8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Anak-anak yang berprestasi dan berperilaku baik di sekolah umumnya memiliki orangtua yang suportif dan bisa membimbing, dibandingkan dengan orangtua yang terlalu menuntut dan “over-protective” pada anak-anak ketika mereka menghadapi kesulitan belajar, tantangan fisik atau sosial.

Anak-anak yang percaya diri adalah hasil dari orangtua yang cukup bijak untuk mengenali kapan anak-anak mereka membutuhkan bantuan. Para orang tua memiliki Kepercayaan total pada kemampuan anak mereka dalam menghadapi situasi tertentu tetapi tetap siap membantu bila diperlukan. Apa cara terbaik untuk mendorong rasa percaya diri pada anak Anda ? Berikut adalah beberapa sikap yang bisa Anda lakukan.

Percaya diri Anak

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

1. Refleksikan
Setiap anak adalah unik. Refleksikan kelebihan mereka dalam bentuk komentar positif. Tak lama citra diri anak Anda akan segera meningkat. Misalnya, putri Anda tidak begitu pandai pelajaran menghafal, tapi sangat baik di matematika. Mintalah dia untuk membantu Anda melipat gandakan resep daging semur yang ada di buku masak Anda; komentar positif Anda pasti akan meningkatkan rasa percaya dirinya.

2. Beri Semangat
Anak-anak tumbuh sempurna dengan dorongan positif orangtuanya; dorongan semacam ini mengilhami anak-anak agar percaya diri dan berani mengambil risiko. Setiap risiko yang diambil, bila menghasilkan hasil positif bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kebanggaan pada diri anak.

3. Ungkapkan Kepercayaan
Biarkan anak Anda tahu bahwa Anda memiliki “keyakinan” akan kemampuan mereka. Alih-alih mengkritik semua yang dilakukan anak Anda saat mereka membuat puding sendiri, biarkan mereka melakukannya sendiri dan dapat memanggil Anda kapan saja saat mereka membutuhkan bantuan.

4. Beri Perhatian
Perhatikan anak Anda ketika ingin memamerkan keahlian mereka. Apa pun yang mereka tunjukkan pada Anda, luangkanlah waktu menyaksikan anak Anda menjadi bintang. Pastikan Anda ikut antusias setelah pertunjukan dan berikan banyak pujian.

5. Salah Itu Biasa
Ajarkan anak Anda bahwa “kesalahan” dapat terjadi kapan saja dan kita harus belajar dari kesalahan tersebut. Beri tahu mereka bahwa kesalahan itu biasa dan bisa terjadi pada setiap orang. Dengan mengajarkan anak Anda untuk menerima kesalahan sebagai bagian dari kehidupan, bisa membantu mereka menghadapinya dengan lebih tegar di lain waktu.

6. Ajarkan Anak Anda Tanggung Jawab
Ajarkan anak Anda bagaimana cara bertanggung jawab pada dirinya sendiri mulai dari usia dini. Jika ia mampu melakukan sesuatu sendiri, ia merasa lebih yakin akan kemampuannya. Membantu membereskan pekerjaan rumah bersama anggota keluarga lainnya juga bisa mengajarkannya tanggung jawab.

7. Puji Anak Anda
Pujilah anak, bukan hanya hasilnya karyanya. Jangan hanya fokus pada apa yang anak Anda capai, melainkan apa yang anak Anda lakukan saat itu. Misalnya, jika anak Anda memainkan pertunjukkan “solo” yang fantastis waktu “konser piano”, biarkan anak Anda tahu betapa bangganya Anda akan keterampilannya bermain piano secara keseluruhan, bukan hanya seberapa baik pertunjukan konser solo tersebut. Anak-anak berkembang lebih baik disaat mereka merasa bahwa orangtuanya menghargai siapa mereka, bukan hanya karya yang dihasilkan.

8. Jadilah Orang yang Percaya Diri!
Anak-anak belajar dengan “meniru panutan” mereka. Tunjukkan kepercayaan pada diri sendiri, maka anak-anak Anda akan mengikutinya.
Ajarkan anak Anda untuk menjadi percaya diri. Keyakinan memberi anak-anak dasar yang baik dari kehidupan yang nantinya akan mereka jalani. Apa kenangan favorit Anda waktu kecil yang membuat Anda jadi percaya diri? Sekian tips dari saya mengenai 8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Semoga bermanfaat wassalam.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com