Bunaken Obyek Wisata Terbaik Sulawesi Utara

Panorama Surga di Bawah Laut Bunaken Sesuai dengan namanya negara Indonesia, yang berasal dari bhs latin yakni Indus (Hindia) serta bhs Yunani, Nesos (pulau), yang bermakna sebuah lokasi kepulauan di Hindia, bumi pertiwi ini menjadi suatu Negara kepulauan paling besar didunia. Jumlah keseluruhan pulau yang dipunyai oleh Indonesia capai sekitar 17. 508 hamparan pulau yang terbentang luas dan terletak pada titik enam derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan serta 97 derajat hingga 141 derajat bujur timur. Jadi Tidak heran bila di antara demikian banyak pulau, Indonesia mempunyai harta karun berbentuk spot-spot untuk menyelam.

Bunaken Obyek Wisata Terbaik Sulawesi Utara

Foto Panorama Surga Bawah Laut Bunaken

Bunaken Obyek Wisata Terbaik di Manado

Serta satu diantara yang sudah terekspos yaitu Bunaken. Bunaken yaitu pulau berdimensi 8. 08 km2 di Teluk Manado yang terdapat di sisi utara pulau Sulawesi. Pulau ini jadi populer disebabkan taman laut seluas 75. 26 hektarnya yang populer untuk suatu diving spot paling indah di seluruh dunia. Bahkan, konon kabarnya taman bawah air yang dapat ditempuh selama tiga puluh menit jika bertolak dari pelabuhan kota Manado ini masuk dalam daftar 10 Diving Spot Terpopuler di Dunia.

Taman laut Bunaken, yang dikelilingi oleh lima pulau yang ada di dalamnya (Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage serta Pulau Naen) mempunyai keanekaragaman hayati yang paling banyak didunia yang menyebar di 29 titik selam. 12 spot salah satunya yang sering dikunjungi ada di Pulau Bunaken lantaran mempunyai pemandangan underwater great walls dengan kata lain hanging walls atau dinding raksasa vertical yang melengkung. Lebih kurang terdapat kurang lebih 58 type terumbu karang serta kian lebih dua ribu spesies ikan yang hidup di laut bunaken. Dimulai dari Oci Putih, Lulusi Ekor kuning, Ila Gasi, Goropa, dan ditambah hewan langka laninya seperti Paus, Dugong sampai Penyu.

Bunaken Obyek Wisata Terbaik Sulawesi Utara

Lokasi Selam di Bunaken

Taman nasional Bunaken didirikan pada th. 1991 dan mencakup lokasi seluas 890. 65 km². 97% dari taman nasional ini adalah habitat laut, sementara 3% sisanya adalah terdiri dari daratan, dan mencakup lima pulau yaitu Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen serta Siladen. Taman Nasional Bunaken mempunyai ekosistem terumbu karang yang benar-benar kaya. Ada sekitar 390 spesies terumbu karang di lokasi ini. Spesies alga yang bisa didapati di Taman Nasional Bunaken yaitu Caulerpa, Halimeda serta Padina, sementara jenis rumput laut yang banyak didapati yaitu Spesies Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, serta Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga mempunyai beragam spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska serta mangrove. Kurang lebih 90 spesies ikan tinggal di perairan lokasi ini.

Di daratan, pulau ini kaya akan Arecaceae, sagu, woka, silar serta kelapa. Selain itu, Taman Nasional Bunaken juga mempunyai spesies hewan yang tinggal di daratan, seperti rusa serta kuskus. Rimba mangrove di taman ini jadi habitat untuk kepiting, lobster, moluska serta burung laut. Di lokasi ini, ada dua puluh dua desa dengan jumlah masyarakat kurang lebih 35. 000 jiwa. Umumnya dari mereka berprofesi sebagai nelayan atau petani kelapa, ubi jalar, pisang serta rumput laut untuk diekspor, sementara sebagian penduduk lainnya beprofesi sebagai pemandu, dan pekerja di cottage serta nahkoda kapal.

Share It →