Bukan Hanya Gejala Alergi Pada Bayi Penanganan Alergi Pun Juga Harus Diperhatikan

HASBIHTC – Sistem kekebalan bayi memang belum sempurna, karena inilah bayi rentan terkena alergi mulai dari bahan makanan tertentu hingga asma. Salah satu alergi yang umum dialami bayi ialah alergi susu sapi yang terjadi pada 2 hingga 3 persen bayi. Alergi susu ini biasanya terjadi saat sistem kekebalan tubuh bayi melakukan kesalahan dan menganggap protein susu sapi merupakan zat yang harus dilawan tubuh.

Gejala Alergi

Gejala Alergi Pada Bayi dan Penanganannya

Hal inilah yang memicu reaksi alergi seperti ruam popok sakit perut dan yang lainnya. Bayi yang mengalami alergi susu sapi biasanya juga mengalami alergi protein susu kambing. Sebagai seorang ibu bukan hanya gejala alergi pada bayi saja yang harus diperhatikan namun penanganannya juga harus Anda ketahui.

Gejala alergi susu ini dialami sekitar 7 hingga 10 hari sesudah bayi mengkonsumsi susu sapi atau susu formula. Beberapa gejalanya seperti diare, muntah, tidak memiliki nafsu makan bahkan hingga masalah kulit seperti ruam popok.

Bila keluarga Anda mempunyai sejarah alergi susu sapi atau Anda curiga si kecil mengalami alergi susu, segera konsultasikan hal tersebut pada dokter anak agar dapat mengkonfirmasi maupun membantah dugaan tersebut bahkan mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah.

Solusi yang biasanya diberikan oleh dokter jika anak mengalami masalah alergi susu bergantung dari konsumsi susu si kecil. Jika si kecil hanya mengkonsumsi susu formula saja, dokter akan menyarankan Anda merk susu formula yang Anda berikan pada si kecil.

Bisa jadi dokter juga akan menyarankan pemberian susu kedelai. Namun bila si kecil alergi protein susu kedelai. Dokter akan menyarankan susu hydrolysate yang proteinnya lebih terurai sehingga resiko reaksi alergi bisa diturunkan.

Sedangkan bila si kecil mengkonsumsi ASI, nantinya dokter akan memberikan saran agar Anda tidak mengkonsumsi susu dengan merk apapun. Bila solusi ini yang diberikan dokter, mintalah saran pada dokter apa sumber kalsium yang baik untuk Anda selain memperoleh asupan susu dari produk susu. Jadi, mulai dari sekarang bukan hanya gejala alergi susu pada bayi saja yang harus Anda tahu, namun langkah penanganan yang cepat juga harus Anda ketahui.

Share It →