10 Tips Memperlancar Asi Bagi Ibu Menyusui

HASBIHTC – Bagi Ibu Menyusui salah satu berkah yang tak ternilai atas apa yang diberikan oleh tuhan kepada manusaia adalah Asi (Air Susu Ibu). Asi dengan kandugan gizi yang kompit merupakan Asupan Gizi terbaik bagi bayi, Tapi sayangnya tidak semua ibu yang telah melahirkan bayinya memilih untuk menyusui bayinya, mungkin karena di sebabkan oleh beberapa hal seperti produksi Air susu yang tidak begitu lancar, atau disibukkan dengan aktifitas sehari hari hingga sang Ibu memilih Tidak menyusui bayinya.

Bagi Anda ibu yang berkeinginan menyusui bayinya namun Air susu Anda kurang begitu lancar, kiranya jangalah berputus asa sebab ada begitu banyak cara yang dapat Anda tempuh agar air susu bisa lancar. Namun sebelum admin membahas lebih jauh mengenai tips memperlancar Asi, tips ini di terapkan bagi Anda yang masih dalam keadaan Hamil kiranya menerapkan beberapa hal berikut ini, pada masa kehamilan payudara sang Ibu hamil disebabkan adanya retensi lemak dan Air. disamping itu payudara akan terasa tegang dan sakit hal itu disebabkan berkembangnya kelenjar.

Tips Memperlancar Asi Bagi Ibu Menyusui

IBU menyususi dengan Asi Yang Lancar

Tips Memperlancar Asi Bagi Ibu Menyusui

Adapun kiat kiat yang harus Anda terapkan pada masa kehamilan agar ASI lancar dikala Anda sudah melahirkan adalah sebagai berikut :

1. Rutin membersikan puting susu dengan Air atau Minyak, hal tersbut dimaksudkan agar lapisan epitel dapat terlepas hingga tidak menghambat keluarnya Asi
2. Disaat Anda membersikan badan atau Mandi ada baiknya jika Anda menerapkan menarik putting dengan cara lembut hal ini bertujuan agar puting akan menonjol hingga dapat memudahkan bayi saat menyusui.

Selain dua tips yang telah Anda baca, Ibu hamil dan sudah melahirkan hendaknya memperhatikan keseimbangan Gizi Makanan yang di Komsumsi demi lancarnya Air susu Anda, Para Ahli kesehatan mengugkapkan bahwa tingkat produksi Air susu di sebabkan oleh dua hal yaitu keseimbangan Hormon dalam tubuh dan Faktor Gizi yang seimbang, keseimbangan gizi tersebut bisa Anda dapatkan dengan Mengomsumisi Makkanan Sehat Ibu Hamil

Selain dari cara cara yang telah di jelaskan diatas Anda pun dapat menerapkan tips memperlancar Asi dengan resep tradsional berikut ini :

Tips Memperlancar Asi Bagi Ibu Menyusui

IBU menyususi dengan Asi Yang Lancar

1. Memperlancar Asi dengan Daun katuk
Daun katuk atau Sauropus memang sudah lama dikenal sebagai makanan yang ampuh merangsang produktifitas ASI sekaligus memperbaiki kualitasnya. Penelitian klinis menyatakan bahwa di dalam daun katuk tersembunyi sejumlah senyawa penting seperti kalium, zat besi, Vitamin A-B1-C, fosfor, lemak, protein dan masih banyak lagi lainnya. Komponen ini yang membuat katuk sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menyusui. Cara mengolah katuk cukup mudah. Anda bisa meraciknya menjadi sayur bening bersama jagung dan terong.

2. Melancarkan Asi dengan daun nangka muda
Pertama bersihkan daun nangka muda dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus selama 20 menit. Hasil rebusan ini dibagi ke dalam dua bagian dan diminum di pagi juga sore hari. Ramuan ini baiknya dikonsumsi selama dua bulan setelah Anda melahirkan.

3. Bayam Duri Untuk Melacarkan Asi
Tumbuhan Bayam juga sangat baik melancarkan dan memperbayak ASI. Cara mengolahnya sangat mudah. Cukup ambil daun bayam duri yang mudan dan racik menjadi sayur nikmat. Cara lainnya yang banyak dilakukan oleh orang adalah dengan menghaluskan satu batang utuh bayam duri dan kemudian dibalurkan ke payudara. Hal ini bisa dilakukan menjelang melahirkan dan setelah melahirkan. Sedangkan konsumsi bayam duri sebaiknya dilakukan selama masa Anda menyusui.

4. Memperlancar Air susu dengan daun kenikir
Caranya Pilih yang tidak berbunga. Ambil satu genggam dan kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Selanjutnya tempelkan pada payudara Anda saat sedang menyusui sang bayi. Cara lainya yakni dengan merebus lima helai daun kenikir dengan 2 gelas air. Rebus selama 20 menit dan minum airnya.

5. Temulawak Juga baik Dalam melancarkan ASI
Caranya cukup mudah. Pertama ambil temulawak setengah jari kemudian ambil sarinya dengan cara diparut atau ditumbuk. Kemudian saring airnya dan campur bersama gula merah serut sebanyak 5 sendok makan dan masak bersama dua gelas air atau sesuai selera. Jika Anda juga mau, bisa menambahkan asam jawa. Masak hingga mendidih dan kemudian tunggu dingin dan minum secara rutin.

6. Daun Pepaya Dan Asam dan Gula Jawa
Dengan cara yang sama pada poin nomor lima, Anda juga bisa meracik daun pupus papaya juga asam dan gula jawa. Minum secara rutin

7. Bawang Dan kunyit
Kabarnya bawang merah juga kunyit yang telah dikukus bisa melancarkan ASI. Caranya dengan dikonsumsi langsung sebagai lauk saat makan

8. Rutin Menyusukan Bayi
Cara melancarkan ASI lainnya adalah dengan rutin menyusukan bayi secara bergantian yakni payudara kanan dan kiri. Hal ini dilakukan secara teratur, dua atau tiga jam sekali. Selain itu, ibu diharapkan menjaga kualitas emosional sebab jika stress akan berpengaruh banyak pada ASI.

Demikanlah Tips memperlancar Asi beserta resep tradsional memperlancar Asi, semoga dapat bermanfaat bagi Anda Ibu ibu yang mengalami masalah dengan Air susu yang Kurang Lancar.

Share It →