3 Kemudahan yang Diberikan Asuransi BPJS

HASBIHTC.COM – Asuransi menjadi pilihan banyak orang untuk mengupayakan mendapatkan ketenangan dan setiap aktivitas yang dilakukan. Semakin hari semakin tumbuh kesadaran didalam masyarakat untuk memiliki asuransi ini. Keuntungan yang cukup banyak memberikan harapan bagi siapa saja untuk lebih optimis dalam menikmati setiap harinya. Memang perlu diakui bahwa kesadaran untuk memiliki asuransi bagi masyarakat kita tidak setinggi di negara barat.

Sebagai contoh adalah di Amerika, yang hampir semua orang dari berbagai kalangan sudah memiliki asuransi kesehatan dan termasuk kebutuhan wajib. Kondisi sebaliknya terjadi di negara kita, sebab hanya kalangan tertentu yang menggunakan layanan asuransi. Sebagian besar didominasi oleh kalangan yang sudah mapan dari segi ekonomi. Hal ini wajar saja sebab memiliki asuransi tidak gratis, harus membayar sejumlah uang dalam istilah premi dan dilakukan secara rutin.

Kemudahan yang Diberikan Asuransi BPJS

Kemudahan yang Diberikan Asuransi BPJS

Kemudahan Asuransi BPJS

Apakah asuransi hanya untuk kalangan terbatas?

Seiring dengan berjalannya waktu beberapa kondisi kehidupan membuat banyak orang mulai mempertimbangkan memiliki asuransi. Ada banyak cara dilakukan untuk menekan biaya premi seterjangkau mungkin. Ada yang memilih merencanakan asuransi sejak masih muda, membelikan asuransi untuk anak, atau memilih asuransi yang murni. Kebanyakan perusahaan asuransi yang hadir di tengah kita adalah perusahaan asing. Namun perusahaan ini memiliki ketentuan dan juga besarnya premi yang lumayan sulit diraih kalangan menengah ke bawah.

Memiliki asuransi adalah harapan semua orang, maka pemerintah kemudian mencetuskan BPJS sebagai asuransi wajib yang memiliki banyak kelebihan. Asuransi yang dikelola oleh pemerintah ini memang ditujukan untuk semua lapisan masyarakat. Tidak salah jika sifatnya wajib, sehingga semua orang dengan status ekonomi apapun perlu memiliki asuransi ini. Adanya asuransi yang dibentuk oleh pemerintah memberikan harapan baru bahwa asuransi adalah untuk semua kalangan tanpa terkecuali.

Apa saja kelebihan asuransi dari pemerintah ini?

Sifatnya yang wajib membuat produk asuransi yang ditawarkan memiliki banyak kemudahan, dan hal ini merupakan kelebihan. Kemudahan tersebut meliputi:

1. Premi yang sangat ringan
Asuransi kesehatan ini yang bersifat wajib bagi seluruh warga negara Indonesia ini memberikan pilihan besarnya premi yang sangat ringan. Premi ini kemudian dibagi menjadi tiga kelas, yang masing-masing kelas memiliki jumlah premi yang berbeda. Meskipun terbagi ke dalam beberapa kelas, masyarakat memiliki kesempatan untuk menentukan pilihan. Premi termahal pun tidak melampaui angka Rp 60.000 tentunya sangat murah bukan?

2. Prosedur yang sederhana dan mudah
Berbeda dengan asuransi dari perusahaan swasta yang mewajibkan calon nasabah melengkapi beberapa dokumen dan menunggu proses selanjutnya. Perusahaan asuransi milik pemerintah ini memberikan kemudahan yang hanya bisa diurus dalam satu hari saja. Sebab Anda cukup datang ke kantor terdekat di wilayah masing-masing. Mengisi formulir, dan melakukan pembayaran premi pertama kali, setelah itu Anda resmi memegang polis asuransi. Persyaratan dokumen yang diperlukan pun tidak banyak, hanya beberapa dokumen umum di dalam sebuah keluarga.

3. Tidak ada prosedur klaim yang panjang
Ada lagi kemudahan yang bisa dinikmati dengan menjadi anggota dari perusahaan asuransi milik negara ini. Yakni tidak adanya prosedur klaim untuk mendapatkan biaya perawatan maupun pengobatan yang dibutuhkan. Kemudian tidak adanya keperluan menagih ke perusahaan asuransi dan beberapa prosedur ribet lainnya. Berbekal kartu anggota maka jika perlu masuk ke rumah sakit cukup menunjukkan kartu tersebut kepada petugas rumah sakit yang dipilih. Apabila masih bisa mengurusi keperluan surat rujukan, maka datang dulu ke dokter keluarga yang ditunjuk. Keberadaan asuransi BPJS membantu siapa saja untuk meringankan beban biaya pengobatan.