5 Manfaat Sehat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui

HASBIHTC.COM – Siapa yang tidak kenal salah satu jenis bahan pangan ini ? di negara Indonesia, jagung sangat dikenal sebagai salah satu jenis bahan pangan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan, mulai dari jagung bakar, jagung rebus sampai pop corn dan minuman yang berbahan dasar dari buah jagung.

Buah jagung selain dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, hampir seluruh bagian tanaman jagung juga dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai keperluan, salah satunya adalah rambut jagung. Beberapa penelitian terbaru mengungkapkan jika rambut jagung memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Sehat Rambut Jagung

Gambar Buah Jangung

Manfaat Rambut Jagung

Rambut jagung yang masih segar dan terbungkus rapi oleh kulit jagung, dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya baik dikonsumsi saat segar, rambut jagung ini bisa diolah menjadi teh dan disimpan dalam waktu yang cukup lama. Berikut ini:

5 manfaat rambut jagung untuk kesehatan

1. Susah buang air kecil
Rebus 30-50 gram rambut jagung dan satu rimpang jahe ukuran sedang dengan air secukupnya, setelah dingin disaring dengan ditambahkan madu secukupnya dan diminum secara teratur.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kurang lebih caranya sama dengan untuk susah buang air kecil yaitu, rebus 30-50 gram rambut jagung dan satu rimpang jahe ukuran sedang dengan air secukupnya, setelah dingin disaring dengan ditambahkan madu secukupnya dan diminum secara teratur.

3. Peluruh Batu empedu
Rebus 30 gram rambut jagung dengan air secukupnya, setelah mendidih disaring dan dinginkan, lalu disaring kembali dan diminum sehari sekali.

4. Pereda Panas Dalam
Rebus 30-40 gram rambut jagung dan irisan daun pandan dengan air secukupnya sampai mendidih, biarkan sampai dingin lalu disaring dan diminum secara teratur.

5. Mengatur Gula Darah
Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 di dalam International Journal of Biological Makromolekul mengungkapkan jika nutrisi ekstra dari rambut jagung sangat baik untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Selain itu, nutrisi pada rambut jagung ini juga sangat baik dalam mencegah serta mengobati risiko diabetes.

Selain manfaat di atas, rambut jagung juga berfungsi untuk menyembuhkan penyakit nyeri atau encok, menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, mencegah risiko obesitas, sebagai sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta membekukan darah dengan cepat ketika terjadi luka di tubuh. Baca juga 13 Manfaat jagung bagi kesehatan dan kecantikan.