12 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Jumlah Air Susu Ibu

HASBIHTC.COM – Menyusui merupakan salah satu hadiah terbaik yang diberikan seorang ibu pada bayinya yang baru lahir. ASI begitu bergizi untuk bayi, dengan keseimbangan optimal protein, air, gula dan lemak. Semua nutrisi ini penting untuk perubahan mental dan dan fisik bayi. Menyusui juga mengurangi resiko bayi terserang alergi, asma dan penyakit pernafasan dan infeksi telinga. Bahkan juga membantu meningkatkan emosional dan ikatan fisik pada ibu dan bayinya.

Tidak hanya itu menyusui juga mempunyai manfaat untuk ibu. Salah satunya yakni rahim susut lebih baik, penurunan berat badan serta kurangnya resiko depresi postpartum. Menyusui nyatanya juga mengurangi resiko kanker payudara, penyakit jantung dan rheumatoid arthritis. Bahkan salah satu organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengampanyekan pemberian ASI sampai bayi mencapai umur 6 bulan dikarenakan semuanya manfaat tersebut .

Beragam riset sudah menunjukkan kalau ASI merupakan asupan makanan terbaik untuk bayi. Jadi, tak ada alasan untuk seorang ibu untuk tidak memberi ASI pada bayinya. Ada kalanya kemauan yang kuat tak dibarengi dengan hasil yang memuaskan. Sebagian ibu kerapkali mengalami berbagai kondisi, yang mengakibatkan ASI nya jadi tak lancar. Jika Anda mengalami hal itu, Anda tak perlu kuatir. Perasaan panik hanya akan membuat ASI Anda makin tak lancar.

makanan tambah asi

Makanan Penambah ASI

Untuk memperlancar ASI, Anda seharusnya mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Akan tetapi sebelum itu sebaiknya kita tahu lebih jauh beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi saat sedang menyusui. Sebaiknya kita mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab ASI tidak keluar atau keluar hanya Sedikit.

Kanker Payudara
Kanker, produksi ASI dapat juga menyusut lantaran aspek penyakit seperti kanker payudara. Bila penyebabnya ini maka Anda mesti periksakan ke dokter serta pelajari cara mencegahnya Aspek Genetika atau keturunan, bila ibu mengalami ini solusinya juga sama yakni tanyakan pada dokter kepercayaan atau dokter spesialis yang anda percaya. Untuk permasalahan seperti ini mesti Anda bawa ke dokter kerena mustahil ibu atasi sendiri, bukankah mencegah itu lebih baik.

Sistem Pasca Persalinan
Pasca persalinan, perlu ibu ketahui sejak umur kehamilan 16 minggu atau sekitar 4 bulan kehamilan produksi ASI sudah mulai ada, namun dihambat oleh kandungan hormon kehamilan yang tinggi. Baru pada hari ke-2 atau ke-3 pasca melahirkan, kandungan hormon kehamilan turun drastis dan hormon yang merubah produksi ASI (hormon prolaktin) semakin dominan. Waktu itulah ASI mulai dikeluarkan dari payudara. Jadi secara alamia payudara akan membengkak pada hari kedau atau ketiga pasca persalinan.

Gaya Hidup Tak Sehat
Penyumbatan pada saluran Air Susu, tanda penyumbatan pada saluran air susu yaitu ada tonjolan kecil yang keras bila dipijat. Pemicunya bisa karena pemakaian Bra yang sempit atau tak sesuai, pompa ASI yang kurang bagus, pemberian ASI pada bayi yang dilakukan secara tidak tuntas, Kurangnya konsumsi gizi atau nutrisi yang diperlukan, hal semacam ini begitu memengaruhi produksi dan kualitas ASI. Ibu menyusui memerlukan konsumsi gizi yang cukup dan terbaik. Di bawah ini 12 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Jumlah Air Susu Ibu :

12. Bayam
Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang baik untuk kesehatan, yang sebaiknya Anda masukan dalam menu harian Anda. Bayam memiliki kandungan kalsium, zat besi, vitamin A, K, serta asam folat. Selain bisa memperlancar ASI, kandungan tersebut juga sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Perlu Anda tahu bahwa saat bayi dibawah usia enam bulan, ASI merupakan satu-satunya sumber makanan yang mereka konsumsi. Vitamin A dalam bayam memastikan perkembangan yang sehat dari bayi Anda, sementara antioksidan bakal meningkatkan kekebalan badan bayi Anda.

11. Minyak kelapa
Minyak kelapa juga dianggap sehat untuk ibu hamil dan menyusui. Minyak kelapa kaya akan asam lemak esensial seperti asam lemak omega 3 yang membantu memproduksi hormon yang berperan dalam produksi ASI. Bahkan, asam lemak esensial ini membantu dalam menghasilkan ASI berlemak serta lebih bergizi. Minyak kelapa memiliki sifat meningkatkan kekebalan dan bisa memberikan energi yang begitu diperlukan dan dibutuhkan untuk mengurus bayi.

10. Oatmeal
Oatmeal juga dapat membantu ibu menyusui hal ini karena meningkatkan jumlah dan kualitas ASI. Oatmeal merangs4ng produksi oksitosin, hormon yang dapat membantu selama dalam proses melahirkan, dan juga membantu ikatan dengan bayi dan produksi susu. Oatmeal juga menolong mencegah kekurangan zat besi anemia.

9. Almond
Almond dan kacang-kacangan lainnya, seperti kenari dan kacang mete,apabila diberikan untuk ibu menyusui. Almond yang dikemas dengan protein, serat, vitamin, mineral serta anti-oksidan yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan untuk ibu dan bayinya yang baru lahir. Almond juga merupakan sumber non-susu kalsium yang baik. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dalam almond meningkatkan produksi ASI.

8. Jeruk
Jeruk kaya akan Vitamin C dosis tinggi dan sangatperlu untuk suplai ASI. Sebuah studi tahun 2002 mencatat bahwa kandungan vitamin C jeruk secara signifikan berkorelasi dengan asupan ibu vitamin C. Riset ini meneliti kebutuhan untuk meningkatkan konsumsi bua dan sayuran yang kaya vitamin C. Jeruk juga dikemas dengan nutrisi lainnya, seperti vitamin B dan A, kalsium, magnesium, kalium dan fosfor. Ini benar-benar baik untuk memperkuat sistim kekebalan tubuh dan pulih dari naiknya berat badan pasca kehamilan.

7. Salmon
Salmon adalah sumber protein hewani yang sangat baik dan kaya akan DHA, sejenis asam lemak omega 3 yang penting untuk perubahan sistim saraf bayi. Salmon juga mengandung vitamin D. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition tahun 2012, mengkonsumsi salmon selama kehamilan secara signifikan meningkatkan kualitas ASI selama menyusui dini. Mengkonsumsi salmon, minimal 2 hingga 3 kali seminggu bisa membantu untuk menghasilkan hormon yang bisa menstimulasi produksi ASI. Walau harganya tergolong mahal dari jenis ikan lainnya, mengonsumsi salmon merupakan satu kebiasaan yang baik.

6. Fenugreek
Biji dan daun Fenugreek, berfungsi sebagai galactagogue yang sangat baik untuk merangs4ng sekresi ASI. Kolin, menjamin pengembangan yang tepat dari bayi yang baru lahir. Serta ramuan ini mengandung beberapa senyawa besi, serat, kalsium, serta beragam vitamin dan mineral. Fenugreek bahkan membantu meringankan masalah pasca melahirkan yang umum, seperti perut kembung dan nyeri tubuh.

5. Telur
Makanan lezat dan serbaguna ini begitu baIK untuk ibu menyusui. Telur kaya protein, lutein, vitamin B12 dan D, riboflavin, folat dan kolin. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam American Journal of Psychiatry mencatat bahwa peningkatan asupan kolin selama proses hamil dan menyusui bisa melindungi bayi dari penyakit di masa depan dengan mempromosikan perkembangan otak.

4. Wortel
Selama kehamilan dan melalui masa menyusui, perempuan mesti memiliki konsumsi vitamin A. Vitamin A menopang dalam perkembangan yang sehat dari janin dan bayi baru lahir, dengan perkembangan paru-paru serta pematangan yang begitu penting. Wortel memiliki kandungan beta karoten dan fitoesterogen, yang bisa menstimulasi produksi ASI. Anda bisa nikmati wortel dalam bentuk jus, supaya tak merasa bosan. Selain itu, jus wortel dapat juga menambah asupan cairan Anda sehari-hari.

3. Beras merah
Beras merah jauh lebih baik ketimbang beras putih lantaran serat yang tinggi dan kandungan gizi. Beras merah kaya karbohidrat kompleks. Beras merah membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta memelihara tingkat gula darah yang konsisten.

2. Edamame
Edamame adalah sumber protein yang tinggi. Selain itu, Edamame juga memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin K, mangan, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, vitamin C, serta kalium. Edamame cocok dikonsumsi waktu Anda jenuh mengonsumsi sumber protein hewani. Selain itu, Anda dapat juga jadikan edamame sebagai snack sehari-hari.

1. Gandum utuh
Saat menyusui, Anda baiknya konsumsi karbohidrat, Karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi, supaya Anda tak kelelahan. Merasa capek saat menyusui bisa jadi memperburuk mood Anda, hingga membuat produksi ASI jadi tidak lancar. Supaya lebih sehat, pilihlah karbohidrat dari gandum utuh. Selain mengandung karbohidrat, gandum utuh juga mengandung asam folat, yang bisa tingkatkan kualitas ASI.

Nah demikian penjelsan hasbihtc mengenai penyebab dan cara memperlancar ASI, Bila masih kurang, atau Anda kerepotan dalam menentukan dan menyiapkan makanan penambah ASI Alami. Hasbihtc merekomendasikan supaya mengkonsumi makanan atau minuman penambah ASI, namun bukan Obat.

Share It →