8 Cara Alami Atasi Keputihan dengan Ramuan Tradisional

HASBIHTC.COM – Keputihan merupakan salah satu masalah yang umum dihadapi kaum wanita. Cairan ini terbentuk pada leher rahim dan kelenjar vagina yang keluar melalui vagina dengan membawa bakteri dan beberapa sel yang sudah mati. Keputihan bukanlah penyakit namun merupakan gejala dari terdapatnya masalah yang terjadi dalam sistim reproduksi wanita.

Daerah kewanitaan amat sinsitif, hal semacam ini dikarenakan mempunyai bagian-bagian yang berlipat-lipat, vagina menjadi sangat mudah lembab. Kelembapan yg tidak tak sesuai dengan PH yang sesuai, dapat menyebabkan jamur dan bakteri tumbuh dengan cepat.

Lebih parahnya, bila keadaan ini selalu dibiarkan, maka akan terjadi infeksi didalam vagina. Ini yang selanjutnya mengakibatkan vagina berbau tak sedap. Selain itu akan mengeluarkan cairan yang terkadang berwarna putih, putih kehijauan, serta bahkan kecokelatan.

Karenanya, anda mesti rajin memelihara kebersihan vagina. Beberapa orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat vagina. Iklan produk di televisi dan media masa terkadang membuat Anda bingung dalam menentukan mana produk yang harus gunakan untuk merawat vagina.

Atasi Keputihan dengan Ramuan Alami Tradisional

Ramuan Tradisional Keputihan

Meskipun mereka mengemukakan cairan pembersih kewanitaan itu terbuat berbahan alami, tetap saja sebagian orang akan merasa cemas akan kandungan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, kamu yang bingung dapat membuat sendiri ramuan anti keputihan dirumah. berikut cara atasi keputihan dengan obat tradisional keputihan yang hasbitc kutip dari berbagai Sumber

8. DAUN SIRIH
Air rebusan daun sirih amat ampuh untuk membunuh bakteri dan perkembangan jamur pada vagina yang lembab. Cara pemakaiannya sangat gampang. Anda tinggal membersihkan vagina dengan air rebusan itu yang

sudah didinginkan. Namun, janganlah lakukan setiap hari, lantaran dapat juga membunuh bakteri baik pada vagina yang tugasnya untuk mencegah bakteri jahat yang datang dari luar. Anda juga bisa meminum air rebusan ini setiap minggu secara teratur.

7. AKAR MAWAR
Bila bunga mawar ampuh untuk menjaga wajah maka akar tanaman bunga mawar juga bermanfaat menyembuhkan keputihan yang telah mengganggu. Caranya, ambillah akar mawar sesuai kebutuhan lalu bersihkan sampai bersih, kemudian rebus dengan air. Minumlah air rebusan akar mawar secara rutin untuk memimalisir rasa gatal karena keputihan.

6. LIDAH BUAYA
Ambil Lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu dijus selanjutnya di rebus bersama 5 lembar daun sambiloto dengan air secukupnya. Kemudian, airnya diminum pada saat hangat. Lakukan Penggunaan dengan teratur 2 x dalam sehari

5. AKAR BAYAM
Selain lidah buaya, anda dapat juga memakai akar bayam. Akar bayam ini berperan sebagai anti bakteri dan sebagai obat untuk menyembuhkan infeksi didalam vagina. Cara pemakaiannya juga tidak sulit. Anda tinggal jadikan jus dan diminum 2 x sehari.

4. BIJI KETUMBAR
Untuk membuat obat keputihan alami dari biji ketumbar rendamlah biji ketumbar selama 24 jam lalu minum air rendaman itu esok harinya saat perut masih kosong. Lakukan cara ini selama 1 minggu untuk memperoleh hasil yang lebih manjur.

3. UMBI KUNYIT
Kunyit termasuk juga jenis umbi-umbian yang dapat mengobati keputihan abnormal. Umbi kunyit yang dipakai adalah yang sudah berusia lebih dari setahun. Cara membuat obat keputihan alami dari bahan kunyit, ambillah 3 rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, 1 genggaman buah asam serta sepotong gula aren. Semua bahan di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring. Minum air rebusan itu satu gelas sehari.

2. BAWANG PUTIH
Sudah sejak lama orang tahu bahwa bawang putih mempunyai banyak khasiat. Satu diantaranya untuk menangani keputihan yang tidak normal. Anda hanya memerlukan 1 siung bawang putih. Kupas dan bersihkan. Potong jadi 2 bagian. Ketika anda hendak tidur di malam hari, letakkan potongan bawang putih tersebut di atas vagina. Ingat, jangan sampai masukkan ke dalamnya. Diamkan sampai pagi hari.

1. BIJI MANGGA
Biji mangga yang sudah dikeringkan juga ampuh menyembuhkan keputihan secara alami. Caranya keringkan dan haluskan biji mangga sampai bebentuk bubuk. lalu campur dengan beberapa tetes air hingga menjadi adonan. Usapkan adonan itu didalam vagina untuk mengatasi keputihan abnormal.

TANDA TANDA KEPUTIHAN ABNORMAL

Warna berubah biasanya kuning kehijauan, cairan jadi semakin banyak, gatal dan merah-merah di sekitar vagina, vagina terasa panas terlebih waktu buang air kecil, bau amis dan masalah menstruasi.

Pada intinya keputihan abnormal dapat dicegah dengan selalu menjaga kesehatan. Selain memakai ramuan tradisional untuk mengobati keputihan seperti diterangkan diatas, anda juga semestinya melakukan berbagai usaha supaya terhindari dari masalah ini.

Di bawah ini sebagian panduan langkah menghindar infeksi vagina yang bisa mengakibatkan timbulnya keputihan abnormal :

  1. Jangan memakai sabun wangi serta produk douche/feminin untuk membersihkan vagina.
  2. Setiap buang air kecil, senantiasa bersihkan ruang kewanitaan dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke vagina dan mengakibatkan infeksi.
  3. Jagalah selalu kebersihan vagina dengan rajin mencucinya dengan teratur memakai sabun khusus dan air hangat.
  4. Jangan bertukar handuk dengan orang lain.
  5. Gunakan celana katun 100%, serta jauhi pakaian yang terlampau ketat.
  6. Pakai pembalut yang baik serta ganti sesering mungkin, janganlah tunggu hingga pembalut penuh.
  7. Jauhi stres lantaran tekanan pada jiwa yang berlebihan bakal mengakibatkan keputihan pada wanita.
  8. Banyak minum air putih bisa menetralisir keadaan asam basa area kewanitaan.
  9. Rajin konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan membunuh bakteri dari dalam.

Konsumsi ramuan tradisional menjadi cara mengatasi keputihan yang cukup efektif walau demikian jika anda telah menerapkan cara di atas dan tak membuahkan hasil maka sebaiknya segera kunjungi dokter specialist kandungan dan konsultasikan keluhan keputihan yang anda alami.

Pastikan dokter tersebut memiliki alat khusus yang bisa mengecek kondisi anda secara keseluruhan. Dengan mengetahui penyebab pasti keputihan tersebut, tentu sang dokter akan mempunyai cara menangani keputihan yang paling efektif. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba atasi keputihan.

Share It →