5 Alasan Kegiatan Melukis Menyehatkan untuk Anak-Anak

HASBIHTC – Masa kanak-kanak merupakan masa yang penting dalam berbagai aspek kehidupan si kecil. Inilah saatnya mereka mengeksplorasi daya imajinasi dan bersenang-senang sambil belajar. Salah satu kegiatan yang seru untuk seorang anak adalah melukis dan menggambar, baik itu dengan cat air, krayon, atau tinta.

Sebagai orang tua, Anda tidak perlu ragu membiarkan anak berkreasi bebas melalui melukis dan khawatir si kecil menimbulkan “kekacauan” dengan cat lukis dan tinta. Jika terjadi noda di baju, Anda bisa menemukan cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju dengan mudah.

ANAK ANAK

Selain menyenangkan, melukis ternyata memiliki banyak manfaat yang berguna bagi perkembangan si kecil. Apa saja? Simak 5 alasan kenapa melukis menyehatkan untuk anak-anak di bawah ini.

Melatih kemampuan motorik

Saat anak tumbuh, saraf-sarafnya berkembang secara bertahap. Oleh karenanya, sangat penting bagi seorang anak untuk melakukan berbagai aktivitas untuk melatih saraf-saraf tersebut. Melukis melatih kemampuan motorik besar dan kecil bersamaan dengan cara menggunakan koordinasi mata dan tangan, mengembangkan gerakan pergelangan tangan dan jari, dan sebagainya.

Sebagai sarana mengekspresikan diri

Kemampuan verbal anak-anak belum berkembang sepenuhnya. Ini artinya, ada saatnya dia tidak sanggup mengekspresikan apa yang dia alami melalui kata-kata, yang bisa menyebabkan rasa frustrasi. Melukis bisa menjadi sarana ideal bagi anak untuk mengungkapkan perasaannya. Membebaskan diri dari segala hal yang tidak sanggup dia ungkapkan merupakan jalan yang baik dan sehat demi perkembangan mental seorang anak.

Membantu perkembangan otak

Pada saat anak melukis, kedua bagian otak bekerja secara bersamaan. Hal ini menstimulasi otak untuk menguatkan saraf-saraf yang menghubungkan bagian kiri dan kanan. Pada anak-anak dengan otak yang sedang berkembang sangat cepat, kegiatan ini sangat bermanfaat dan memiliki efek jangka panjang yang baik.

melukis

Menumbuhkan rasa percaya diri

Setiap selesai melukis, anak akan dengan bangga menunjukkan hasilnya kepada Anda. Wajah coreng moreng dan baju terciprat cat tak masalah karena ada banyak cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju, yang penting dia tersenyum lebar karena berhasil menciptakan sesuatu yang indah dari nol. Melukis bisa membangkitkan rasa percaya diri pada anak karena dia tahu bahwa dia bisa menghasilkan sesuatu tanpa bantuan siapa pun.

Sebagai sarana menjalin ikatan anak-orang tua

Melukis merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi seorang anak karena dia bisa “bermain” dengan cat dan tinta dengan Anda. Manfaatkan momen berwarna-warni ini untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan anak Anda. Anda bisa berperan sebagai asistennya, memberikannya semangat atau pujian, atau mengerjakan lukisan atau kaligrafi Anda di sampingnya.

Melukis memiliki manfaat yang sangat besar dalam perkembangan fisik, mental, dan psikologis si kecil. Repotnya membereskan kekacauan yang terjadi hanyalah hal sepele jika dibandingkan dengan segala manfaatnya.

Share It →