Cara Sederhana Menjaga Komputer Aman Dari Virus

Cara Sederhana menjaga komputer aman dari virus, Virus dapat Menginfeksi Komputer Meskipun komputer tidak temasuk dalam golongan makhluk hidup seperti manunusia, namun perlu kita ketahui bahwa komputer juga dapat tekena penyakit disebakan oleh infeksi virus, yang dimaksud dengan Virus komputer ialah sebuah

Program software yang dirancang untuk dapat mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya didalam kebanyakan kasus, program yang satu ini dikategorikan sangat berbahaya, karena tujuannya adalah merusak dapat menyebabkan kerusakan fatal komputer dengan berbagai tips dan trik, dalam pemakaian secara komersial, istilah “virus komputer” mencakup semua bentuk malware, atau software sofware berbahaya lainya.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari infeksi virus komputer yakni kinerja komputer yang menjadi sangat melambat, hilangnya atau rusaknya data dan crash pada sistem oprasi komputer. Namun masih banyak juga virus komputer yang dirancang untuk tetap terhidden dalam komputer dan tidak disadari penggunanya, sehingga malware yang menginfeksi komputer ini dapat menyebar secara diam-diam.

Cara Sederhana Menjaga Komputer Dari Virus

Virus Komputer

Cara Sederhana Menjaga Komputer Aman Dari Virus

Sejak, virus komputer pertama di dunia, yang disebut Elk Cloner, keluar dari laboratorium pada tahun 1981, jutaan lebih virus komputer telah diciptakan oleh programmer yang ingin menyabotase komputer lain. Bahkan, kini diperkirakan ada lebih dari 30.000 program malware unik yang bermunculan setiap harinya.

Program jahat ini sering kali bekerja dengan cara melekatkan dirinya pada program sah yang sering kita gunakan, dan ketika program ini diaktifkan, kita juga akan mengaktifkan atau menjalankan kode virus. Selain itu, virus komputer dapat masuk ke dalam komputer dengan berbagai cara lainnya, seperti melalui lampiran email, selama download file dari internet atau bahkan pada saat kita mengunjungi website yang telah terkontaminasi virus.

Komputer juga bisa memperoleh “penyakit” dari penyebab lain selain virus, seperti worm komputer, Trojan horse dan spyware, atau virus mata mata. Tidak seperti virus, worm tidak perlu melekatkan dirinya pada sebuah program di komputer anda, dan tidak dapat merusak file di komputer yang terinfeksi. Namun, worm sering membuat jaringan komputer menjadi lambat karena memakan bandwidth, atau kemampuan komputer dalam memproses data, ketika worm tersebut bereplikasi dan menyebar.

Sedangkan Trojan horse, tidak mereplikasi dirinya. Tetapi, program ini bertindak sebagai sarana bagi hacker untuk memperoleh akses ke komputer seseorang untuk mengirimkan email spam atau mencuri password. Dan yang terakhir, program spyware memonitor aktivitas pengguna komputer, seperti website yang mereka kunjungi, tanpa pengguna mengetahui akan hal tersebut, dan dapat menampilkan pop iklan yang tidak kita kehendaki atau dapat mencuri informasi penting seperti nomor kartu kredit.

Cara Aman menjaga komputer dari virus
Memakai Antivirus:
Salah satu unsur perlindungan komputer adalah mengaplikasikan perangkat lunak antivirus dan selalu memperbarui versinya. Banyak program antimalware yang memberikan perlindungan virus, spyware, Trojan, horse, keystroke logger dan perangkat lunak berbahaya lainnya selalu tersedia fitur pembaruan manual. Setidaknya cek lisensi antivirus aktif. Jika telah kadaluarsa enam bulan lalu, antivirus atau antimalware tidak akan melindungi perangkat komputasi.

Filter Spam Di Email
Biang keladi penyebaran perangkat lunak berbahaya adalah spam di email. Beberapa paket email seperti Outlook, Yahoo Mail dan Gmail dibangun untuk menangkap fungsionalitas spam. Jika tidak ada program filtering di email untuk memblokir spam gunakan perangkat lunak pihak ketiga, Penting untuk diingat bahwa filter spam tidak 100% efektif. Cara terbaiknya, jangan buka lampiran email dan mengunduh file jika tidak tahu pengirimnya, jangan buka file dengan ekstensi file. Exe seperti myfile.exe.

Selalu Aktifkan Firewall
Salah bila kita merasa komputer sudah terlindungi ketika memiliki program antivirus. Perangkat komputasi harus juga dilindungi Firewall yang bertindak sebagai filter pelindung dari malware dan penyusup.Jika terkena malware, Firewall dapat mencegah program berbahaya tersebut terhubung ke internet.

Firewall aktif pada pemblokiran Trojan horse. Bentuk umum dari malware itu bisa mentransfer file data dari komputer tanpa sepengetahuan pengguna. Kemudian mengunduh file berbahaya ke program yang ada di komputer. Firewall merupakan perangkat lunak mandiri. Tetapi lebih sering menjadi bagian dari Internet Security Suite. Sedangkan perangkat keras Firewall biasanya perangkat yang terhubung antara internet dan komputer. Biasanya dimasukkan menjadi bagian dari router jaringan.

Aktifkan Microsoft Updates:
Pembaruan Microsoft Windows, Office, dan Internet Explorerlewar Microsoft Updates sangat peting. Pembaruan ini gratis dan dapat diunduh manual melalui Windows atau menginstalnya. Secara berkala Microsoft menyediakan fitur Service Pack. Sistem pembaruan ini menjadikan program stabil, tidak terjadi degradasi kinerja dan pelanggaran keamanan. Jika menggunakan browser Mozilla Firefox merupakan alternatif baik pengganti Internet Explorer. Pastikan selalu memperbaruinya melalui Firefox Updates.

Memperbarui Komponen Keamanan Komputer
Disarankan mengecek sesekali komponen keamanan seperti antivirus dan antispyware. Jika perangkat lunak out of date, sistem komputasi rentan terhadap ancaman kejahatan cyber, Jika sekarang komputer, laptop atau notebook sudah terkena virus dan sulit di atasi.

Cara menghilangkan virus dari komputer

  1. Yang pertama untuk menghindari virus komputer menginfeksikan ke komputer,kita harus berhati hati dalam proses melakukan transfer data baik itu dari flashdisk,memory hp,maupun jaringan internet,serta untuk pencegahan kita perlu menampilkan file file yang di sembunyikan (dihidden).
  2. Hapus file file virus
  3. Manfaat fasilitas yang disediakan windows yang berupa windows explorer untuk menemukan file file yang dicurigai sebagai virus
  4. Nonaktifkan proses virus
  5. Hal ini sangatlah penting dilakukan.Biasanya proses virus berbentuk ikon yang berupa folder juga berbentuk file microsoft word.Gunakan aplikasi seperti process explorer,pocket killbox,showkill process dan lain sebagainya
  6. Pulihkan Registry
  7. Jika tidak melakukan hal ini,maka virus bukan tidak mungkin dapat merusak lagi komputer kita.Hapus juga entry schedule task yang dibuat virus jika ada.
  8. Nonaktivkan system restore
  9. Fasilitas yang disediakan oleh windows ini berfungsi dalam mengembalikan konfigurasi sistem kedalam konfigurai sistem yang sebelumnya.Ini penting dilakukan agar tidak kembali ke konfigurasi sistem sebelumnya yang telah dirusak virus.
  10. Munculkan file file yang di sembunyikan oleh virus.

Demikianlah persembahan dari saya mengenai Cara Virus Menginfeksi Komputer, Cara Aman menjaga komputer dari virus dan cara menghapus virus tanpa software antivirus semoga bermamfaat

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com