9 Cara Mengobati dan Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga

HASBIHTC.COM – Gigitan serangga tentu tidak membuat diri kita nyaman dan menjadikan kulit iritasi jika terus di garuk secara berlebihan. Adapun beberapa jenis-jenis serangga berbahaya jika tubuh terkena gigitan atau sengatanya seperti Kutu, Nyamuk, kutu hewan, Tungau sawah, Lebah atau Tawon, Semut api, Laba-laba, Tungau Kasur dan serangga berbahaya lainya.

Gigitan jenis serangga seperti diatas tentunya akan menimbulkan rasa nyeri atau gatal pada kulit Anda. Tak jarang pula dapat mengakibatkan timbulnya korengan pada kulit apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat. Bekas luka gigitan serangga pada kulit tentunya dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman.

Kebanyakan orang yang terkena digigit serangga kecil atau hama seperti semut, nyamuk atau tawon tidak langsung mengobatinya. Justru lebih memilih menggaruk karena gigitan hewan tersebut menjadikan kulit terasa sangat gatal. Padahal alangkah baiknya jika segera ditangani sebelum racun dari hasil gigitan menyebar ke seluruh tubuh bahkan sangat berbahaya bagi orang yang menderita alergi terhadap serangga.

Mengobati dan Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga

Ilustrasi gambar Serangga berbahaya

Cara Sederhana Atasi Gigitan Serangga

Akan tetapi sahabat hasbihtc.com kiranya janganlah merasa khwatir karena pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan 9 jenis obat-obat rumahan yang dapat membantu anda dalam menghilangkan rasa iritasi karena gigitan serangga serta rasa gatal pada kulit Anda. Nah langsung saja berikut beberapa tips praktis untuk pertolongan pertama pada gigitan serangga serta cara menghilangkan bekas gigitan serangga.

1. Gunakan Isi Dapur
Gosokkan sabun pada bagian tubuh yang gatal. Anda dapat memakai sabun kering atau sabun batangan. Selanjutnya, kulit yang terinfeksi ditetesi dengan alkohol, kemudian ditutup memakai perban. Akan tetapi, apabila bahan diatas tidak tersedia, es batu pun bisa membantu anda dalam menghilangkan rasa gatal kerena gigitan serangga.

2. Atasi Menggunakan Cotton Bud
Atasi sedini mungkin saat digigit serangga yang membawa racun. Para ahli menyarakan kalau Anda dapat memanfaatkan cotton bud pada kulit yang terinfeksi. Balurilah cotton bud dengan cairan terlebih dengan madu, pasta gigi, obat kumur. Bahkan, anda dapat memakai cat kuku anda menjadi obat alternatif jika digigit serangga. Selain itu, Anda dapat pun dapat memanfaatkan teh panas yang telah dimasukkan dalam kantong, dan tempel pada permukaan kulit yang terkena gigitan.

3. Obati dengan Salep Buatan Sendiri
Apabila kamu terkena gigitan nyamuk atau serangga berbahaya lainnya, sebaiknya segera mengobatinya dengan menggunakan salep racikan sendiri. Pastikan bahwa salep yang Anda ramu begitu halus agar tetap berada di daerah yang terkena gigitan. Anda dapat meracik salep sendiri, beberapa bahan yang dapat dipergunakan, seperti Garam/aspirin yang dicampurkan dengan air, Campuran alkohol ditambahkan aspirin.

4. Produk Kecantikan Bisa Dijadikan Obat
Beberapa jenis bedak dan lotion bisa dijadikan obat. Anda dapat memanfaatkan berbagai obat alternatif dalam menangangulangi penyakit dari gigitan serangga. Lotion atau bedak dapat menjadi pilihan dalam mengobatinya, misal bedak caladryl, calamine lotion, balsam, krim benadryl, orajel, atau bedak yang bedak yang memang di pakai dalam mengatasi rasa gatal.

5. Gunakan Minyak Esensial/Herbal
Minyak esensial dapat mengobati gatal karena gigitan serangga. Cukup dengan megoleskan minyak astringent, lavender, atau minyak daun teh. Minyak ini sangat baik bagi anak kecil. Akan tetapi bila minyak esensial tidak terdedia di rumah Anda, Anda meraciknya sendiri daun kemangi yang di haluskan, kemudian baluri pada daerah yang terkontaminasi dengan gigitan serangga.

6. Minyak lavender
Mendengar kata aroma lavender mungkin yang terbayang di benak bahwa bahan ini begitu erat kaitannya dengan Anti nyamuk, bahan ini digunakan mengusir nyamuk agar tak mendekati kita. Namun nyatanya ramuan minyak lavender pun mampu digunakan dalam menghilangkan rasa gatal karena gigitan nyamuk, tentunya anda menyukai ini karena aromanya yang harum dan khas.

7. Pasta daun kemangi
Andaikan suatu saat nanti anda terkena sengatan lebah/tawon, untuk menyembuhkan bengkak pada kulit dapat dengan memanfaatkan daun kemangi yang dioles pada bagian yang terkena gigitan serangga. Sedangkan untuk menghilangkan rasa nyeri anda dapat memakai minyak kayu putih yang dioleskan secara perlahan-lahan pada bagian kulit yang bengkak.

8. Baking soda
Untuk meredakan rasa gatal karena gigitan serangga pun dapat mengobatinya dengan cara mengoles pasta baking soda yang sudah dicampur berbapa tetes cuka sari apel. Ramuan ini sudah terbukti ampuh dalam meyembuhkan gigitan serangga.

9. Gel lidah buaya
Gel lidah buaya pun dapat dijadikan obat alternatif dan terbukti efektif dalam menghilangkan bekas gigitan serangga. Cara penggunanya hanya dengan megoleskan gel lidah buaya alami pada bagian kulit yang terasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan serangga.

Nah demikian ulasan hasbihtc.com tentang cara sederhana atasi gigitan Serangga tetunya dengan tips diatas bahan-bahannya sudah tersedia di rumah Anda, selamat mengobati gigitan serangga. semoga cepat sembuh. Jika bermanfaat silahkan like, G+, And Twitt artikel ini.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com