Canggih! Facebook Ciptakan Kamera Mirip UFO yang Bisa Rekam Video Segala Arah

HASBIHTC.COM – Pekan ini, Facebook kembali menggebrak. Usai mengakuisisi produsen headset Oculus, kali ini gantian merilis produk kamera 360 derajat. Perilisan kamera ini sebagai tindak lanjut dari akuisisi bisnis virtual reality (VR) senilai USD 2 milyar.

Kamera ini dinamakan Surroound 360, yang secara resmi diperkenalkan ke publik dalam konferensi pengembang aplikasi Facebook F8. Bentuk kamera ini cukup unik, mirip dengan piring terbang atau UFO.

kamera surround 360 milik facebook

Kamera surround 360 milik facebook

Terdapat 17 unit kamera yang jika dioperasikan bakal menghasilkan rekaman video dari segala arah. Ketujuh belas unit kamera tersebut meliputi 14 kamera berlensa lebar berada di tengah, 1 kamera berlensa fish eye di atas, dan 2 kamera di bawah.

Pihak Facebook mengklaim, kamera Surround 360 mampu menampilkan hasil rekaman yang bagus, tanpa cacat sedikitpun. Masalah teknis juga disinyalir mampu diminimalisir. Hal ini ditunjang oleh kolaborasi hardware dan software yang menurut mereka sangat harmonis.

Selama proses produksi, Facebook melakukan penelitian dan pengembangan selama kurang lebih 1 tahun. Facebook sudah menggelontorkan dana sebesar USD 30.000 atau setara dengan Rp390 jutaan. Menurut rencana, kamera ini bakal diproduksi secara open-source melalui GitHub.

kamera ufo facebook

Bicara kamera, tentu tidak akan lepas dari brand Nikon dan GoPro. Sebelum Facebook, mereka sudah lebih dulu merilis kamera 360 derajat. GoPro yang menggandeng Google berhasil menciptakan kamera Odyssey dengan 16 lensa 360 derajat dan dibanderol USD 15.000.

Kemudian ada Nokia, yang juga berhasil menciptakan kamera 360 derajat bertajuk kamer Ozo. Kamera yang bentuknya menyerupai bola ini dibanderol seharga USD 60.000. Pihak Nokia mengklaim, kamera ini khusus untuk kalangan profesional di industri film.

Pertanyaannya, apakah Facebook bisa menjawab tantangan industri VR dan siap bersaing dengan brand-brand lain? Jawabnya, bukan iya atau tidak. Pihak Facebook mengatakan, perilisan kamera Surround 360 ditujukan hanya untuk memberi keleluasaan pengguna dalam menciptakan video.

Share It →