5 Cara Mandi yang Baik dan Benar Agar Kulit Tidak Kering

HASBIHTC.COM – Mandi adalah salah satu kewajiban atau kebutuhan yang dilakukan tiap hari agar tubuh terhindar dari kotoran yang dapat menyebabkan penyakit, Mandi juga merupakan cara terbaik dan mudah dalam relasasi diri dari segala kepenatan yang dilakukan setiap harinya, Akan tetapi pernahkah Anda merasakan tidak lebih baik setelah Mandi? seperti kulit terasa kering, gatal dan rambut terasa lebih kusut.

Hal demikian disebabkan karena penerapan pola mandi yang tak tepat. Misal dalam pemakaian sabun, shampoo dan gesekan handuk yang terlalu keras kekulit yang dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya. Nah sahabat hasbihtc berikut ini tips sehat dan cantik agar rutinitas mandi tak menjadikan kulit anda semakin kering silahkan simak kelima caranya.

Tips Cara Mandi yang Baik dan Benar

Cara Mandi yang Baik dan Benar

Tips Cara Mandi yang Baik dan Benar

Baca juga : Tata cara mandi wajib dalam islam

1. Hindari Menggunakan Air yang Terlalu Panas
Suhu air begitu penting saat kita mandi demi menjaga kelembaban kulit kita. Mandi dengan menggunakan air panas sangat tak disarankan. Akan tetapi apabila anda alergi terhadapap dingin sebaiknya gunakan air panasnya suam-suam kuku saja. Karena jika teralu panas hal demikian dapat menyebabkan kulit jadi kering.

2. Hindari Mandi Terlalu Lama
Untuk Anda yang senang berendam terlalu lama, sebaiknya mulai dari sekarang hindari kebiasan ini. Jangan sampai anda berharap kulit tambah sehat, justru menyebabkan kering. Mungkin selama ini kita beranggapan bahwa mandi tidak lama berarti tubuh tak bersih, hal ini adalah konsep yang salah. Saran dokter lama Mandi paling lama adalah sekitar 15 menit saja.

3. Gunakan Sabun yang Lembut
Sebaiknya Anda menghindari pemakaian sabun yang dapat mengakibatkan kulit anda menjadi kering. Piilih dan gunakanlah sabun yang mempunyai daya pembersih yang lembut dengan tingkat pH seimbang serta tidak membuat kulit jadi iritasi.

4. Hindari menggosok tubuh Menggunakan Handuk
Hal ini mungkin terdengar aneh karena dimana-mana jika habis mandi pasti mengunakan handuk, kebiasaan semacam ini adalah hal buruk, mengeringkan tubuh dengan cara menggosok tubuh dengan handuk sehabis mandi. Hal ini nyatanya dapat merusak kulit dan menghilangkan kelembaban. Sebaiknya handuk hanya tepuk-tepukkan pada kulit jika ingin mengeringkannya

5. Gunakan Pelembab atau Body Lotion
Sehabis mandi, saat kulit masih dalam keadaan lembab gunakanlah body lotion. Pelembab atau Body lotion ini dapat mengikat air sehingga kelembaban kulit anda senantiasa terjaga. Penggunaan Body lotion tak hanya dipakai sehabis mandi saja. Akan tetaip sangat dianjurkan supaya mengulang pemakaian body lotion tiap 3 sampai 4 jam sekali supaya dapat mempertahankan kelembaban kulit Anda.

Tips tambahan sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat anda mandi seperti Mandi terlalu lama, Mengeringkan badan dengan handuk terlalu keras, sabun anda terlalu keras, serta hindari keramas setiap hari

Manjakanlah diri anda jangan menjadikan mandi sebagai keharusan dalam menjaga kebersihan tubuh, akan tetapi nikmati saat anda mandi dengan memilih body wash atau shower gel dengan tekstur yang lembit Atau, Anda bisa berendam dalam bath tub sambil menikmati harumnnya aroma pembersih tubuh yang Anad sukai. Nah demikian beberapa tips mandi yang benar agar kulit tidak kering.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com