7 Manfaat Berpelukan Untuk Kesehatan

Manfaat berpelukan untuk kesehatan, berpelukan biasanya dilakukan sebagai salah satu ekspresi ungkapan rasa sayang, bahagia atau bisa juga karena sedang sedih. Berpelukan bukan hanya sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Akan tetapi berpelukan ternyata sangat baik untuk kesehatan. pelukan juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menyembuhkan depresi, stres, ketegangan, kecemasan, dan kesepian. Dibawah ini penjelasan mengenai manfaat berpelukan bagi kesehatan :

Manfaat Berpelukan Untuk Kesehatan

Manfaat Berpelukan

Manfaat Berpelukan Untuk Kesehatan

1. Baik Untuk Sebuah Hubungan
Berpelukan dalam sebuah hubungan dapt menambah rasa kasih sayang sehingga baik untuk sebuah hubungan, karena dengan memeluk ternyata juga bisa bantu memproduksi hormon serotonin dan dopanin. Kedua hormon tersebut bisa membuat kita merasa senang dan mengangkat suasana hati.

2. Mengurangi Stres
Dengan berpelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh, hormon yang memicu respon intim. Oksitosin bisa menjadikan diri menjadi lebih tenang setra mengurangi rasa cemas.

3. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Berpelukan juga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang akhirnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Rasanya Menyenangkan
Berdekatan, berpelukan melepaskan hormon oksitosin, yang dikenal juga dengan hormon yang melepas perasaan senang. Berpelukan melepaskan senyawa kimia seperti oksitosin. Di otak yang menciptakan perasaan bahagia dan sehat.

5. Membuat Anda Merasa Seksi
Keuntungan paling nyata dari berpelukan adalah semakin dekat dengan pasangan Anda secara fisik. Berpelukan bisa menimbulkan kesenangan atau santai dan waktu yang nyaman usai bercinta, tapi juga ada keuntungan secara kimiawi. Ada pelepasan dopamin, yang merupakan hormon yang melepaskan peningkatan keinginan untuk bercinta.

6. Membantu Komunikasi Lebih Baik
Salah satu manfaat terbaik dari berpelukan dan sentuhan nonerotis lainnya membantu masalah komunikasi. Dengan berpelukan merupakan bentuk komunikasi yang bisa membantu pasangan memiliki hubungan, Pelukan membiarkan perasaan kita diketahui oleh pasangan di mana kata-kata kadang tidak mampu menjelaskan.

7. Mengikat Ibu dengan Bayinya
Berpelukan sehat untuk manusia karena faktor nyata berupa keterikatan emosi. Penelitian terbaru menunjukkan hormon oksitosin adalah neruropeptida yang sangat erat berhubungan dengan kelahiran bayi dan menyusui. Hormon ini mempunyai peranan secara biologis dalam hal ikatan antara ibu dan bayinya.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang tumbuh dengan perasaan keterikatan yang tidak nyaman lebih sukar membentuk ikatan yang aman dengan anak dan pasangannya. Jadi sangat menyehatkan jika kita ingin berdekatan. Selain baik untuk kesehatan berpelukan adalah salah satu cara untuk kita menunjukan rasa kasih sayang kepada orang yang kita cintai.