3 Golongan Manusia Yang Diberkahi Oleh Allah

HASBIHTC.COM –  Golongan Manusia yang Diberkahi Oleh Allah arti kata berkah berasal dari bahasa Arab, baraka, artinya memiliki kebaikan yang sifatnya tetap dan terus-menerus, berkah dan keberkahan adalah hal yang diinginkan oleh semua Muslim disadari atau tidak, dalam melakukan setiap kegiatan ibadah, baik itu maghdah maupun ghairi maghdah, ada sesuatu yang dikejar atau

Diinginkan mungkin ada yang menginginkan hal yang sifatnya dari duniawi semata, ada pula yang menginginkan sesuatu yang mendasar, yaitu ridha dari Allah salah satu hal yang juga diinginkan oleh kebanyakan Muslim ketika beribadah adalah kebaikan kebaikan inilah yang kita maksud sebagai berkah. Apakah semua Muslim akan mendapatkan berkah? Belum tentu.

Walpeper Islami

Walpeper Islami

Golongan Manusia yang Diberkahi Oleh Allah

Lalu, siapa sajakah orang yang diberkahi Allah itu ?
Ada beberapa golongan yang akan diberkahi Allah, Diantarnya adalah 3 (tiga) golongan berikut ini :

1. Seseorang yang diberi kesempatan bertobat, lalu dikuatkan akidahnya, disenangkan dalam ibadah, dimuliakan akhlaknya, dan disemangatkan ketika melakukan amal.

“Kecuali orang-orang yang bertobat, lalu beriman dan selalu beramal dengan amalan saleh. Merekalah yang akan digantikan keburukannya dengan kebaikan.” (Q.S. Al-Furqan 25 : 70).

Kunci utama untuk mendapatkan berkah untuk golongan pertama ini adalah tobat. Maka bila ingin mendapat kebaikan yang banyak, seseorang hendaklah melakukan tobat. Bila seseorang sudah tobat dengan sebenar-benarnya tobat, maka sesuai janji Allah, ia akan diberi semangat dalam beramal. Maka kebaikan pun akan mengalir kepada dirinya.

2. Seseorang yang diselamatkan dari fitnah tuduhan, (Q.S. Al-Hujurat 49 : 7-8).
Fitnah adalah sesuatu yang sangat kejam, bahkan lebih kejam dari pembunuhan, (Q.S. Al-Baqarah 2 : 191). Seseorang yang dihindarkan dari fitnah oleh Allah adalah hamba yang diberkahi. Lalu, siapakah orang-orang yang akan diselamatkan dari fitnah itu ? Tidak lain adalah mereka yang setelah bertobat dan menjaga ketaatannya kepada Allah dan Rasul-Nya, (Q.S. Al-Ahzab 33 : 71).

3. Seseorang yang dalam keadaan bahagia,
Lalu mendekatkan diri kepada Allah, tiba-tiba diwafatkan Allah dalam keadaan yang baik (khusnul khatimah). di antaranya akan dibuktikan kelak dengan mendapat ucapan salam dari para malaikat Allah”Yaitu orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan terbaik dengan (mendapat ujaran) salam, ‘salam untuk kalian dan masuklah ke dalam surga disebabkan apa yang telah kamu perbuat’ (Q.S. An-Nahl 16 : 32).

Nah demkian ulasan saya mengenai 3 Golongan Manusia yang Diberkahi Oleh Allah semoga anda termasuk orang yang diberkahi ahirukata wassalam, AMIN.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com