5 Masalah Kesehatan Wanita Wajib Diwaspadai

HASBIHTC.COM – Masalah Kesehatan Wanita, Permasalahan kesehatan wanita Apabila tidak dirawat secara tepat dan benar, maka tubuh wanita bakal jadi rawan terhadap beragam permasalahan kesehatan. Problem kesehatan wanita dapat dikarenakan oleh apa saja, termasuk pola hidup tidak baik, pola makan tak teratur, maupun tidak memelihara kebersihan tubuh, Dibawah ini yaitu lima persoalan kesehatan yang kerap menyerang kaum hawa yang wajib Anda ketahui khususnya kaum wanita.

Masalah Kesehatan Wanita Wajib Diwaspadai

Ilustrasi Wanita Sehat

Masalah Kesehatan Wanita Wajib Diwaspadai

1. Kanker payudara
Kanker payudara saat ini jadi momok yang begitu menakutkan, yang dapat menyerang wanita pada umur berapapun. Seorang perempuan yang menanggung derita kanker payudara bakal alami tanda-tanda awal yaitu merasakan adanya tonjolan kecil yang muncul pada area payudara. Benjolan itu pada awalnya tidak menimbulkan rasa nyeri, dapat membesar lalu menyebabkan pergantian pada kulit payudara atau pada puting susu. Apabila tak ditangani dengan cara yang serius maka hal tidak baik ini dapat terjadi :

#Erosi Atau Eksema Puting Susu
Puting susu tertarik ke dalam (retraksi), berwarna merah muda atau agak kecoklat-coklatan hingga jadi oedema sampai kulit terlihat seperti kulit jeruk (peau d’orange), mengkerut, atau timbullah borok (ulkus) pada area payudara yang dapat menghancurkan seluruh payudara.

#Pendarahan Pada Puting Susu
Rasa sakit atau nyeri biasanya baru timbul jika tumor telah membesar, telah timbul borok, atau apabila telah nampak metastase ke tulang-tulang. Lalu timbul pembesaran pada kelenjar getah bening di bagian ketiak, bengkak (edema) pada lengan, serta penyebaran kanker ke seluruh organ tubuh.

Untuk menghambat terjadinya kanker payudara, ada baiknya lakukan pendeteksian lebih awal dengan cara meraba kulit di sekitar payudara. Apabila merasakan tonjolan, walaupun belonkan itu kecil, maka selekasnya tanyakan dengan dokter pakar kesehatan payudara.

2. Polycystic Ovarian Syndrome
Permasalahan kesehatan wanita ini adalah masalah hormonal semasa reproduktif wanita, yang menyebabkan terbentuknya kista kecil pada ovarium selama ovulasi. Wanita yang mengalamai haid tdk teratur, obesitas, dan perkembangan rambut yang berlebihan pada badan, berisiko tinggi pada pcos. Persoalan kesehatan pcos bakal bikin wanita susah hamil.

3. Osteoporosis
Penyakit yang menyerang pada tulang serta dapat menyebakan kerapuhan tulang ini lebih rawan berlangsung pada wanita. Osteoporosis dapat terjadi lantaran umur, menopause, dan pola hidup tak sehat seperti merokok, minum minuman mengandung alkohol, serta kurangnya konsumsi vitamin D.

4. Penyakit Jantung
Wanita juga rawan mengalami problem kesehatan yang disebut pembunuh nomer satu didunia ini. Penyakit jantung dapat menyerang wanita dengan keadaan obesitas, stres berkelanjutan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta diabetes. Apabila tak selekasnya dilakukan penanganan yang serius maka hali demikan dapat menyebabkan stroke.

5. Depresi
Depresi saat ini telah masuk daftar permasalahan kesehatan yang meneror. Wanita jadi rawan pada depresi dikarenakan pada prinsipnya wanita yaitu manusia yang perasa. Pasca kehamilan, seseorang ibu dapat mengalami depresi postpartum yang berkembang faktor lain pemicu depresi pada wanita yaitu perasaan terancam, trauma, dan juga kadang terjadi pelecehan seksual.

Waspadailah 5 masalah kesehatan wanita diatas, segera lakukan deteksi serta pencegahan sejak dini demi kesehatan Anda.

Share It →