4 Manfaat kesehatan menakjubkan yang dimiliki Daun Kelor

HASBIHTC.COM – Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan. Kelor atau merunggai (Moringa pterigospermae) merupakan jenis tumbuhan dari Family Moringaceae. Bangun daun kelor adalah bulat telur dengan ukuran yang kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai.

Daun kelor dapat dijadikan makanan dengan dikelola menjadi sayuran. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau, bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak.

Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang merupakan buah buni yang disebut kelentang, juga dapat dijadikan sayur, Daun kelor terkenal dengan khasiatnya yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengobatan tradisional.

Manfaat kesehatan menakjubkan yang dimiliki Daun Kelor

Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat utama daun kelor adalah:

  • Meningkatkan dan memelihara sistem imun tubuh
  • Menyehatkan dan menyegarkan mata dan otak
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan struktur sel tubuh
  • Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  • Mengurangi penuaan dini dan garis-gari pada wajah
  • Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  • Mempercantik kulit
  • Menambah energi
  • Memperlancar pencernaan
  • Sebagai Antioksidan
  • Meningkatkan sistem sirkulasi darah
  • Mendukung kadar gula normal tubuh

Bedasarkan hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor berpotensi sangat baik dalam melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi. Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Rematik, Nyeri Dan Pegal Linu
Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 2-3 gagang daun kelor dan ½ sendok makan kapur sirih. Dengan menghaluskan kedua bahan tersebut secara bersamaan. Ramuan tersebut dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Menyembuhkan Rabun Ayam
Bahan-bahan yang diperlukan adalah 3 gagang daun kelor, 1 gelas air yang matang dan madu secukupnya. Cara membuatnya, pertama cuci bersih daun kelor, kemudian tumbuk hingga halus. Seduh dengan 1 gelas air matang dan disaring, kemudian tambahkan madu. Aduk hingga rata. Minum ramuan yang sudah dibuat sebelum tidur.

3. Mengobati Penyakit Kuning
Bahan yang ahrus disiapkan adalah daun kelor sebanyak 3-7 gagang, 1 gelas air kelapa, dan 1 sdm madu. Cara membuatnya dengan mencuci bersih gagang daun kelor kemudian dihaluskan dan dicampurkan bersama dengan air kelapa. Saring airnya dan tambahkan madu secukupnya. Minum secara rutin hingga sembuh.

4. Menghilangkan Flek Di Wajah
Bahannya hanya daun kelor secukupnya. Meramunya dengan menghaluskan daun kelor yang telah dicuci sebelumnya. Setelah halus oleskan pada wajah dan dapat dicampurkan dengan bedak yang biasa digunakan. Biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

Daun kelor sangat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mengonsumsinya sebagai sayuran. Demikianlah informasi mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com