Agar Rumah Dan Kendaraan Aman Saat di Tinggal Mudik

Hasbihtc.com – Tips Mudik Secara Aman, bersua bersama keluarga saat menjelang Lebaran memang sudah menjadi tradisi didalam menjalin hubungan silahturahmi dengan keluarga di kampung halaman. ada begitu banyak cara agar kita bisa mudik lebaran. Ada yang menggunakan kendaaraan pribadi, dan ada juga yang menunggangi transportasi umum, seperti kereta, naik pesawat, dan angkutan Laut.

Bagi yang memutuskan mudik kekampung halaman dengan menempuh jasa transportasi umum, maka seharusanya kendaraan yang Anda tinggalkan di rumah harus diberikan perawatan extar terlebih dahulu. Hal demikian bertujuan supaya dapat menghindari hal hal yang tidak diinginkan aksi pencurian, dan sekaligus kendaraan yang anda tinggal bisa terawat.

Agar Rumah Dan Kendaraan Aman Saat di Tinggal Mudik

Agar Rumah Dan Kendaraan Aman Saat di Tinggal Mudik

Berikut ini persembahan tips mudik aman Anda bisa meneruskan membaca tips meninggalkan kendaraan saat mudik lebaran tips ini dari kasat reskrim polres metro jakarta barat Bapak akbp hengki haryadi membagikan informasi terhadap anda mengenai bagaimana cara melindungi rumah agar dimasuki pencuri

1. Kosongkan BBM Kendaraan
usahakan agar Anda mengosongkan bahan bakar kendaraan Anda. Ada dua hal maksud mengapa Anda disarankan untuk melakukan hal itu. Yakni agar kendaraan terhindar dari kebakaran dan juga meminimalisir terjadinya pencurian, dalam artian apabila bahan bakar dikosongkan maka pencuri akan kesulitan untuk membawa pergi.

2. Putuskan Hubungan Terminal Aki
Ada baiknya jika Anda mecabut atau putus hubungan kabel aki dari terminal. Hal ini bertujuan untuk menghindari pemborosan akibat terbuangnya daya aki secara sia sia. Kadang walaupun kendaraan telah mati, tapi tetap masih ada aliran yang terhubung secara sistematis sehingga mengakibatkan daya aki menurun dan lama-kelamaan akan habis.

3. Mengganjal Roda Kendaraan
Pada kendaraan roda empat pastikan untuk mengganjal seluruh roda, dengan tujuan supaya ban melayang sehingga tidak mendapat tekanan kendaraan. Sebab, apabila hal ini terjadi, maka dapat mengakibatkan tekanan udara berkurang dan bisa menyebabkan ban rusak. Dan untuk kendaraan roba dua Anda, usahakan untuk menerapkan metode standar Dua. Tujuan Hal ini supaya tidak terjadi beban kendaraan yang terlalu berat sehingga akan berdampak merusak suspensi kendaraan.

4. Gunakan Kunci Pengaman
Pastikan kendaraan Anda dalam keadaan terkunci secara keseluruhan, kalau perlu tambahkan kunci-kunci lain sebagai pengaman tambahan seperti dengan memasang gembok atau kunci setir, Anda pun bisa menggunakan ramtai dalam hal mengamankan kendaraan anda.

5. Simpan Kunci Di Tempat Aman
Simpan kunci kendaraan Anda pada tempat yang paling aman menurut anda. Karena apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, maka pencuri akan kesulitan untuk mendapatkan kunci kendaraan Anda. Selain itu, kiranya Anda Agra mengusahakan agar selalu memperhatikan bahwa garasi kendaraan benar benar tertutup dan terkunci dengan rapi.

6. Mencuci Kendaraan
Hal ini bertujuan agar supaya kondisi kendaraan terawat, ada baiknya jika cuci dan bersihkan terlebih dahulu kendaraan Anda. Pastikan juga bagian mesin dan bodi juga dibersihkan untuk menghindari rusak karat. atau bawalah kendaraan anda pada salon mobil terdekat di kota Anda.

7. Stop Berlanganan Koran
Jika Anda berlangganan koran dan terbiasa menerimanya setiap pagi? Maka jika Anda mudik, stop dululah berlangganan koran. Dengan berlangganan koran saat mudik maka koran akan menumpuk di teras rumah Anda setiap harinya dan pencuri dengan mudah mengetahui bahwa rumah Anda sedang kosong.

8. Nyalakan Lampu Rumah Anda
Banyak yang berpikir bahwa bila lampu terus menyala maka saat malam hari tidak gelap agar tidak disangka kosong. Justru bila lampu menyala pada siang hari inilah yang mencurigakan. Belilah lampu otomatis untuk ruang tamu dan teras Anda yang bisa menyesuaikan bila gelap akan menyala dan terang bisa mati atau meredup sendiri.

9. Kunci pintu
Anda sudah merasa mengunci pintu dengan benar? Coba periksa lagi. Kunci seluruh pintu dengan benar, tambahkan gembok bila perlu. Pasang teralis pada rumah Anda agar pencuri tidak bisa masuk lewat jendela yang tidak terpasang teralis.

10. Bawa Barang berharga
Jangan simpan barang berharga seperti perhiasan ketika Anda sedang mudik. Lebih baik masukkan ke dalam safe deposit box di bank atau Anda bisa membawanya bila tidak terlalu banyak.

11. Lapor Kepada Pihak Keamanan
Jangan lupa memberitahu kepada pihak keamanan setempat serta tetangga dekat yang tidak mudik bahwa Anda meninggalkan kendaraan di rumah, untuk melihat lihat keadaan rumah Anda.

Dengan Menerapkan beberapa tips diatas maka atas kehendak Allah rumah dan Kendaraan Anda akan aman sampai Anda kembali, demikianlah Beberapa tips agar kendaraan dan rumah aman dari pencuri, semoga dapat bermanfaat jangan lupa berdoa. selamat Mudik bersama keluarga tercinta Anda semoga selamat sampai tujuan. Wassalam.

Share It →