13 Daftar Makanan Kaya Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

HASBIHTC.COM – Vitamin dan mineral merupakan komponen yang sangat diperlukan oleh tubuh supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Salah satu vitamin yang sangat penting bagi tubuh adalah vitamin A, vitamin A adalah jenis vitamin yang dapat larut pada lemak, Vitamin A mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. selain daripada itu Vitamin A pun mampu melindungi tubuh dari organisme asing penyebab infensi, misal bakteri patogen. Lantas makanan seperti apakah yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A? Nah di bawah ini tersedia beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin A.

Sumber Vitamin A

Sumber Vitamin A

Daftar Makanan Sumber Vitamin A

13. Wortel. Wortel adalah jenis sayuran kegemaran kelinci wortel tinggi akan kangandungan vitamin A. Jadi tak heran bila kelinci memiliki penglihatan yang begitu tajam. Wortel dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, dan yang lebih menggembirakan bagi anda kaum wanita adalah wortel dapat juga menghilangkan rasa nyeri pada saat datang bulan. Anda dapat mengolahnya sebagai bahan campuran sup atau sebagai lalapan saat makan.

12. Cabai merah. Buah cabai yang dimanfaatkan sebagai penambah rasa pedas masakan ternyata kaya akan kandungan vitamin yang cukup tinggi. Salah satunya adalah vitamin A yang terdapat di dalamnya. Jadi jangan heran jika banyak orang yang senang mengkonsumsi makanan pedas mempunyai penglihatan yang baik.

11. Bayam. Daun bayam adalah salah satu sayuran hijau yang tak kalah dengan wortel, kandungan beta karoten yang terdapat pada bayam setara dengan kandungan vitamin K, B. C, beta karoten dan magnesium di dalam wortel. Bayam kaya akan zat besi, yang pastinya begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Semangkok sup bayam sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan 50% vitamin A.

10. Buah Tomat. Sayuran yang satu ini sangat identik dengan warna orange kemerah merahan dan bentuknya dominan bulat, ternyata kaya akan kandungan vitamin A. 1 buah tomat segar dengan ukuran sedang sudah dapat memenuhi kecukupan 30% akan kebutuhhan vitamin A tubuh.

9. Hati sapi. Begitu juga dengan hati sapi yang kaya akan kandunyan vitamin A. Bukan hanya sumber vitamin A yang terdapat di dalamnya akan tetapi hati sapi kaya akan vitamin C. Ke 2 vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjanga sel-sel tunuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Menurut penelitian bahwa 100 gram hati sapi di dalamnya mengandung 300% lebih asupan akan vitamin A untuk setiap harinya. Akan tetapi hal yang perlu anda tahu behati-hatilah dalam memilih daging sapi sebaiknya periksalah sebelum membeli apakah sehat atau tidak.

8. Hati ayam kalkun. Hati ayam pada umumnya kaya akan vitamin A utama hati ayam kalkun yang mengandung banyak vitamin A, dalam 100 gram hati ayam kalkun mampu memberikan 1.507 % dari Vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh dalam setiap harinya, atau dalam 100 gram hati kalkun terkandung sekitar 272 kalori.

7. Buah Pepaya. Buah pepaya termasuk buah nikmat dimakan secara langsung saat matang, selain itu buah ini tergoloang buah yang murah meriah dan gampang diperoleh ternyata kaya akan vitamin A yang cukup tinggi, satu buah pepaya berukuran sedang mampu mencukupi kebutuhan vitamin A pada tubuh.

6. Buah naga. Buah naga/buah dragon juga kaya akan vitamin A, sayangnya untuk dapat menikmati buah yang satu ini anda harus memiliki uang yang cukup. Karena buah ini termasuk buah yang langka sehingga buah naga ini harganya cukup mahal, bahkan terkesan seolah-olah buah ini hanya diperuntukkan untuk orang kaya.

5. Labu parang. Labu dengan warnanya yang orange cerah dan rasanya yang pekat ternyata memiliki kandungan beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam semangkok labu parang mengandung 400 persen dari Vitamin A yang mencukupi asupan harian vitamin A yang di butuhkan oleh tubuh. Labu parang pun kaya akan kalium, vitamin C serta serat yang baik untuk percernaan.

4. Sawi. Sayur hijau juga begitu baik dalam hal vitamin A. Anda dapat membuatnya sebagai jus yang dicampur dengan nanas, sawi dapat dijadikan sayuran dengan cara di tumis. Sayur sawi memberikan 118 persen akan kebutuhan vitamin A harian anda. Sawi pun merupakan sumber makanan yang kaya akan mangan, serat, protein, kalsium, karoten, folat, vitamin E, vitamin K, vitamin C, dan juga kaya akan antioksidan.

3. Buah Mangga. Buah mangga matang rasanya yang manis dengan warnanya yang kekuning-kuningan dan berwarna orange ternyata mengandung vitamin A yang begitu banyak, buah mangga selain sangat baik untuk diet, mangga dapat memberikan 36 persen kebutuhan vitamin A harian anda.

2. Umbi-umbian. Bagi anda yang senang akan umbi-umbian seperti ubi kuning, ubi kukus, ubi rambat merah, dan ubi jalar, umbi umbian pun adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Jenis umbi yang disebutkan diatas mengandung banyak vitamin A.

1. Buah Pisang, Buah pisang selain harganya murah dan enak dimakan, pisang juga kaya akan kandungan vitamin A yang begitu baik untuk kesehatan tubuh. buah pisang dapat dimakan secara langsung, buah pisang dapat diolah menjadi kue dalam berbagai variasi, akan tetapi perlu tahu jika ingin mengolah pisang agar jangan terlalu matang supaya kandungan gizinya senatiasa terjaga.

Bila tubuh kekurangan vitamin A maka tubuh anda dapat mengalami gangguan pada beberapa organ pada tubuh seperti pernapasan, bahkan dapat berdampak mata jadi rabun/kebutaan, dan sebaliknya jika tubuh kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan terjadinya nyeri sendi, iritasi, mual, sakit kepala, dan rambut rontok. Nah setelah menyimak artikel mengenai makanan yang kaya akan Vitamin A, jadi anda tak perlu bingung lagi dalam memilih makanan apa untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin A.