10 Khasiat Dan Manfaat Daun Sambiloto

HASBIHTC.COM – Tumbuhan sambiloto adalah tumbuhan bermanfaat yang dapat dijadikan sebagai obat bahkan dipercaya dapat mengobati bebagai macam penyakit dalam menyang tingginya dapat capai 90 sentimeter. Asalnya tubuha hebal sambiloto ini dikira berasa dari negara bagian Asia. Penyebarannya dari India meluas ke selatan hingga di Siam, ke timur hingga semenanjung Malaya, lalu ditemukan Jawa. Tumbuh secara baik di dataran rendah hingga ketinggian 700 mtr. dari permukaan laut.

Khasiat Dan Manfaat Daun Sambiloto

Gambar Daun Sambiloto

Manfaat Daun Sambiloto

Sambiloto bisa tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/th. serta suhu hawa 25-32 derajat Celcius. Kelembapan yang diperlukan terhitung sedang, yakni 70-90% dengan penyinaran agak lama. Nama Daerah untuk sambiloto diantaranya :

  • Sambilata dalam bahasa Melayu
  • Ampadu tanah dalam bahasa Sumatera Barat
  • Sambiloto, ki pait, bidara, andiloto dalam bahasa Jawa Tengah
  • Ki oray dalam bahasa Sunda
  • Pepaitan dalam bahasa Madura, dan
  • Nama asingnya Chuan xin lien

Bagian Yang Di Manfaatkan pada tumbuhan sambiloto Khasiat serta fungsi tanaman sambiloto bisa dimanfaatkan untuk

  1. Menghambat pembentukan radang
  2. Mengobati penyakit tifus
  3. Obat penyakit radang tenggorokan
  4. Mengobati luka terkena gigitan ular berbisa
  5. Membuat lancar air seni atau diuretika
  6. Turunkan panas tubuh
  7. Obat sakit perut
  8. Kencing manis
  9. Terkena racun
  10. Mengobati malaria

Sedangkan kandungan senyawa kalium pada tumbuhan sambiloto memberikan manfaat turunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi membuktikan bahwasanya air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0. 3 ml/kg berat tubuh mampu memberikan penurunan kandungan gula darah yang sepadan dengan pemberian suspensi glibenclamid.

Langkah Pengobatan

Manfaat dan kegunaan daun sambiloto juga diakui dapat dipakai untuk mengobati penyakit tifus melalui cara mengambil 10-15 daun yang di rebus dengan dua gelas air hingga mendidih sampai air rebusan yang tersisa di perkirakan tinggal satu gelas tunggu sampai dingin lalu diminum air rebusannya.

Manfaat dan kegunaan daun sambiloto juga diyakini dapat dimanfaatkan untuk obat penyakit radang tenggorokan melalui cara mengambil 10-15 daun yang di rebus dengan 2-3 gelas air hingga mendidih sampai air rebusan yang tersisa di perkirakan tinggal satu gelas lalu diminum air rebusannya. Apabila ada bisa di tambahkan dengan 3-5 lembar daun sirih merah.

Daun sambiloto dikunyah lalu airnya di telan dan ampasnya di tempelkan pada luka terkena gigitan ular berbisa atau sengatan binatang berbisa lainnya. genggam daun sambilito di rebus dengan 4 cangkir air hingga airnya tinggal separuh diminum 1/2 gelas diminum tiga kali sehari untuk obat malaria. NB : Janganlah terus-menerus meminum atau konsumsi daun sambiloto serta ingatlah apa pun yang berlebihan itu tak baik. Insya Allah semoga bermanfaat.

Share It →