Categories
Riview

Deteksi Kelainan Haid Sejak Dini, Bantu Anda Hindari Kuret Rahim

HASBIHCTC – Setiap kali anda menstruasi, hal terpenting yang harus diperhatikan setiap saat dan lebih intens dari biasanya adalah kebersihan dan kelembaban area organ intim. Sebisa mungkin gunakan pembalut yang sesuai dengan kebutuhan menstruasi anda, pilih yang sekiranya aman dan nyaman digunakan. Jika perlu, carilah merk pembalut yang aman menurut dokter, agar area luar dan dalam organ kewanitaan anda bisa lebih terjaga kesehatannya.

Selain pemilihan merek dan bentuk pembalut, jangan lupa juga untuk memperhatikan darah yang keluar selama siklus menstruasi berlangsung. Jika darah yang keluar cukup normal, yaitu cukup banyak di dua atau tiga hari pertama menstruasi yang kemudian diikuti bercak-bercak darah hingga siklus menstruasi selesai, anda bisa bernafas lega, karena itu merupakan tanda bahwa menstruasi anda normal. Namun ketika anda mendapati darah menstruasi keluar begitu banyak hingga tujuh hari lamanya, atau disertai periode menstruasi hingga sebanyak dua kali dalam sebulan, waspadai terjadinya penebalan pada jaringan dinding rahim anda!

Penebalan dinding rahim perlu segera diatasi baik dengan obat-obatan dari dokter, atau bisa dengan rutin mengkonsumsi ramuan kunyit, karena ketika terlanjur parah dan tak diantisipasi sedini mungkin, tindakan penyembuhan untuk penebalan dinding rahim harus dikuret!

Penebalan dinding rahim cukup berbahaya karena biasanya disebabkan oleh faktor-faktor berikut:
1. Gangguan pada ovarium yang menyebabkan sel telur tak bisa lepas saat waktunya tiba, sehingga tubuh tak mampu memproduksi hormon progesteron, sehingga pertumbuhan jaringan pelapis rahim menjadi tak terkontrol dan menyebabkan darah menstruasi keluar berlebihan.
2. Terganggunya jaringan yang melapisi rahim, sehingga jaringan ini justru tumbuh di bagian luar rahim (Endometriosis)
3. Tumbuhnya daging di jaringan yang melapisi rahim (Polip rahim)
4. Tumbuhnya tumor jinak non-kanker pada rahim (Fibroid rahim)
5. Kelainan pertumbuhan sel, yang mana seharusnya tumbuh ke luar rahim, namun malah tumbuh di dalam otot rahim (adenomiosis)
6. Pertumbuhan abnormal sel-sel di leher rahim secara tak terkendali dan berpotensi merusak bagian tubuh lain yang sehat (Kanker serviks dan/kanker endometrium)

Untuk itu, jika ada yang tak biasa dengan siklus menstruasi anda, tak perlu ragu untuk segera mengkonsultasikannya ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *