Berbagai Macam Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

HASBIHTC.COM – Jeruk adalah salah satu tanaman buah-buahan yang penyebarannya meluas hampir disetiap wilayah di dunia ini. Rasa asam manis serta menyegarkan membuat tanaman ini banyak dikembangkan dan dikonsumsi buahnya oleh masyarakat dunia. Jeruk masuk kedalam suku rutaceae suku jeruk-jerukan. Tanaman ini diperkirakan berasal dari asia timur dan asia tenggara. Untuk asia timur merupakan asal jeruk manis dan sitrun lemon,sedangkan asia tenggara sebagai penghasil jeruk bali, jeruk nipis, dan jeruk purut.

Berbagai Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Gambar Kulit Jeruk

Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Jenis jeruk sangat beragam dan beberapa spesiesnya dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antar spesies, dimana hasil dari persilangan ini memiliki karakter baru yang khas. Banyak jenis jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia baik sebagai bahan pangan, wewangian, maupun untuk industri. Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu buah dan daun. Namun Tahukah Anda bahwa Kulit jeruk ternyata mempunyai banyak manfaat untuk meringankan berbagai gejala penyakit. Apa saja manfaatnya? silahkan disimak ulasannya berikut ini 18 manfaat kulit jeruk :

18. Menghilangkan bau mulut
Anda dapat mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang segar dapat menghilangkan bau mulut.

17. Mencegah Alergi
Menghilangkan gejala alergi sehabis makan ikan dan kepiting. Rebuslah beberapa potong kulit jeruk segar dengan air dan minumlah.

16. Menghentikan muntah dan mengobati Sakit perut
Caranya Rebus beberapa potong kulit jeruk dengan jahe yang segar bersama air dan minumlah.

15. Mencegah sesak di dada sesak napas
Tambahkan air didih ke dalam gelas yang berisi kulit jeruk segar, tutuplah selama 10 menit, dan tambahkan gula sebelum kamu meminumnya, ia dapat menghentikan rasa sesak di dada dan radang tenggorokan.

14. Mengobati Masalah Pencernaan
Rendam 50 gram kulit jeruk dengan wine putih untuk kurang lebih selama 20 hari, ini sangat baik buat pencernaan, pusing dan muntah. Jika kamu makan terlalu banyak makanan berlemak dan merasa panas dalam, cobalah cara ini.

13. Mencegah Mabuk Perjalanan
Satu jam sebelum naik mobil, ambilah secuil kulit jeruk yang segar terus dekatkan ke hidung anda dan hiruplah aroma jeruk di kulitnya. Setelah naik mobil, terus menghirup minyak kulit jeruk itu untuk mencegah mabuk perjalanan.

12. Mencegah frostbite
Radang dingin, cara mengobatinya bakarlah beberapa kulit jeruk dan giling sampai menjadi bubuk, campurkan dengan minyak sayur dan oleskan ke daerah yang bengkak karena cuaca dingin tersebut.

11. Mengobati Bronchitis
Bronchitis atau sakit radang pada saluran paru-paru kronis, cara penggunaanya taruhlah 5 sampai 15 gram kulit jeruk kedalam sebuah gelas, tambahkan air yang mendidih untuk membuat segelas teh kulit jeruk. Minumlah sesering mungkin .

10 Mengobati Batuk
Taruhlah 5 gram kulit jeruk kering kedalam 2 gelas air dan rebus selama 10 sampai 15 menit kemudian tambahkan beberapa jahe dan gula merah. Minumlah selagi hangat.

9. Mengobati Sembelit
Susah buang air besar caranya rebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air untuk 10 sampai 15 menit. Minumlah 2 kali sehari untuk mencegah sembelit atau susah buang air besar.

8. Penambah Nafsu Makan
Mengembalikan nafsu makan yang kurang. Ambillah kulit jeruk yang segar dan jemurlah sampai kering. Campurkan kulit jeruk itu dengan daun teh. Ketika kamu sedang tidak punya nafsu makan, tambahkan air yang masak ke dalam dan aduklah bikinlah segelas “teh kulit jeruk”. Cara ini dapat mengembalikan nafsu makan kamu yang hilang.

7. Mengobati Radang Pankreas
Rebus 30 gram kulit jeruk dan 10 gram licorice (akar manis) dengan air.

6. Mengobati Hangover
Hangover atau perasaan sakit pada waktu bangun pagi setelah minum minuman keras terlalu banyak cara penggunaanya Rebuslah 30 gram kulit jeruk segar dengan air untuk 15 sampai 20 menit, tambahkan sedikit garam dan minumlah.

5. Mengobati Sakit Geraham
Taruhlah sepotong kecil kulit jeruk yang segar ke dalam mulut anda selama 10 menit sebelum anda tidur. Tetaplah biarkan di dalam sampai anda merasa kurang nyaman.

4. Merawat Gigi Sensitif
Merawat dan mengobati gigi yang sensitif. Apakah gigi anda menjadi terasa sensitif setelah makan jeruk? Taruhlah kulit ke dalam gelas dan tambahkan air mendidih, tutup gelasnya selama 5 sampai 10 menit kemudian minumlah.

3. Mengobati Mastitis
Mastitis atau dikenal juga dengan sebutan penyakit payudara bengkak saat produksi ASI berlebih cara pemakaianya rebuslah 30 gram kulit jeruk yang segar dan 6 gram licorice (akar manis) dengan air. Minumlah dua kali sehari.

2. Menghilangkan dahak di dalam paru paru
Rendamlah sepotong kulit jeruk ke dalam wine putih untuk kurang lebih 20 hari dan minumlah, semakin lama direndam, hasilnya akan semakin baik.

1. Mengatasi Rasa Dingin
Rebus beberapa kulit jeruk dan jahe segar di dalam air untuk kurang lebih 15 sampai 20 menit, tambahkan gula merah, dan minumlah seperti teh. Cara ini dapat mengobati kedinginan, flu, muntah dan batuk.

Demikianlah Ulasan tips kesehatan hasbihtc.com yang sudah membahas mengenai Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan jika anda mengetahui fungsi lain dari kulit jeruk yang sudah admin paparkan diatas alangkah baiknya jika menyempurnakaannya pada kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih atas kunjungaanya semoga bermanfaat.