8 Tips Ampuh Mengatasi Gigitan Ular Berbisa

Hasbihtc.com – Bila Anda digigit ular berbisa, janganlah panik, kebanyakan gigitan ular tak berakhir menjadi fatal. Akan tetapi, apakah ular itu berbisa atau tidak, hal ini perlu untuk diketahui, sehingga kita tahu perlakuan seperti apa yang perlu dikerjakan untuk mengatasi gigitan tersebut . Jika ular itu yaitu ular berbisa, berikut beberapa langkah yang butuh dilakukan.

Tips Mengatasi Gigitan Ular Berbisa

Ilustrasi Ular Berbisa

Cara Mengatasi Gigitan Ular Berbisa

1. Hubungi layanan darurat atau rumah sakit. Rata-rata gigitan ular tidak begitu berbahaya, namun saat Anda mendapatkan gigitan dari ular berbisa, mendapatkan perawatan medis sedini mungkin sangatlah penting, seperti memanggil paramedis atau mendapatkan ruang gawat darurat secepat mungkin.

2. Mencatat (mengingat) penampilan ular. Janganlah Anda artikan secara harfiah dengan mengambil sebuah buku catatan dan pulpen, akan tetapi dengan mengingatnya, Anda dapat melukiskan tampilan ular itu pada perawat atau dokter dirumah sakit, hingga anti racun apa yang tepat dapat diberikan untuk Anda. Cobalah untuk mengingat dari warna serta bentuk tubuh ular tersebut.

Lakukan ini dalam sepersekian detik. Jangan berjalan menuju ular atau menggunakan banyak waktu berusaha untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik, Anda tidak memiliki waktu untuk itu.
Bila Anda bersama-sama teman anda, mintalah teman untuk melihat serta mengingatnya juga lebih baik lantaran Anda bakal merasa stres digigit oleh ular yang membuat Anda susah untuk mengingat lebih detil. Teman Anda barangkali juga mempunyai peluang untuk mengambil gambar dari ular setelah kondisi stabil.

3. Menjauhlah dari ular. Anda mesti selekasnya keluar dari jangkauan ular, hingga Anda tak memperoleh gigitan untuk ke-2 kalinya. Pergilah ke tempat yang aman serta jauh dari tempat dimana gigitan berlangsung. Janganlah lari atau bergerak terlampau jauh, lantaran bila jantung Anda mulai memompa lebih cepat, toksin akan menyebar lebih cepat lewat badan Anda.

Coba tidak untuk panik lantaran Anda sedang bergerak menjauh. Bila Anda benar-benar stres, jantung Anda bakal berdetak lebih cepat serta menyebar racun lewat tubuh Anda lebih cepat juga.
Pergilah ke tempat dimana ular kemungkinan kecil untuk kembali.

4. Bila Anda tengah menunggu pertolongan datang, berbaringlah dengan telentang serta mengambil napas dalam untuk menenangkan diri. Janganlah menggerakkan badan Anda lebih dari yang dibutuhkan, Anda mesti berbaring diam, untuk menghindar jantung Anda bedetak terlampau cepat.

Bila Anda sedang dalam perjalanan ke rumah sakit, masuklah ke dalam mobil secara berhati-hati serta tetap diam dan tenang. Berbaringlah di kursi atau ditempat yang dapat memungkinkan Anda untuk berbaring.

5. Lepaskan baju, perhiasan, serta beberapa barang yang lain yang berdekatan dengan gigitan. Gigitan dari ular berbisa dapat mengakibatkan pembengkakan yang cepat dan kronis.

6. Tutup gigitan dan diamkan. Bila Anda mempunyai perban steril yang tersedia, letakkan diatas gigitan. Kemudian, biarkan paramedis untuk mengobati lebih lanjut. Terdapat beberapa mitos perihal apa yang perlu dikerjakan dalam masalah gigitan ular berbisa, nyaris semuanya hanya bikin masalah menjadi lebih buruk.

Janganlah berusaha untuk menghisap racun keluar.
Janganlah memotong kulit di sekitar luka.
Jangan mengompes bekas gigitan dengan menggunakan es.

7. Mendapatkan anti racun. Ular mempunyai beragam jenis racun, beberapa racun memengaruhi darah, sementara yang lain memengaruhi system saraf. Dapatkan dosis anti-racun yang pas dari dari paramedis.

8. Bila Anda ada ditempat di mana tak ada layanan paramedisnya segera kesana, yang paling baik yang dapat Anda kerjakan yaitu mendapatkan diri Anda senyaman mungkin serta menunggu racun untuk meninggalkan sistem dalam tubuh Anda. Dalam kebanyakan masalah, ular tak menyuntikkan cukup racun untuk gigitannya, yang paling utama, tetap tenang. Takut akan ular serta kekhawatiran lantaran digigit ular, kerap mengakibatkan korban jiwa, dikarenakan jantung berdebar-debar membuat penyebaran racun lebih cepat menyebar.

Share It →