12 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Jarang Diketahui

HASBIHTC.COM – Indonesia adalah negara yang mempunyai tanah subur dengan beraneka jenis tumbuhan yang bervariatif. Salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur yaitu tumbuhan kemangi. Selain daunnya yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan dengan paduan ayam bakar atau sambel terasi ini benar-benar disukai banyak orang. Tetapi, tidak semua orang senang daun kemangi, meskipun sebenarnya di lihat dari segi kandungan dan manfaatnya, daun kemangi termasuk lalapan yang paling baik dari pada pete ataupun jengkol.

Daun kemangi dipercaya bisa membuat mulut beraroma wangi, daun kemangi juga sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk sebagian jenis penyakit. Daun kemangi mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Daun kemangi memiliki kandungan senyawa sitrat pada bunga serta daunnya yang membuat daun itu beraroma khas.

Terkecuali senyawa tersebut, daun kemangi juga memiliki kandungan senyawa lain yang tidak kalah penting, yakni : senyawa 1-8 sineol, senyawa anetol, zat arigin, eugenol, betakaroten, zat flavonoid, stigmasterolnya, boron, Zat triptofan, magnesium, dan lain-lain. Dengan kandungan senyawa yang demikian lengkap kita dapat melihat demikian banyak kegunaan daun kemangi untuk kesehatan tubuh. Berikut Beberapa Manfaat daun kemangi yang Jarang Diketahui diantaranya:

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Daun Kemangi

Manfaat Kesehatan daun kemangi Sebagai Obat herbal

1. Melawan Radikal Bebas
Daun kemangi mempunyai kandungan Anti-oksidan yang terbukti sangatlah ampuh dalam melawan radikal bebas yang masuk ke badan kita. Selain itu daun kemangi juga memiliki kandungan Anti-oksidan berbentuk flavanoid dan eugenol yang dapat mencegah perkembangan virus, jamur dan bakteri.

2. Menunda Masa Menopause
Daun kemangi mempunyai kandungan Zat triptofan yang bisa menunda menopause. Jadi, untuk anda para wanita yang berkeinginan menunda saat menopause dapat konsumsi daun kemangi secara rutin maka anda akan merasakan manfaatnya.

3. Batu Ginjal
Manfaat lain yang didapatkan dari daun kemangi yaitu membantu anda dalam memudahkan gangguan pada ginjal. Anda bisa membuat juice daun kemangi dan di paduan dengan madu, anda bisa meminum dengan teratur selama enam bulan untuk mengurangi masalah batu ginjal secara alami.

4. Memperlancar ASI
Konsumsi daun kemangi dengan cara langsung tanpa harus di olah atau dijadikan lalapan dipercaya bisa memperlancar Air Susu Ibu dan mencegah bau mulut dan bau badan yang begitu menggangu.

5. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium serta fosfor pada daun kemangi terbukti bisa Menopang perkembangan tulang serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Selain kalsium dan fosfor

juga ada senyawa astenol serta boron yang bertindak aktif dalam merangsang peranan kerja hormon estrogen dan endrogen, serta mencegah osteoporisi atau pengeroposan tulang.

6. Infeksi Mulut
Daun kemangi dapat membantu dalam meminimalisir terjadinya infeksi pada mulut. Anda bisa kunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.

7. Mencegah Radikal Bebas
Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, daun kemangi nyatanya kaya akan kandungan anti-oksidan yang berperan untuk melawan bermacam radikal bebas pemicu berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

8. Memelihara kesehatan jantung
Kandungan mineral utama yang berbentuk betakaroten dan magnesium pada daun kemangi sangatlah penting dalam melindungi serta memelihara kesehatan jantung dan dapat memperlancar sistem peredaran aliran darah pada jantung.

9. Gangguan Mata
Daun kemangi bisa jadikan obat yang efektif untuk sakit mata walau biasanya masalah mata dikarenakan oleh kekurangan vitamin A. tapi dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin mampu memelihara kesehatan mata.

10. Mencegah Kemandulan
Zat arginin yang dikandung daun kemangi berperan memperkuat daya hidup sperma hingga bisa mencegah terjadinya kemandulan. Daun kemangi juga memiliki kandungan zat eugenol serta apigenin fenkhona yang bisa mencegah ej*kulasi dini serta menambah kualitas er3ksi.

11. Menghilangkan Bau Badan
Badan yang bau bikin kita merasa benar-benar malu serta tak percaya diri, baik itu bertemu dengan pacar, dengan teman bahkan juga dengan rekan kerja, caranya gunakan sekitar 10 lembar perhari daun kemangi melalui cara di makan untuk menanggulangi bau pada badan.

12. Mengatasi Kembung dan Masuk Angin
Orang Jawa telah sejak dahulu memanfaatkan campuran minyak kayu putih, bawang merah, dan daun kemangi untuk menyembuhkan kembung serta masuk angin. Caranya yaitu dengan mengiris kecil-kecil bawang merah, campur dengan minyak putih serta air perasan kemangi, lalu usapkan pada perut dan punggung.

Sangat banyak jenis daun-daun yang ada di sekitar kita yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah daun kemangi yang baru saja kami jelaskan, demikianlah Artikel mengenai manfaat daun kemangi untuk kesehatan manusia, dan mungkin saja terdapat banyak lagi manfaat daun kemangi yang bisa dimanfaatkan juga sebagai alternatif penyembuhan secara tradisional.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com