9 Gejala Penyakit Kuning Yang Wajib Anda Ketahui

HASBIHTC.COM – Terdapat sembilan gejala penyakit kuning yang menjadi pertanda jika seseorang menderita penyakit kuning. Penyakit kuning bisa menjadi indikasi atau tanda bahwa seseorang menderita penyakit hepatitis, akan tetapi tidak semua seperti itu. penyakit kuning dapat menyerang orang dewasa atau anak-anak bahkan pada bayi baru lahir dapat tekena peyakit kuning.

Penyakit kuning atau dikenal juga dengan sebutan jaundis (jaundice), adalah penyakit yang diakibatkan karena terjadinya perubahan warna kulit, bagian putih pada mata (sclera) dan penyakit kuning kadang dipicu oleh kelenjar ludah yang mengalami peningkatan bilirubin pada tubuh seseorang yang sudah lebih besar dari ambang ginjal.

Gejala Penyakit Kuning

Ilt Img Gejala Penyakit Kuning

Tentunya dengan mengenal atau tahu tentang gejala-gejala pada penyakit kuning dapat mempermudah dalam mendeteksi penyakit kuning secara dini. Dibawah ini adalah beberapa gejala dari penyakit kuning pada orang dewasa yang kadang dianggap sepeleh dan diabaikan seperti yang hasbihtc lansir dari situs kesehatan Boldsky. Selengkapnya silahkan disimak 9 tanda tanda penyakit kuning.

Gejala Penyakit Kuning

9. Perubahan Warna Pada Urine
Walau ini adalah gejala umum penyakit kuning, kita kerap mengabaikannya gejala penyakit ini dikarenakan menganggap urine berwarna kuning tua sering diidentifikasi juga sebagai tanda dehidrasi. Terjadinya Perubahan warna urine menjadi kuning tua dipicu oleh penurunan asupan air yang pada akhirnya berkonsentrasi pada urine.

8. Nyeri Pada perut
Nyeri di bagian kanan perut, tepat dibawah tulang rusuk dan tersambung sampai ke punggung bagian atas, dapat menjadi indikasi penyakit kuning dikarenakan rusaknya sel hati atau batu empedu.

7. Kulit dan Mata Kuning
Tanda-tanda ini mungkin saja sukar untuk dideteksi pada orang dengan kulit yang berwarna agak gelap/hitam. Tidak sedikit juga yang menganggapnya juga sebagai tanda kulit pucat dikarenakan anemia.

6. Rasa Nyeri Sendi
Nyeri sendi bisa terjadi karena beragam alasan. Jadi, kita tak bisa benar-benar mengaitkannya juga sebagai tanda penyakit kuning. Tetapi, bila Anda menderita nyeri sendi bersama dengan tanda-tanda lain yang berkenaan dengan penyakit kuning, selekasnya tanyakan dengan dokter Anda

5. Nafsu Makan Berkurang
Kehilangan nafsu makan juga adalah gejala yang berkaitan dengan penyakit kuning, yang umumnya tak disadari. Bila hal semacam ini selalu terjadi yang selanjutnya diukuti dengan muntah dan urine berubah warna jadi kuning, Anda mesti waspada hal demikian sebagai gejala jika seseorang terkana penyakit kuning.

4. Mual dan Muntah
Muntah bisa terjadi dikarenakan beragam alasan. Namun, bila Anda mengalami mual atau muntah saat ada epidemi hepatitisdi sekitar Anda, selekasnya konsultasikan dengan dokter.

3. Perubahan Pada Suhu Tubuh
Peningkatan suhu juga sangatlah berkaitan erat dengan gejala penyakit kuning. Demam yang disertai menggigil juga berhubungan dengan penyakit kuning.

2. Cepat Lelah
Tahap awal penyakit kuning ditunjukkan dengan gejala seperti tubuh cepat capek yang non-spesifik. Apabila Anda merasa lemah atau lesu selama lebih dari 2 minggu dengan diikuti gejala lain, itu mungkin saja menandakan penyakit kuning.

1. Gatal Pada Seluruh Tubuh
Gatal-gatal terjadi pada penyakit kuning jenis obstruktif dimana saluran empedu terhalang, yang gagal dalam memberikan empedu untuk metabolisme bilirubin. Hal semacam ini mengakibatkan gatal-gatal di seluruh tubuh.

Itulah sembilan gejala yang menunjukkan tanda-tanda jika seseorang terkena penyakit kuning. Lantas bisakah Penyakit Hepatitis/Penyakit Kuning disembuhkan? jika gejala yang telah disebutkan diatas terjadi pada diri Anda, ada baiknya jika Anda mengkonsultasikannya pada Ahlinya. Cermati dan waspadai gejalanya. Semoga bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

Share It →