Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah

HASBIHTC.COM – Cara Membuat Pupuk, Pupuk mempunyai fungsi utama untuk kesuburan tanaman. Pupuk terbagi menjadi beberapa type, seperti pupuk kandang, pupuk kompos serta pupuk organik. Walau dari segi type jelas tidak sama, tetapi pupuk ini mempunyai fungsi yang sama. Diantara jenis pupuk yang banyak di gunakan oleh sebagian besar orang-orang yaitu jenis pupuk kompos.

Pupuk kompos adalah salah satu jenis pupuk yang di buat melalui langkah menguraikan bekas tanaman serta hewan dengan bantuan dari organisme hidup, yang berbentuk mikroorganisme atau makroorganisme. Selain itu pupuk kompos dapat juga menggunakan sampah rumah tangga, hingga bisa membantu untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Hingga bukan hanya mampu menyuburkan tanaman, tetapi juga membantu hunian sekitar akan terlihat bersih.

Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah

Hasil Olahan Pupuk Kompos Dari Sampah

Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah

Proses pembuatan pupuk kompos juga benar-benar gampang dan dengan memakai tehnologi yang simpel. Semua orang juga dapat membuat pupuk kompos, baik untuk skala pertanian ataupun sebatas keperluan pekarangan. Pupuk kompos mempunyai kegunaan, seperti melakukan perbaikan struktur tanah, zat makanan yang diperlukan oleh tumbuhan bakal lebih tersedia, dan mikroba yang ada pada pupuk kompos bakal membantu penyerapan zat zat makanan yang diperlukan oleh tanaman.

Pemakaian pupuk kompos pada tanaman dapat juga menunjang tanah menjadi lebih gembur yang menghasilkan bunga-bunga berkembang, hingga halaman anda jadi lebih asri serta udara lebih segar lantaran oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut . Bila anda pengen tanaman anda terlihat asri, anda dapat juga membuat pupuk kompos sendiri dengan memakai sampah organik yang ada di sekitar anda, hingga lingkungan seputar anda bakal terlihat bersih.

Kalau anda masih saja bingung dengan Cara Membuat Pupuk kompos serta bahan apa sajakah yang dibutuhkan, dibawah ini hasbihtc bakal membantu anda dalam membuat pupuk kompos lewat cara sederhana, seperti berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk kompos :

  • Sampah hijau (sampah organik)
  • Sampah coklat (sampah kotoran hewan)
  • Bak atau drum plastik besar
  • Karung goni
  • Tanah atau paving block

Cara Membuat Pupuk Kompos :

  • Campurlah satu bagian sampah hijau dengan satu bagian sampah coklat ke dalam drum atau bak plastik besar yang di bawahnya sudah ditutupi dengan tanah serta di beri lubang supaya jika kelebihan air mampu merembes ke dalam tanah.
  • Tambahkanlah satu lapisan tanah di bagian atas serta biarkan mikroba aktif dalam tanah bekerja memproses sampah sampai menjadi kompos.
  • Ulangilah proses pertama serta ke-2 untuk susunan selanjutnya sampai sampah serta tanah habis. Lalu tutup drum dengan karung goni. Proses ini bisa dikerjakan setiap 2 hari sekali.
  • Sesudah hari ketujuh, buka serta aduk pupuk kompos tersebut . Lalu tutup kembali serta lakukan proses itu setiap 7 hari sekali.
  • Untuk mempercepat proses pengomposan, anda bisa memberikan bio-activator berbentuk larutan effective microorganism (EM) yang bisa dibeli di toko pertanian.
  • Sesudah 4-6 minggu, bila campuran pupuk telah berwarna kehitaman serta tak berbau sampah lagi, artinya proses pengomposan sudah selesai.
  • Langkah paling akhir yaitu ayak serta pisahkan bagian yang kasar, lalu kompos yang kasar bisa digabungkan ke dalam bak pengomposan sbg activator.

Langkah Membuat Pupuk Kompos seperti di atas bisa anda lakukan di rumah, hal semacam itu bisa lebih menghemat ongkos serta juga mendukung kebersihan lingkungan sekitar anda. Demikian penjelasan tentang langkah membuat pupuk kompos sederhana dari sampah semoga info di atas bisa berguna untuk anda.