9 Tips Agar Tidak Demam Panggung di Depan Umum

HASBIHTC.COM – Hal yang tidak dapat kita pungkiri, tampil berbicara di depan semua orang, bukan hal yang mudah. Namun bukan berarti orang yang pandai berbicara di depan umum adalah orang berbakat. Kebolehan berbicara di depan umum sebenarnya dapat dilatih. Salah satu hal yang menyebabkan kita tak berani tampil dan berbicara di depan umum karena dipengaruhi oleh beberapa faktor misal Anda merasa Mider, grogi ataukah Anda merasa kurang PD (percaya diri).

Demam panggung adalah respon atau reaksi tubuh yang banyak dialami orang dewasa. adapun tanda-tanda orang yang mengalami demam panggung yaitu tangan akan berkeingat, detak jantung yang begitu cepat, gelisah, perasaan ingin buang air kecil, wajah merah merona dll. Beberapa dampak yang ditimbulkan dari demam panggung adalah kaki dan tangan gemetaran, mulut kering terasa kering. Hal yang kita ketahui bahwa Demam panggung dapat menimpa siapa saja, baik bagi sudah berpengalaman tampil terlebih masih pemula.

Merasa takut dan malu berbicara di depan umum kadang dikenal dengan istilah demam panggung. Walaupun konteksnya tak hanya kala berbicara di atas panggung saja, menghindar untuk naik di atas podium serta berbicara dengan banyak orang bukanlah sebuah solusi. Akan tetapi yang harus kita kerjakan adalah melatih diri supaya dapat mengontrol perrasaan takut saat tampil/berbicara di depan umum.

Agar Tidak Demam Panggung di Depan Umum

Ilustrasi Pidato di Atas Panggung

Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Publik

Nah sahabat hasbihtc Apabila Anda termasuk dalam tipe orang yang seperti yang telah dijelaskan diatas, kiranya jangan merasa cemas karena kami menyediakan tips supaya hal demikian bisa Anda atasi, Yuk simak sembilan cara siasati demam panggung dengan mudah dan cepat, Tips yang pertama adalah:

1. BERDOA
Ya berdoa adalah salah satu bentuk permohonan/meminta pertolongan kepada Sang Pencipta, supaya segala sesuatu dapat di mudahkan kala tampil di berpidato di depan umum, Saya kira bukan dalam hal berpidato saja akan tetapi segala sesuatu yang hendak kita kerjakan haruslah diawali dengan cara berdoa, supaya kita mendapat perlindungan dari sang Pencipta.

2. TANAMKAN RASA PERCAYA DIRI YANG KUAT
Yakinkan diri anda bahwa Anda pasti dapat melakukannya. tanamkan dalam benak anda bahwa tampil di depan umum adalah hal yang begitu mudah. Buang jauh-jauh rasa minder pada diri Anda. Tanamkan pada diri Anda rasa percaya diri yang kuat supaya berani berpidato di atas panggung. Dengan rasa percaya diri dan keberanian yang kita tanamkan, maka hal ini akan mampu mengalahkan rasa takut yang selalu menghantui pikiran.

3. JANGAN TAKUT SALAH
Kadang kala seseorang merasa stress sehingga mengalami demam panggung akibat merasa takut gagal dalam saat harus tampil didepan orang banyak. Salah satu cara mengatasi demam panggung adalah dengan menghilangkan pikiran bahwa anda harus sukses. Yakinkan dalam hati Anda bahwa anda benar sudah siap.

4. JANGAN BERFIKIR NEGATIF
Hilangkanlah pikiran-pikiran negatif yang bisa mempengaruhi, sehingga pikiran tersebut menjadikan Anda merasa takut untuk tampil dihadapan orang banyak.

5. PERSIAPKAN MATERI YANG AKAN DI BAWAKAN
Berbicara di hadapan orang banyak sebenarnya sama saja jika kita bercakap-cakap dengan teman. Hanya saja yang membedakan hal demikian dilakukan secara formal di di hadapan khalayak ramai. Sebaiknya anda harus menguasai materi yang hendak kita paparkan supaya tak akan terjadi demam panggung.

6. LATIHAN BERBICARA DI HADAPAN CERMIN
Mengulang ulang materi dengan suara lantang sangatlah penting. Buatlah suasana selayaknya bahwa Anda sedang berada di hadapan orang banyak dengan menggunakan media cermin. Berdiri tegak di hadapan cermin yang besar dan mulailah berpidato. Anggap saja bayangan Anda yang ada dalam cermin sebagai para tamu/undangan yang hadir dalam acara yang akan kita hadiri untuk berpidato.

7. PAHAMI KONDISI PENONTON
Penonton adalah faktor utama peyebebab seseorang mengalami demam panggung. Nah sebaiknya kenalilah karakter dan karakter penonton yang ada dalam acara dan sebaiknya

sesuaikan dengan hal yang hendak kita sampaikan atau hal lain yang nantinya akan anda sampaikan. Jika Audience berasal dari kalangan orang-orang yang berpedidikan tinggi, gunakanlah gaya bahasa formal demi menciptakan perasaan bangga.

8. JADIKAN DIRI ANDA LEBIH TAHU DARIPADA PENDENGAR
Anggaplah bahwa kira lebih tahu daripada Audience hal demikian adalah salah satu upaya yang dianggap efektif untuk menghindari pikiran-pikiaran lain yang bisa mengganggu sehingga menjadikan kita merasa cemas. Kala berpidato dihadapan orang banyak, yakinkan pada diri anda bahwa adalah seorang penguasa di tempat itu. Andalah orang yang lebih tahu ketimbang orang yang ada di depan Anda. Dengan menerapkan hal ini bahwa kita lebih pintar dan cerdas daripada audience hal ini dapat menjadikan kita lebih leluasa dan merasa nyaman berpidato.

9. LAKUKAN PERCOBAAN
Walaupun sebelumnya kita sudah menerapkan beberapa tips supaya tidak demam panggung tapi kadang kala pada saat acara sedang berlangsung rasa takut akan muncul saat menanti giliran tampil. Untuk mengatasi demikian minumlah segelas air putih sebelum naik pangung serta tarik nafas dalam-dalam. Tips jika berada pas berada di atas panggung/depan umum tubuh anda gemetaran maka peganglah sesuatu. Misal memengang benda yang tak bergerak stand mic atau meja podium hal ini dapat menyamarkan getaran.

Demikian persembahan hasbihtc.com tentang tips-tips jitu mengatasi demam panggung yang dapat Anda terapkan kala sidang skripsi atau presentasi dihadapan orang banyak, besar harapan saya semoga dengan menerapkan cara-cara diatas masalah demam Pangung Anda dapat terarasi, Wassalm semog dapat bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com