Cara Hemat agar Startup Kamu Berkembang Pesat

Hasbihtc – Startup atau perusahaan rintisan merupakan salah satu tren bisnis paling happening dewasa ini. Tidak heran karena semakin terbukanya arus informasi membuat banyak orang akhirnya memiliki ide-ide bisnis dan ‘gila’ yang bisa dijual kehadapan publik.

Namun namanya juga perusahaan rintisan, membangun usaha dari 0 tentunya membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Salah satu penghambat berkembangnya startup itu sangat klasik yaitu keterbatasan modal. Namun ada satu cara agar startup bisa berkembang meskipun dengan modal pas-pasan, yaitu dengan cara berhemat.. Nah berikut ini kamu bisa menemukan cara hemat agar startup kamu berkembang pesat, oke mari simak dibawah ini ya!

Startup Kamu Berkembang Pesat

Agar Startup Berkembang Pesat

Win-win Solution

Saat membangun startup, biasanya ada hal-hal yang tidak bisa dikerjakan oleh pemilik startup itu sendiri. Misalkan kamu sedang merintis startup les privat dan membutuhkan website sebagai portfolio startup, sayangnya kamu tidak bisa membuat sebuah website. Solusinya cuma satu yaitu menggunakan jasa orang lain. Nah kamu tak perlu membayarnya dengan uang, coba tawarkan program les yang kamu miliki untuk membayar website tersebut. Bagaimana menarik bukan? Kamu tak perlu menggunakan uang untuk keperluan operasional startup kamu, cukup tawarkan keahlianmu pada orang yang kamu sewa. Its win-win solution!

Beli Peralatan Operasional yang Memiliki Diskon

Cara hemat lainnya agar startup kamu berkembang pesat yaitu dengan membeli peralatan operasional yang dilabeli dengan diskon. Dengan produk yang tentunya lebih murah, maka budget bulanan untuk operasional startup pun bisa ditekan seminim mungkin. Kamu bisa memanfaatkan promo kode voucher Tokopedia agar produk yang kamu inginkan tidak terlalu mahal. Cari peralatan operasional startup yang kamu butuhkan pada situs Tokopedia, setelah itu masukan kode voucher Tokopedia, alhasil produk yang kamu beli pun menjadi jauh lebih murah.

Cari Freelance yang Butuh Portfolio

Cara hemat lainnya agar startup-mu berkembang pesat yaitu dengan memanfaatkan freelance yang sedang membutuhkan portfolio. Biasanya, para freelancer ini rela dibayar murah untuk mengerjakan proyek yang mereka butuhkan untuk portfolio mereka. Misalkan kamu sedang membutuhkan seseorang untuk mengisi konten pada situs startup kamu, maka kamu bisa menggunakan jasa freelancer tersebut, tentunya dengan bayaran yang tidak terlalu mahal. Selain itu kamu juga bisa menawarkan konsep win-win solution sama seperti pada poin satu yang telah dibahas sebelumnya.

Meeting di Kafe

Biasanya saat membangun startup, kamu akan dihadapkan pada banyaknya jadwal meeting bersama klien. Kamu tak perlu mengadakan meeting di restoran, cukup adakan meeting di kedai kopi saja. Jadi kamu tak perlu membelikan makanan untuk klienkamu, karena normalnya jika meeting di kafe, klien tidak akan meminta agar kamu membelikan dia makanan, cukup belikan dia secangkir kopi saja.

Share It →