 9:14 pagi waktu Mekkah. Dan bulan akan terbenam pukul 18:21 waktu Mekkah. Matahari terbenam hari itu pukul 18:15 serta ketinggian bulan hari itu sekitar 0.9° ketika matahari tenggelam. Secara astronomi cukup sulit melihat bulan/hilal pada ketinggian tersebut dan cuma punya waktu sekitar 5 menit sebelum ditelan bumi.

Akan Tetapi karena Otoritas pada negara Saudi memiliki sejarah mengenai penentuan penangalan hijriyah, maka menurut kalkulasi saya Saudi akan menetapkan tanggal satu Zulhijah jatuh pada penangalan 25 September 2014 dan wukuf di arafah pada hari jumat tanggal 03 Oktober 2014 (tinggal urut kacang saja menentukan 9 zulhijah).

Indonesia [Jakarta]
Bulan baru terjadi tanggal 24 September 2014 jam 1:14 siang WIB. Dan bulan akan terbenam pukul 17:51 WIB. Matahari terbenam hari itu pukul 17:48 serta ketinggian bulan hari itu sekitar 0.4° ketika matahari tenggelam. Secara astronomi cukup sulit melihat bulan/hilal pada ketinggian tersebut dan cuma punya waktu sekitar 3 menit sebelum ditelan bumi..

Bagi Muhammadiyah dengan wujudul hilalnya, maka 1 Zulhijah pasti akan jatuh tanggal 25 September 2014 (karena hilal sudah wujud sore 24 September tersebut), otomatis puasa arafah pada hari Jum’at 3 Oktober dan Idul Adha hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014.

Bagaimana dengan pemerintah? Perkiraan saya, meskipun secara astronomi bulan masih rendah, pemerintah tetap akan menentukan 1 Zulhijah jatuh taanggal 26 September. Jadi Pemerintah akan bersama-sama Muhammadiyah dan seluruh ormas melaksanakan puasa Arafah dan Idul Adha pada hari yang seragam. Ini semata-mata karena pertimbangan berikut ini :

  • Tanggal Kalender merah/Hari Libur Nasional adalah tanggal 05 Oktober
  • Arab Saudi juga Wukuf tanggal 3 Oktober 2014
  • Sementara Imkanur Rukyat masih mentok di ketinggian 2°. Jadi sudah memenuhi imkanur rukyat, meskipun secara astronomi masih mustahil
  • Puasa Arafah jatuh hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014 menurut versi pemerintah
  • Jadi Pemerintah Idul Adha sesuai dengan keputusan Hari Libur nasional 2014/tanggal merah, yaitu hari Minggu tanggal 5 Oktober 2014 (Berbeda dengan Muhammadiyah dan Arab Saudi).

Selamat merayakan hari idul Adha dan lebaran secara bersama-sama, semoga lebaran Haji 2014 akan diadakan secara serentak dan Tentunya kita masih menunggu penetuan dan keputusan dari pemerintah. Semoga Apa yang di posting admin hasbihtc.com dapat memberikan manfaat mengenai masalah terkait dengan hari raya Idul Adha 2014, [Idul Qurban] Wassalam baca juga tata cara pelaksaan idul Qurban.