7 Manfaat Dibalik Rasa Pahit Daun Pepaya

7 Manfaat Dibalik Rasa Pahit Daun Pepaya, Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko, Buah pepaya dengan warna tersendiri yakni berwarna oranye cerah memang segar dan nikmat untuk dikomsumsi. Buah pepaya sudah lama dikenal dan mengandung beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Buah dengan warna cerah dan rasa yang khas keberadaannya cukup melimpah dapat kita jumpai di indonesia disamping buah pepaya yang relatif

Terjangkau dam murah pada umumnya masyarakat Indonesia, buah pepaya cukuplah menjadi buah yang paling populer ketimbang daun atau bunganya Padahal, berdasarkan penelitian lanjutan telah ditemukan fakta bahwa memakan daun pepaya sangatlah baik bagi kesehatan manusia.

Daun pepaya ini diketahui mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh.Menurut Para peneliti menemukan bahwa daun dengan rasa pahit ini mengandung sejumlah senyawa aktif yang sangat baik bagi tubuh. Komposisi zat aktif dalam daun pepaya antara lain

Vitamin B1 0,15 mg, Vitamin A 18250 SI, vitamin C 140 mg, protein 8,0 gram, kalori 79 kal, lemak 2 gram, kalsium 353 mg, hidrat Arang 11,9 gram, besi 0,8 mg, fosfor 63 mg, air 75,4 gram, kautsuk, paparotin, karposit, karpain, enzim Papain dan lain-lain. Kompleksnya senyawa ini menjadikan khasiat daun pepaya juga ikut beragam.

Gambar Daun Pepaya Segar

Gambar Daun Pepaya Segar
 

MANFAAT KHASIAT DIBALIK RASA PAHIT DAUN PEPAYA

Namun tahukah anda bahwa di balik rasa pahit daun pepaya, ternyata bisa kita temukan bermacam-macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. nah berikut ulasan hasbihtc mengenai beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh, namun disini hasbihtc hanya mampu menyebutkan 7 manfaat daun pepaya selengkapnya adalah sebagai berikut silahkan disimak :

1. DAUN PEPAYA SEBAGAI OBAT JERAWAT
Sebenarnya daun pepaya sudah lama digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradsional salah satunya adalah daun pepaya dapat mengatasi masalaha jerawat yang timbul pada muka halus adan kadang jerawat membandel sangat sukar untuk dihilangkan, nah apakah sahabat pembaca blog hasbihtcom ingin mencobanya ? berikut Cara mengaplikasikan daun pepaya sebagi obat jerawat

Tips daun pepaya sebagai obat jerawat ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

2. OBAT DEMAM BERDARAH
Bagi Anda penderita demam berdarah, atau yang sedang mengalami gejala demam berdarah atau ada keluarga anda yang mengidap sakit demam berdarah daun pepaya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita demam berdara. Mengapa Karena pada daun pepaya memiliki kandungan yang bisa mengobati atau menetralkan gejala demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk demam berdarah. Nah untuk cara pengunaannya silahkan di lihat berikut ini

Tips daun pepaya sebagai pbat demam berdarah Caranya, campur lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

3. DAUN PEPAYA SEBAGAI ANTI KANKER
Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu atau lebih dikenal dalam bahasa latinnya white milky latex, yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana yang saya baca pada situs kesehatan Journal Society of Biology Getah pada pohon pepaya sudah otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, baik itu dimasak dengan cara apa pun pastilah daun pepapaya sangat ampuh sebagai anti kanker jadi bagi anda penderita kanker gak ada salahnya mencoba mengkomsumsi daun pepaya.

4. DAUN PEPAYA BAIK UNTUK PENCERNAAN
Melahap daun pepaya yang sudah anda rebus sangat untuk baik dimakan dengan masakan lainya sesuai dengan selera anda ataupun tanpa makanan pendamping lainnya pasti rasanya pahit! perlu kita ketahui bersama pepaya dapat membantu dalam memperlancar pencernaan.

Hal ini dikarenakan pada daun pepaya mengandung zat karpain, zat kapain adalah sejenis kandungan zat kimia yang dapat membasmi mikroorganisme jahat dan dapat mengganggu pencernaan anda. Nah Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hasbihtc sarankan sebaiknya komsumsi secara rutin daun pepaya rebus setiap hari selama beberapa hari minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

5. PEPAYA DAPAT MENAMBAH NAFSU MAKAN
Ternyata meracik ramuan penambah nafsu makan dengan mengunakan daun pepaya sangatla mudah, bagi sahabat pembaca hasbihtc yang ingin mecoba resep daun pepaya sebagai penambah nafsu makan silahkan dicatat tips ramuannya

Cara pertama yang harus anda siapkan adalah daun pepaya segar yang seukuran dengan telapak tangan anda, siapkan pula sedikit garam, dan air hangat setengah seperdua cangkir atau secukupnya sesuai dengan kebutuhan anda. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan cara ini sangat baik untuk menambah nafsu makan anak-anak anda sekali pun.

6. DAUN PEPAYA PENGONTROL TEKANAN DARAH
Memiliki tekanan darah yang cukup tinggi sagatlah menggangu kesehatan anda baik dalam hal berkatifitas maupun tidak, berikut cara menggunakan daun pepaya sebagai obat penurun tekanan darah atau hipertesi.

Caranya, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air. Rebus terus hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

7. OBAT ANTI NYERI SAAT HAID
Nah Bagi Anda para kaum hawa yang sering mengalami ganguan nyeri pada saat haid atau datang bulan, gak ada salahnya anda mencoba resep tradisional obat anti nyeri haid dari daun pepaya, Ingin mencoba resepnya silahkan di coba berikut ini

Caranya ambilah sehelai daun pepaya pepaya segar, lalu siapkan asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga masak atau medidih. selanjutnya tunggu sampai air rebusan menjadi dingin sebelum anda memiminumnya.

Daun Pepaya pada umumnya bisa dinikmati dalam berbagai bentuk hidangan seperti daun pepaya dijadikan lalapan. Akan tetapi, Untuk mendapatkan manfaat secara maximal dari daun pepaya, sebaiknya daun pepaya biasanya diolah. Baik itu dalam berbagai bentuk olahan seperti kuliner, teh, dan atau ekstrak daun pepaya.

Anda juga bisa mengolah daun pepaya dengan beberapa bumbu dan menumisnya. Untuk menghilangkan sensasi rasa pahit daun pepaya, Anda pun dapat meremas dan rebus daun pepaya bersama garam sampai layu.

Demikianlah ulasan hasbihtc yang sudah membahas mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat baca juga manfaat buah pisang dan buah pepaya. Wassalam. Salam Sehat Selalu. Disadur Dan dirangkum dari Berbagai Sumber

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

   

10 thoughts on “7 Manfaat Dibalik Rasa Pahit Daun Pepaya

  1. daun pepaya juga bisa digunakan untuk melunakkan daging yang akan dimasak agar jadi lebih empuk :-)

  2. Ikhlas Putra says:

    Saya Kadang Menggunakan Daun Pepaya sebai obat penambah nafsu makan..

  3. Yoshiewafa says:

    Saya suka daun pepaya walaupun rasanya pahit tapi menyehatkan. . .

  4. ane suka daun pepaya dibuat krawu gan

  5. Toko Osing says:

    memang rasanya pahit, tapi bisa menyembuhkan malaria ya

  6. Basrol ahh says:

    Rebus bersama dgn daun singkong hilang pahit. Buktikan…

  7. sugeng widodo says:

    cara sederhana menghilangkan rasapahitpada daun pepaya sangat mudah, pada saatdirebus
    campurkan tanah lempung yangdi bulat-bulatkan sebesar jempol tangan min 2-3 biji. tambahkan garam 2 sendok makan. insyaallah pahitnya akan lenyap. silahkan mencoba.
    trim

  8. my dea says:

    aku pernah kena demam berdarah bdan panas dingin smpe ke tulang rusuk 3 hri 3 mlam prgi ke dokter trnyata gejala malaria kata dokter klu obat uda habis suruh datang lg, tpi aku makan daun pepaya gandul sehari 3 kli di rebus dan msih hangat aku mkan daun pepaya agar tdk terllu pahit. sama jus buah jambu merah sehari 3 kli alhamdulillah demam berdarah ku sembuh ga jadi periksa ke dokter.

  9. joko alpiter says:

    Dasyat sekali!!!

  10. Netty says:

    Saya paling suka tumis daun atau bunga pepaya. Untuk mengurangi rasa pahit saya rebus daun pepaya bersama dengan daun singkong atau untuk bunga pepaya di rebus selintas bekas rebusan daun pepaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>