4 Tips Agar Tubuh Tak Gampang sakit saat Musim Hujan

HASBIHTC.COM – Mengakhiri bulan desember dan menyambut tahun baru merupakan bulan rawan hujan atau musim penghujan. Seperti biasa, banjir bakal melanda beberapa wilayah di Indonesia. Pada musim penghujan kadang muncul penyakit-penyakit yang menyerang masyarakat seperti diare, demam berdarah, leptospirosis, ISPA Infeksi Saluran Pernafasan Akut, Penyakit kulit dan penyakit saluran cerna.

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati, hal tersebut berlaku untuk semua jenis penyakit. Terapat banyak hal yang dapat kita dilakukan untuk pencegahan penyakit saat musim hujan, seperti yang admin hasbihtc lansir dari laman meetdoctor berikut beberapa tips supaya tak gampang sakit saat musim hujan :

Agar Tubuh Tak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Agar Tubuh Tak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

1. Cukup tidur
Telah banyak riset yang membuktikan manfaat tidur untuk kesehatan. Sistim imun pun bisa menjadi lebih kuat hanya dikarenakan Anda penuhi kebutuhan tidur dengan baik. Saat tidur, badan bakal beristirahat dan membiarkan sistim imun bekerja dengan lebih efisien.

2. Rajin cuci tangan
Mikroorganisme pemicu penyakit ada dimana pun, hingga Anda perlu membersihkan tangan Anda lebih sering untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh Anda. Bersihkan tangan juga secara benar, yakni dengan menggosok-gosok seluruh permukaan tangan, jari, dan kuku Anda memakai sabun dengan waktu sekurang-kurangnya 20 detik.

3. Makan teratur
Makanan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kemampuan sistim imun. Makanlah tiga kali sehari dengan jumlah cukup supaya sistim imun tetap kuat. Anda juga mesti memerhatikan gizi makanan yang Anda makan. Pastikan Anda memenuhi keperluan vitamin, karena vitamin bisa menguatkan sistim imun Anda. Bila perlu Anda dapat mengkonsumsi suplemen vitamin tertentu.

Baca Juga: Makanan Sehat Dan Nikmat Saat Musim Hujan

4. Olahraga
Aktivitas olah fisik atau berolahraga terbukti menguatkan sistem imun. Jadi, olahragalah dengan teratur. Tak perlu terlalu lama, lebih penting untuk mengerjakannya secara teratur. Lakukan jalan cepat, bersepeda atau jogging seputar 30 menit, usahakan lima kali dalam satu minggu.

Intinya adalah di saat peralihan musim kita harus memelihara dan menjaga ketahanan tubuh sebaik mungkin merupakan salah satu kunci utama pada tameng bagi diri Anda. Dan Lakukanlah setiap aktivitas yang dapat menunjang ketahanan tubuh Anda pada musim hujan seperti ini. Nah itulah 4 cara agar tubuh tetap sehat saat musim hujan. Semoga dapat bermanfaat.

Share It →