Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

HASBIHTC.COM – Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi, Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya, begitu pun sebaliknya dengan daging babi

Tapi khusus bagi ummat Mulsim, akhir-akhir ini kita sering kali mendengar korban penipuan daging sapi yang ternyata setelah diteliti bukanlah daging sapi melainkan daging babi. Hal ini menimbulkan keprihatinan bagi Ummat Islam dan sebagai dampak negatifnya dapat merugikan supplier daging sapi. Berikut ini ulasan mengenai cara membedakan daging sapi dan danging babi silahkan disimak

Gambar Daging Sapi Segar

Gambar Daging Sapi Segar

Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Jenis Daging Sapi dikelompokkan dalam dua bagian yaitu:

1. Daging sapi gelonggongan
Merupakan jenis daging dari sapi yang sebelum disemblih dipaksa meminum air dalam jumlah yang sangat banyak. Tujuannya agar berat daging menjadi bertambah dan pada akhirnya digunakan untuk mengelabui timbangan konsumen.

Daging sapi gelonggongan memiliki ciri-ciri warna daging tidak merah melainkan kehitam-hitaman, daging lembek, permukaan daging basah menandakan banyaknya air, dan biasanya penjual tidak menggantung daging saat menjualnya, karena bila digantung maka akan banyak air yang menetes dari daging.

2. Daging Oplosan
Daging sapi jenis ini adalah jenis daging sapi yang dioplos atau telah dicampur dengan daging babi, nah pada point ini kita ummat muslim harus berhati hati dalam membeli daging jangan sampai anda salah beli yang dengan membeli daging babi berikut ciri ciri daging babi

Ciri ciri Daging Babi

Gambar Daging Babi

Gambar Daging Babi

Berikut ini ciri ciri khusus yang dimiliki oleh daging babi:

  • Warnanya merah pucat
  • Serat dagingnya lebih lembut dan halus
  • Lemak pada daging lebih tebal
  • Aromanya amis berbeda dibandingkan dengan aroma daging sapi biasanya
  • Lengkapnya seperti gambar berikut ini
Perbadingan Daging Sapi Dan Daging Babi

Perbadingan Daging Sapi Dan Daging Babi

Tips Memilih Daging Segar

Periksa kekenyalan Daging
Daging yang sudah tidak segar mempunyai kekenyalan yang rendah. Bila ditekan dengan jari akan terasa lunak.

Ketahui Warna Daging Segar
Pastikan Anda mengetahui wana daging yang sudah tidak segar dan tidak layak konsumsi. Warna daging yang tidak normal, merah pucat, kusam, atau sampai ada kebiru-biruan dan kehijau-hijauan menandakan daging tersebut sudah tidak segar dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Kenali Aroma Dan bau Daging
Daging yang tidak layak konsumsi tentunya akan mengeluarkan aroma dan bau yang tidak sedap dan tidak normal. seperti Bau busuk, Bau margarin tengik,Bau obat-obatan. atau berbau busuk, tidak sedap atau bau bangkai.

Dengan berbagai macam ciri daging yang telah disebutkan diatas, di harapkan Anda pembeli agar lebih teliti lagi dalam membeli daging sapi dan segera hindari pendagang daging yang :

  • Menjual daging sapi dengan harga yang jauh dibawah harga pasar yang berlaku.
  • Mendadak menjual daging dan bukan di lokasi yang seharusnya.
  • Tidak berani menggantung daging sapi jualannya.
  • Menjual daging yang berwarna kehitaman, agak berbau, licin ketika dipegang, dan urat-uratnya mengembang.

Demikianlah Ulasan singkat Mengenai cara membedakan daging sapi dan daging babi, serta ciri ciri daging segar, semoga tips diatas bisa menjadi pedoman dalam memmbeli daging untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Wassalam.