Habibie Ainun Orang Sukses Sulawesi Yang difilmkan

HASBIHTC.COM -  Presiden Repukblik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono tampak meneteskan air mata dan mengusapnya dengan sapu tangan, usai menonton film Ainun & Habibie, di XXI Epicentrum, Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/12) sore, Begitu juga dengan Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Istri Wakil Presiden Boediono, matanya terlihat lebam usai menonton film, Selain itu, mata sejumlah pejabat pemerintah lainnya, seperti Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, dan Istri Gubernur DKI Jakarta Jokowi, juga terlihat berkaca-kaca, saat menonton film kisah cinta Presiden RI ke 3 BJ Habibie dengan Istrinya Hasri Ainun Habibie.

film Ainun & Habibie

Film Habibie dan Ainun

Presiden SBY bersama Wakil Presiden Boediono, menyaksikan pemutaran film Ainun & Habibie di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan. Habibie juga ikut menyaksikan film yang diangkat dari buku dengan judul yang sama.

Presiden SBY menilai mantan Menteri Penerangan Malaysia Zainudin Maidin, tidak etis dan melebihi kepatutan dalam menilai Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

“Sebenarnya ketika ada berita yang menurut saya tidak etis melebihi kepatutannya dan itu bisa mengganggu hubungan baik antara Malaysia dan Indonesia,” tandas Yudhoyono.

Yudhoyono menyayangkan penilaian Zainudin bahwa Habibie sebagai budak imperialisme dalam artikel yang ditulisnya di media massa Malaysia.

Terus terang saya terganggu dan menyayangkan ada artikel seperti itu yang terus terang mendiskreditkan Pak Habibie sebagai pemimpin Indonesia, sesuatu yang sebenarnya mesti dicegah untuk tidak terjadi, kata Yudhoyono.

Pemerintah Malaysia, lanjut Yudhoyono, seharusnya bersikap tegas terhadap warga negaranya yang melakukan penghinaan terhadap simbol negara asing, termasuk Indonesia.

Mengingat hubungan baik kita antara Indonesia dan Malaysia yang seharusnya justru lebih mendekatkan hubungan kita ini untuk kepentingan bersama kita, kata Yudhoyono.

Presiden SBY juga meminta mantan Menteri Penerangan Malaysia Zainudin Maidin, meminta maaf kepada Habibie. “Saya menghargai upaya Pemerintah Malaysia, saya ikuti sampai sore tadi yang masih meminta saudara Zainudin katakanlah untuk meminta maaf kepada Pak Habibie,” ujar SBY.

Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim juga mengaku sangat menikmati film Habibie & Ainun yang berkisah tentang perjalanan cinta Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan istrinya Hasri Ainun Besari. “Ini film yang bagus, saya sangat menikmati menontonnya,” kata Anwar Ibrahim seusai pemutaran perdana film tersebut, Senin (17/12).

Menurut Anwar, film itu sangat menyentuh perasaan dan merupakan tontonan yang baik karena banyak mengandung ajaran yang baik. Ia juga menyebut Habibie sebagai suami dan kepala negara yang hebat. Kehadiran Anwar Ibrahim petang itu bersama keluarga besarnya atas undangan langsung Habibie.

“Saya dan keluarga berkunjung kemari atas undangan Habibie, kami kenal pribadi keluarga Habibie. Saya datang khusus untuk itu,” katanya.

Anwar membawa serta istrinya, putri dan menantunya serta delapan orang cucunya untuk menyaksikan film itu.

Dalam film berdurasi lebih kurang dua jam itu, aktor Reza Rahadian yang memerankan BJ Habibie dan penyanyi Bunga Citra Lestari yang memerankan Ainun Habibie melakonkan perjalanan cinta pasangan itu semenjak bertemu kembali di Bandung pada 1962 hingga ke akhir hayat Ainun pada 2010.

Tidak sedikit tamu undangan yang menitikkan air mata saat menyaksikan film tersebut tak terkecuali Presiden Yudhoyono, terutama dalam 12 menit terakhir yang menggambarkan kesetiaan Habibie mendampingi Ainun melakukan sembilan kali operasi di Jerman saat berjuang melawan sel kanker yang telah menyebar di tubuh ibu dua putra itu.

Sekalipun film yang diadaptasi dari buku berjudul sama itu dimaksudkan untuk menggambarkan perjalanan cinta mantan pasangan nomor satu Indonesia, Habibie dan Ainun, namun film itu bukanlah murni sebuah film drama percintaan.

Hampir sebagian besar film justru berkisah tentang perjuangan Habibie untuk mengabdi ke negaranya. Dan Ainun lebih diposisikan sebagai pendamping hidup yang setia mendampingi suaminya dalam setiap keputusan yang diambilnya. sumber Kompas.com,Vivanews.com Baca juga Profil Habibi dan JK sayang untuk Download Filem Habibie Ainun belum tersedia. jadi saya pun gak sempat Nonton, Namun saya cuma dapat info dari media televisi dan Internet.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com