Cara Efektif Mencegah Dan Mengobati Demam Berdarah

Cara Efektif Mencegah Dan Mengobati Demam Berdarah, Waspadalah Penyakit deman berdarah di saat musim hujan tiba deman Berdarah merupakan bentuk dengue yang mengancam keselamatan jiwa manusia. Masih banyak orang terkadang keliru dalam memahami deman berdarah, Apa itu Demam Berdarah? Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh

virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Demam Berdarah Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus dan dapat menyebabkan kematian dan 1 diantara 10 orang menganggap penyakit demam berdarah ini hanya seperti sakit demam disaat terserang flu biasa. nah hal Inilah yang kadang membuat seseorang yang mengidap gejala dbd mengambil sikap menunda-nunda pemeriksaan dan konsultasi ke dokter hingga dapat mengancam nyawa sipenderita dan akhirnya berujung pada kematian.

Nyamuk Demam Berdarah Aedes Aegypti

Nyamuk Demam Berdarah Aedes Aegypti

Mencegah Dan Mengobati Demam Berdarah

Penyebab Deman Berdarah
Salah satu penyebab utama DBD adalah sejenis nyamuk Aedes aegypti. Jenis Nyamus Spesies ini bisa kita jumpai di daerah yang beriklim tropis seperti indonesia dan bisa ditemukan di daerah yang beriklim subtropis di dunia. Pada Hakikatnya Nyamuk Aedes aegypti berkembang pesat di daerah-daerah yang padat penduduk. Mengendalikan nyamuk tersebut merupakan salah satu kunci untuk mengendalikan penyakit dan gejala demam berdarah adalah sebagai berikut :

Cara Mengedalikan Nyamuk Demam Berdarah
Pengendalian nyamuk dalam skala besar bukan hal yang mudah. Tetapi dengan diterapkannya pengendalian nyamuk Aedes aegypti bisa meminimalisir penyakit DBD dan gejalanya. Akan tetapi, ada hal-hal yang harus dilakukan untuk membantu mengurangi risiko di sekitar rumah. Nyamuk betina bertelur di air.

Larva-larva dapat berkembang dalam wadah apa pun yang dapat menampung air selama kira-kira seminggu, misalnya ban bekas, kaleng bekas, botol, atau sisa-sisa tempurung kelapa. Menyingkirkan wadah-wadah semacam itu berarti melenyapkan tempat-tempat pembiakan nyamuk.

Selain itu, disarankan agar ember atau perahu dijungkirkan. Menyingkirkan air yang tergenang pada talang air juga membantu. Jadi Ingat 3 M sesuai dengan Pesan Layanan Pusat Komunikasi Publik Setjend Depkes RI : yang dibagikan kepada warga dalam sebuah Brosur WASPADA DEMAM BERDARAH CEGAH DENGAN 3M PLUS! Berantas jentik dan hindari gigitan nyamuk Demam Berdarah dengan cara 3M Plus antara lain sebagai berikut :

  • Menguras tempat-tempat penampungan air bak mandi WC, tempayan, ember, vas bunga, dsb minimal seminggu sekali.
  • Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong dan drum.
  • Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, plastik dan tempurung kelapa.
  • Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air.
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
  • Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi dsb.

Apa yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak penyakit ini? Bila gejala demam berdarah sudah terlihat,seperti bercak-bercak merah atau rasa nyeri pada otot dan persendian atau di belakang mata, hendaknya segera konsultasi dengan dokter anda agar bisa dilakukan tindakan pencegahan secepatnya

Cara untuk Memastikan Pasien terkena Penyakit demam berdarah biasanya Dokter akan mengadakan tes darah. Dengue yang tidak menyebabkan perdarahan mungkin hanya membutuhkan perawatan sederhana. Tetapi, jika pengujian menunjukkan gejala demam berdarah positif, kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan agar cairan tubuh dikelola secara saksama.

Ini mungkin mencakup penggunaan oralit, seperti untuk penanganan diare, atau, pada kasus yang lebih kritis, penggantian cairan melalui infus dengan larutan Ringer, larutan garam, atau lainnya. Dalam menangani kasus ini, biasanya dokter menganjurkan jenis pengobatan tertentu untuk meningkatkan tekanan darah dan memulihkan jumlah trobosit darah Berikut ini

Gejala demam berdarah :

  1. Demam tinggi Secara Tiba-tiba
  2. Sakit kepala yang tidak tertahanka
  3. Muncul Rasa Nyeri di balik mata
  4. Rasa Sakit pada daerah persendian otot
  5. Meningkatnya kelenjar Getah Bening
  6. Tibul bercak-bercak merah pada kulit
  7. Cepat merasa lelah Meskipun Aktivas Kurang

Gejala Spesifik Pada Sakit Demam Berdarah adalah :

  1. Pendarahan kulit
  2. Pendarahan secara umum
  3. Kulit terasa dingin dan keluranya keringat dingin
  4. Timbul Perasaan Gelisah pada sipenderita
  5. Denyut nadi lemah

Jika ada gejala tersebut di atas, maka hal Yang Harus Dilakukan sebagai
Langkah awal mencegah demam berdarah

  1. Beri minum sebanyak mungkin.
  2. Kompres agar panasnya turun.
  3. Berikan obat penurun panas, misalnya Paracetamol.
  4. Segera bawa ke Poliklinik, Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat

Demikianlah Ulasan Saya Pada Kesempatan kali yang sudah membahas mengenai seputar Demam Berdarah terima kasih telah membaca artikel kesehatan Hasbi Htc mengenai Cara Efektif Mencegah Dan Mengobati Demam Berdarah semoga dapat bermanfaat.

Refensi acuan sumber Artikel Demam Berdarah dari Berbagai Sumber Info kesehatan Depkes RI dan Pihak Puskesmas dan Pusat kesehatan Masyarakat di Indonesia Akhiru Kata Wassalam.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com