10 Khasiat dan Manfaat Tersembunyi dari Buah Cengkeh

HASBIHTC.COM – Cengkih atau cengkeh dalam bahasa Inggrisnya kenal dengan sebutan cloves, Tumbuhan cengkeh adalah salah satu jenis tanaman tahunan yang dapat tumbuh secara baik pada daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia, Tanaman cengkeh dapat tubuh hingga mencapai tinggi 8 sampai 25 meter, dengan bentuk daun lonjong bunganya keluar pada pada pucuknya yang pada awalnya hanya berupa tangkai buah yang berwarna hijau, dan akan berubah warna jadi merah pada saat sudah mekar.

Cengkeh dapat digunakan sebagai bahan peyedap rasa atau bumbu masakan, akan tetapi selain itu bauh cengkeh dipercaya mempunyai manfaat baik bagi kesehatan. Namun, hanya sedikit orang yang mengenal manfaat ajaib dari buah cengkeh ini. Nah dibawah ini pejelasan beberapa manfaat buuah cengkeh, seperti yang Hasbihtc kutip dari laman Mag for Women.

Khasiat Buah Cengkeh

Buah Cengkeh

Khasiat Utama Buah Cengkeh untuk Kesehatan

10. Sumber Bernutrisi
Cengkeh merupakan sumber nutrisi utama yang diperlukan oleh tubuh karena kaya akan vitamin hingga nutrisi yang penting lainya yang terdapat pada buahnya, seperti kaya akan magnesium dan juga kalsium. Cengkeh dengan ukuran kecil dan mungil ini mempunyai manfaat yang besar terhadap kesehatan tubuh karena didalamnya kaya kandungan energi yang tinggi serta sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat.

9. Melawan Kanker
Walaupun kebenarannya belum dapat dipastikan, akan tetapi menurut studi menunjukkan bahwa pada buah cengkeh dapat mengcegah/menangkal terjadinya sakit kanker, utamanya kanker kulit, saluran pencernaan dan juga paru-paru.

8. Antibakteri dan Jamur
Cengkeh merupakan salah satu bahan alami dalam melawan bakteri yang bisa membahayakan perut, dan menghilangkan bau pada mulut/napas tak sedap. Selain itu, kandungan eugenol yang terdapat pada cengkeh terbukti memiliki zat anti jamur hingga dapat memimalisir terkena panu dan peyakit kulit lainya, buah cengkeh sangat efektif dalam melawan penyakit kulit yang diakibatkan oleh cacing cincin.

7. Mengandung Analgesik
Dalam buah cengkeh kaya akan kadungan minyak, nah minyak cengkeh ini kerap dipakai dalam mengobati sakit gigi serta beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa buah cengkeh memiliki kandungan anelgesik. Bagi anda yang mengalami ganguan pada gigi dan gusi, anda tidak perlu repot membeli obat di apotik, cukup mengunakan minyak cengkeh saja untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh gusi dan gigi.

6. Anti Nyamuk
Pada buah Cengkeh memiliki kandungan yang tidak disenagi oleh nyamuk. Jadi jika anda ingin terbebas dari gigitan nyamuk yang membahanyakan pergunakanlah cengkeh untuk mengusir nyamuk secara alami yang dapat menyebabkan sakit demam berdarah, malaria serta penyakit-penyakit lain yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

5. Baik untuk Pencernaan
Buah Cengkeh adalah salah satu bahan campuran makanan yang baik untuk pencernaan. Cengkeh tak hanya mampu melawan perut kembung dan bisul, akan tetapi buah cengke sangat manjur dalam meredakan rasa mual serta gangguan pencernaan lainya.

4. Anti Inflamasi
Pada minyak cengkeh kaya akan kandungan Flavonoid yang berfungsi sebagai anti inflamasi yang yang dapat membantu penderita sakit rematik. Selain itu buah cengkeh juga dapat dipergunakan sebagai ekspektoran dalam menangulangi gangguan pada sistem saluran pernafasan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh
Cengkeh telah dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh/imun dan serta dapat melawan seluruh penyakit mulai dari penyakit ringan hingga yang penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung
Pada buah Cengkeh terdapat kandungan Eugenol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan pada darah serta dapat mencegah serangan sakit jantung atau sroke, sampai saat ini penelitian terus dilakukan dengan bebagai riset guna mengetahui khasiat dan manfaat lain dari buah cengkeh untuk kesehatan jantung.

1. Pewangi alami pakaian
cengkeh dengan aroma pedasnya secara alami mampu meminimalisir bau tidak sedap, selain itu cengkeh bisa menjaga ketahanan barang-barang anda. Salah satu contoh manfaat dari cengkeh adalah digunakan sebagai bahan penyegar dan pewangi pakaian caranya pengunaannya cukuplah mudah yakni cukup meyimpan beberapa biji buah cengkeh kering kedalam lemari tempat anda menyimpan pakaian, gantilah secara berkala misal sekali seminggu, suapaya aroma segarnya tetap terjaga.

Nah setelah mengetahui beberapa manfaat dari buah cengkeh, minatkah anda mengunakannya dalam menangangi panyakit yang anda derita, sebenarnya masih terdapat banyak lagi manfaat dan khasiat dari buah cengkeh ini, Namun untuk pembahasan kali ini kami hanya mampu memaparkan sepuluh manfaat saja dari buah cengkeh.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com