24 Gunung Berapi Yang Aktif Di Indonesia

Gunung berapi terdapat dalam beberapa bentuk sepanjang waktu hidupnya. Gunung berapi yang aktif barangkali berubah jadi separuh aktif, istirahat, sebelum akhirnya jadi tak aktif atau sudah mati,bagaimanapun gunung berapi dapat istirahat kurun waktu 610 tahun sebelum akan beralih menjadi aktif kembali. Oleh karena itu begitu sulit untuk memastikan situasi sebenarnya dari satu gunung berapi itu, apakah gunung berapi itu berada dalam kondisi istirahat ataukah sudah mati. Berikut adalah ulasan jejeran gunung berapi yang tetap aktif di Indonesia yang admin hasbihtc rangkum dari berbagai sumber yang pertama adalah :

Gunung Berapi Yang Aktif Di Indonesia

Gunung Berapi Yang Aktif Di Indonesia

Daftar Nama Gunung Berapi Aktif Di Indonesia

24. Gunung Berapi Talang
Gunung Talang nama lainnya dari gunung ini Salasi atau Sulasi adalah gunung berapi yang terdapat terdapat dikabupaten Solok, propinsi Sumatra Barat, Indonesia. Gunung Talang berlokasi kurang lebih 9 km dari kota Arosuka meruapakam ibukota dari kabupaten Solok, serta kurang lebih 40 kilo meter sebelah timur kota Padang. Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2. 597 m, adalah satu diantara dari gunung api aktif yang berada Sumatra Barat, dan salah satu kawahnya jadi sebuah Danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang sudah pernah meletus dari tahun 1833 s/d tahun 2007.

23. Gunung Berapi Arjuno
Gunung Arjuno atau Gunung Arjuna, dalam nama kuna, gunung ini terdapat di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3. 339 meter diatas permaukaan laut serta berada dibawah Pengelolaan Tahura Raden Soeryo. Umumnya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup di kenal yakni dari Lawang, Tretes serta Batu.

22. Gunung Berapi Ceremai
Gunung Ceremai kerapkali secara salah kaprah diberi nama Ciremai, jika ditinjau secara administratif termasuk kedalam lokasi 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan serta Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat. Posisi geografis puncaknya terdapat pada 6 53′ 30 ” Lintang Selatan serta 108 24′ 00 ” Bujur Timur, dengan ketinggian 3. 078 meter diatas permukaan laut. Gunung ini adalah gunung paling tinggi di Jawa Barat.

21. Gunung Berapi Agung
Gunung Agung merupakan gunung paling tinggi dipulau Bali dengan ketinggian 3. 142 mdpl. Gunung ini terdapat dikecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali. Gunung Agung merupakan gunung berapi jenis stratovolcano, gunung ini mempunyai kawah yang benar-benar besar serta sangat dalam yang terkadang mengeluarkan asap serta uap air.

20. Gunung Bromo
Gunung Bromo dari bhs Sansekerta Jawa Kuna Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu, merupakan Gunung berapi yang tetap aktif serta paling populer di fungsikan sebagai obyek wisata yang terdapat di Jawa Timur. Sbg suatu obyek wisata, Gunung Bromo jadi menarik lantaran statusnya untuk gunung berapi yang tetap aktif.

19. Gunung Berapi Galunggung
Gunung Galunggung adalah gunung berapi dengan ketinggian 2. 167 mtr. diatas permukaan laut, terdapat kurang lebih 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Ada banyak daya tarik wisata yang di tawarkan diantaranya obyek wisata serta daya tarik wanawisata dengan areal seluas lebih kurang 120 hektare dibawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lain seluas lebih kurang 3 hektar berwujud pemandian air panas-Cipanas lengkap dengan sarana kolam renang, kamar mandi serta bak untuk berendam air panas.

18. Gunung Berapi Gede
Gunung Gede adalah suatu gunung yang ada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam area lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan satu diantara dari lima taman nasional yang pertama kali di umumkan DiIndonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di lokasi 3 kabupaten yakni Kabupaten Bogor, Cianjur serta Sukabumi, dengan ketinggian 1. 000 – 3. 000 mdpl, Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 C serta pada malam hari suhu puncak berkisar 5 C, dengan curah hujan rata-rata 3. 600 mm/tahun. Gerbang utama untuk menuju gunung ini yaitu dari Cibodas serta Cipanas.

17. Gunung Berapi Guntur
Gunung Guntur memiliki lokasi hutan Dipterokarp Bukit, hutan rimba Dipterokarp Atas, hutan Montane, serta Hutan Ericaceous atau rimba gunung. Gunung Guntur adalah satu diantara gunung berapi paling aktif pada dekade tahun 1800-an. Namun sejak itu aktivitasnya kembali alami penurunan. Erupsi Gunung Guntur biasanya dibarengi dengan lelehan lava, lapili serta objek material yang lain.

16. Gunung Berapi Krakatau
Krakatau yaitu kepulauan vulkanik yang tetap aktif serta berada diselat Sunda pada pulau Jawa serta Sumatra. Nama ini sempat disematkan pada satu puncak gunung berapi disana Gunung Krakatau yang pupus lantaran letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu benar-benar dahsyat awan panas serta tsunami yang diakibatkannya menewaskan kurang lebih 36. 000 jiwa.

15. Gunung Berapi Leuser
Gunung Leuser dengan ketinggian 3. 404 mdpl merupakan gunung paling tinggi di Aceh, Indonesia. Gunung Leuser terdapat di samping tenggara Aceh, dekat perbatasan dengan Sumatera Utara. Gunung Leuser terdapat didalam Taman Nasional Gunung Leuser yang mengambil nama gunung ini sbg namanya.

14. Gunung Lokon
Gunung Lokon merupakan sebuah gunung di Kota Tomohon, Propinsi Sulawesi Utara. Gunung ini mempunyai ketinggian 1. 689 mdpl. Pada saat paling akhir meletus pada tahun 2001, beberapa lokasi Kota Manado yang berjarak kurang lebih 25 Km dari gunung itu, di tutupi oleh hujan debu yang mengguyur dikarenakan lantaran tiupan angin. Material debu yang dikeluarkan dari kawah gunung api ini berupa lava pijar serta ketinggiannya diprediksikan meraih 400 meter.

13. Gunung Berapi Lurus
Gunung Lurus merupakan gunung berapi kompleks yang berada di Jawa Timur, Indonesia.

12. Gunung Berapi Meru
merupakan gunung suci dalam kosmologi Hindu serta kosmologi Buddha dan kosmologi Jain, serta dikira sebagai pusat alam semesta, baik secara fisik ataupun metafisik spiritual. Gunung ini adalah tempat bersemayam beberapa dewa, terlebih dewa Brahma serta Dewata lainnya

11. Gunung Merapi
Merapi ketinggian puncak 2. 968 meter diatas permukaan laut, pada tahun 2006 merupakan gunung berapi dibagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng seblah selatan yang terletak dalam administrasi wilayah Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta sisanya berada dalam lokasi Propinsi Jawa Tengah, yakni Kabupaten Magelang di seblah barat, Kabupaten Boyolali disisi utara dan timur, dan Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

10. Gunung Berapi Merbabu
Gunung Merbabu merupakan gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7, 5 Lintang Selatan dan 110, 4 Bujur Timur. Dengan cara administratif gunung ini berada di lokasi Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng samping timur, Provinsi Jawa Tengah.

9. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan merupakan gunung api yang terdapat di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter diatas permukaan laut ini terdapat kurang lebih 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

8. Gunung Berapi Rinjani
Gunung Rinjani merupakan gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini sebagai gunung berapi ke dua paling tinggi di Indonesia dengan ketinggian 3. 726 m dpl menjadi gunung favorite untuk pendaki Indonesia lantaran keindahan pemandangannya. Gunung ini adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas kurang lebih 41. 330 ha dan ini bakal diusulkan penambahannya hingga jadi 76. 000 ha ke arah barat dan timur.

7. Gunung Berapi Salak
Gunung Salak adalah suatu gunung berapi yang ada di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini memiliki beberapa puncak, salah satunya Puncak Salak I serta Salak II secara administratif, Gunung Salak terhitung dalam lokasi Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

6. Gunung Berapi Semeru
Gunung Semeru atau Sumeru merupakan gunung berapi paling tinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3. 676 meter dari permukaan laut. Kawah pada puncak Gunung Semeru ini di kenal dengan nama Jonggring Saloko. Semeru memiliki lokasi hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, serta Hutan Ericaceous atau hutan Gunung.

5. Gunung Berapi Singgalang
Gunung Singgalang adalah suatu gunung yang ada di propinsi Sumatera Barat, Indonesia dengan ketinggian 2, 877 meter. Dari mempunyai bentuk, gunung ini benar-benar serupa dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Gunung ini sudah tdk aktif lagi serta memiliki telaga dipuncaknya sebagai bekas kawah, Telaga ini dinamai Telaga Dewi. Gunung Singgalang memiliki lokasi hutan gunung yang benar-benar lembap dan mempunyai kandungan air yang cukup banyak.

4. Gunung Berapi Talang
Gunung Talang adalah gunung berapi yang terdapat atau terletak dikabupaten Solok, propinsi Sumatra Barat, Indonesia. Gunung Talang berlokasi kurang lebih 9 km dari kota Arosuka ibukota kabupaten Solok, serta kurang lebih 40 km samping timur kota Padang. Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2. 597 m, adalah salah satu dari gunung api aktif di Sumatra Barat, serta salah satu kawahnya menjadi sebuah Danau yang disebut dengan nama danau talang. Gunung Talang telah pernah meletus dari tahun 1833 s/d tahun 2007.

3. Gunung Berapi Kelud
Gunung Kelud kerap disalahtuliskan jadi Kelut yang bermakna sapu dalam bahasa Jawa sedang dalam bhs Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet, atau Kloete yaitu suatu gunung berapi di Propinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tetap aktif. Gunung ini berada diperbatasan di antara Kabupaten Kediri serta kabupaten Blitar, kurang lebih 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

2. Gunung Berapi Kerinci
Gunung Kerinci juga dieja Kerintji, dan di kenal sbg Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura merupakan gunung paling tinggi di Sumatra, dan puncak paling tinggi di Indonesia diluar Papua. Gunung Kerinci terdapat di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, serta terletak kurang lebih 130 km samping selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan yang lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Kerinci tetap aktif serta terakhir kali meletus pada tahun 2009.

1. Gunung Berapi Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Perahu yaitu satu diantara gunung yang terdapat di propinsi Jawa Barat, Indonesia. Kurang lebih 20 km kearah utara Kota Bandung, dengan rimbunan pepohonan Pinus serta hamparan kebun teh di sekelilingnya, gunung Tangkuban Parahu memiliki ketinggian setinggi 2. 084 Meter.

Demikan Daftar Nama nama Gunung Berapi Yang Aktif Di Indonesia.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>