20 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

HASBIHTC.COM – Buah belimbing sangat dikenal karena bentuknya yang unik. Berbentuk seperti bintang ketika dipotong-potong, buah ini tak hanya cantik di bagian luarnya, tetapi juga sangat berkhasiat untuk tubuh manusia. Manfaat buah belimbing sangatlah banyak, dan rasanya yang lezat membuatnya menjadi camilan yang ideal kalau Anda sedang melakukan diet dan memerlukan makanan sehat.

Belimbing untuk Diet
Manfaat buah belimbing yang sangat dikenal adalah perannya dalam berdiet. Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, harus berdiet karena alasan kesehatan, dan sedang dalam proses memperbaiki pola makan, belimbing adalah buah yang wajib Anda konsumsi. Kenapa? Ini karena belimbing itu:

1. Rendah kalori
Dalam satu buah belimbing atau 100 gram, hanya ada kandungan kalori sebanyak 31 kalori. Ini membuat belimbing bisa menjadi camilan yang menyehatkan di antara waktu makan, dan tak akan menambah berat badan.

2. Mengandung tannin dan serat
Zat tannin dan juga serat di dalam belimbing sangatlah bagus untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Anda bisa lebih mudah buang air besar tanpa terkena konstipasi atau sembelit.

3. Memberikan rasa kenyang
Belimbing mengandung sangat banyak air dan juga serat, sehingga dengan memakannya, Anda akan kenyang dan tidak merasa lapar dalam waktu yang cukup lama. Semakin segar, semakin terasa pula manfaatnya.

Buah Belimbing

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

Tapi manfaat buah belimbing tak hanya terbatas pada fungsinya sebagai makanan diet saja. Untuk Anda yang mempunyai banyak masalah kesehatan, buah belimbing bisa membantu Anda dalam mengatasinya. Inilah beberapa manfaat yang diberikan buah berbentuk bintang ini bagi kesehatan tubuh:

1. Melindungi badan dari penyakit
Belimbing sangatlah kaya akan kandungan antioksidan, seperti misalnya saja flavonoid polifenol. Di dalam 100 gram buah belimbing, terdapat setidaknya 43 mg polifenol, belum lagi asam galat, epicatechin, dan juga quertecin. Semua senyawa ini akan membantu memperkuat tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sistem.

2. Mencegah kanker
Antioksidan terkuat di dalam buah belimbing adalah vitamin C. Jumlah vitamin C ini sendiri tak main-main, yaitu sekitar 34,7 mg per 100 gram belimbing. Itu berarti sepadan dengan 57% dari asupan vitamin C sehari-hari yang disarankan. Dengan adanya vitamin C ini, maka tubuh bisa lebih tahan dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.

3. Mengurangi kolesterol
Di dalam belimbing terdapat zat pektin yang berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat, dan dalam proses ekskresinya, mengeluarkan asam empedu. Ini tentu akan mengurangi kadar kolesterol di dalam darah, dan membuat belimbing sangat berguna bagi penderita diabetes.

4. Membuat pencernaan lebih sehat
Jika dimakan bersama-sama dengan kulitnya, maka serat belimbing akan sangat membantu dalam mencegah terjadinya penyerapan kolesterol di dalam usus. Selain itu, serat melapisi dinding usus, yang akan melindunginya dari zat kimia yang masuk ke tubuh, dan mengikatnya sehingga tak menyebabkan kanker usus besar.

5. Membantu mengatasi hipertensi
Anda yang mengalami darah tinggi pasti pernah dianjurkan untuk mengkonsumsi belimbing. Ini karena di dalam belimbing terdapat mineral seperti fosfor, zat besi, seng, dan kalium. Zat terakhir ini sangat berguna untuk mengendalikan denyut jantung, dan mengembalikan tekanan darah yang terlalu tinggi.

6. Mencegah sakit jantung
Belimbing mempunyai kandungan antioksidan beserta antimikrobial, dan didukung oleh khasiatnya dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, bisa membantu dalam mengurangi terjadinya resiko penyakit jantung.

Tak hanya manfaat buah belimbing saja, akar dan daun belimbing pun berguna bagi manusia. Daun belimbing bisa mengatasi maag, mengobati Anda yang susah melakukan buang air kecil, dan daun ini bisa dipakai untuk Anda yang kena bisul. Sementara itu, Anda yang rematik bisa mendapatkan kesembuhan dari akar belimbing ini sendiri.

Belimbing untuk Kecantikan

Kegunaan dari belimbing juga dapat dirasakan dalam bidang kecantikan. Bagi Anda yang peduli dengan penampilan, inilah beberapa manfaat buah belimbing sebagai produk kecantikan:

1. Menghaluskan kulit wajah
Jika Anda punya kulit wajah yang kasar, vitamin C di dalam belimbing bisa melembutkannya dengan efektif. Caranya adalah:

  • Bersihkan dan parut buah belimbing.
  • Oleskan ke kulit wajah yang sudah dibersihkan lebih dulu.
  • Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan setiap hari dan kulit akan semakin halus dan lembut.

2. Mencegah rambut rontok
Karena tinggi dengan kandungan antioksidan, belimbing bisa memberikan nutrisi kepada rambut, dan mencegah terjadinya kerontokan rambut. Vitamin B kompleks di dalam belimbing juga membuat rambut jadi lebih tebal dan lebat. Cukup konsumsi jus belimbing secara teratur, dan Anda akan merasakan sendiri khasiatnya.

3. Pelembab kulit
Kulit yang kering bisa dikembalikan menjadi kulit yang sehat dengan mengkonsumsi dan menggunakan belimbing sebagai moisturizer.

4. Mengatasi jerawat
Bakteri penyebab jerawat bisa dibasmi oleh vitamin C dan kandungan seng yang ada di belimbing. Anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Bersihkan wajah lebih dahulu, pakai air hangat.
  • Belah belimbing, dan gosokkan dagingnya ke bagian wajah yang berjerawat pelan-pelan.
  • Diamkan selama semalam, dan bersihkan wajah di pagi hari.
  • Lakukan ini secara rutin tiap malam sebelum tidur sampai jerawat menghilang.

5. Mengurangi produksi minyak berlebih di wajah
Jika kulit wajah Anda berminyak, mengusapkan daging belimbing ke kulit wajah juga akan membantu mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Jerawat hilang, komedo lenyap, dan Anda pun mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

Bagi Ibu Hamil
Manfaat buah belimbing juga sangat dikenal untuk para ibu hamil. Misalnya saja ini:

1. Mengandung zat besi
Zat besi ini akan membantu membentuk sel darah merah yang mencegah terjadinya anemia di tubuh ibu hamil, dan membuat kehamilan tak terlalu melelahkan.

2. Merangsang nafsu makan
Saat hamil, banyak calon ibu yang kehilangan nafsu makan karena hormon. Tetapi belimbing mengandung vitamin A yang sangat penting dalam meningkatkan nafsu makan, sekaligus juga meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Meningkatkan daya tahan
Seperti yang sudah Anda lihat dari kegunaan belimbing di atas, buah ini sangat kaya dengan antioksidan, membuatnya bisa membasmi berbagai macam bakteri dan virus berbahaya yang mungkin menyerang tubuh.

4. Mencegah tulang keropos
Ketika wanita sedang mengandung, kecenderungannya adalah tulangnya lebih mudah keropos. Namun belimbing bisa mencegah osteoporosis di wanita hamil ini karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi.

5. Mencegah hepatitis
Zat pektin yang ada di dalam belimbing tak hanya berguna dalam mengikat kolesterol jahat, namun juga mencegah terjadinya hepatitis bagi ibu yang sedang hamil.

Efek Negatif Belimbing
Namun selain efek positif manfaat buah belimbing tersebut, Anda yang punya sakit ginjal sebaiknya tak mengonsumsi belimbing terlalu banyak. Ini karena di dalam belimbing terdapat asam oksalat, yang merupakan senyawa anti nutrisi karena menghalangi penyerapan mineral seperti kalsium dan magnesium. Makanlah belimbing dalam jumlah yang moderat, dan Anda akan merasakan efek yang lebih baik.

Share It →