Dampak Mengkonsumsi Vitamin C Berlebihan

HASBIHTC.COM – Seperti yang kita ketahui bersama jika vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita. Menurut mayoclinic, vitamin C adalah vitamin larut air yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang normal selain itu vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi -fe. Karena tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C, maka sangat penting Untuk mengkonsumsi vitamin C

Setiap Hari Dan Ada begitu banyak sumber vitamin C yang dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran, bagi kebanyakan orang, segelas kecil jus jeruk dengan strawberry dan brokoli sudah cukup untuk memenuhi asupan vitamin C setiap hari.

Vitamin C

Dampak Vitamin C Berlebihan

Untuk orang dewasa, batas aman yang direkomendasikan untuk asupan vitamin C adalah 2000 miligram (mg) per hari. Jika sumber vitamin C berasal dari bahan alami atau dari makanan yang dikonsumsi maka apabila dikonsumsi terlalu banyak tidak akan membahayakan tubuh, karena akan dibuang melalui air seni/urine.

Namun lain halnya, jika asupan vitamin C diperoleh yang dari suplemen vitamin C, terutama dalam dosis tinggi, dapat membahayakan tubuh, dan beberapa dampak konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi dapat menyebabkan :

  1. Diare
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Nyeri Ilu Hati
  5. Kram Pada perut
  6. Sakit kepala
  7. Insomnia
  8. Batu ginjal.

Jika Anda mengalami keluhan tersebut maka anda harus menyesuaikan dosis suplemen vitamin C yang Anda konsumsi, dan cobalah untuk minum air lebih banyak.Atrikel Kesehatan Hasbihtc mengenai Dampak Mengkonsumsi Vitamin C Berlebihan di sadur dari Berbagai Sumber

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

Share It →