5 Olahan Nasi Khas Bumi Nusantara

HASBIHTC.COM – Nasi merupakan olahan dari beras, dan bagi masyarakat Indonesia menjadi makanan pokok yang setiap hari disantap. Hampir semua orang merasa kurang atau belum disebut makan jika belum memasukkan nasi ke dalam perut. Menjadi makanan pokok ternyata menjadikan olahan nasi di negara Kita cukup beragam, Yuk mari Kita cek satu per satu jenis makanannya:

Nasi Uduk

Masakan Khas Nusantara

1. Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan olahan nasi yang berasal dari Jawa Barat, kemudian dikenal di beberapa daerah yang sering disantap sebagai menu sarapan. Olahan ini memiliki rasa nasi yang gurih, sebab proses memasaknya menggunakan air santan, dan beberapa rempah. Kemudian penyajiannya menggunakan bawang goreng yang ditaburkan dan cocok untuk menggunakan beragam lauk kering.

2. Nasi Bogana

Nasi Bogana

Jika berkunjung ke kawasan Tegal di Jawa Tengah, maka Kita perlu mencari santapan khas bernama Nasi Bogana. Merupakan kuliner nasi yang penyajiannya ditambahkan ayam suwir bumbu kuning, sambal ati ampela, kacang panjang ditumis, dan juga tumis tempe sambal hijau.

3. Nasi Kuning

Nasi Kuning

Nasi Kuning juga menjadi nasi khas di daerah Jawa, pengolahannya biasanya bertepatan dengan sebuah perayaan. Nasi ini diolah dengan proses yang sedikit berbeda dengan Nasi Uduk hanya saja menambahkan rempah Kunir atau Kunyit. Hasilnya nasi yang sudah matang akan beraroma khas rempah-rempah sekaligus berwarna kuning.

4. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Nasi Liwet juga merupakan olahan beras yang dimasak dengan menggunakan santan ataupun dengan kuah kaldu. Pengolahannya pun cukup unik, diawali dengan menunggu air mendidih kemudian baru beras dimasukkan. Tahap akhir ditambahkan dengan kuah kaldu atau santan menyesuaikan dengan tujuan dari penyajian Nasi Liwet ini.

5. Nasi Langgi

Nasi Langgi

Nasi Langi sendiri merupakan kuliner khas yang berasal dari Kota Cirebon, Jawa Barat. Penyajiannya menggunakan aneka jenis lauk, seperti sambal goreng ati ampela, ayam opor disuwir-suwir, dan juga telur dadar yang kemudian diiris tipis-tipis. Keunikannya juga terletak pada taburan serundeng di atas nasi ketika akan disajikan sehingga menambah cita rasa dan tampilannya pun semakin menggugah selera bersantap.

Share It →