10 Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak Anak

HASBIHTC.COM – Apakah anda ingin anak anda kecerdasan otaknya bertambah? Maka anda harus penuhi asupan gizinya dengan cara memberinya makanan yang bernutrisi sehat untuk dimakannya setiap hari. Kita sebagai orang tua dari anak tentunya harus memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi harian mereka.

Akan tetapi bila Anda merasa bingung dalam memilih jenis makanan yang tepat diberikan pada anak-anak, dibawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dijuluki sebagai makanan pendongkrak kecerdasan otak “Brain Food”. Jenis makanan ini telah dipercaya mampu memperkuat daya ingat dan konsentrasi serta mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak Anak. Lantas, jenis makanan apa sajakah itu? Seperti yang hasbihtc dari rangkum dari berbagai situs kesehatan, berikut sepuluh jenis makanan terbaik untuk otak.

Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak Anak

Kecerdasan Otak

Makanan Untuk Mencerdaskan Otak Anak

10. DAGING SAPI TANPA LEMAK
Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan kaya akan kandungan zat besi tinggi. Zat besi merupakan mineral esensial yang mampu membantu anak dalam berkonsentrasi dan menjaga keseimbangan energi dalam tubuh saat beraktifitas. Daging sapi tanpa lemak juga mempunyai kandungan mineral lainnya seperti seng yang bisa membantu dalam meperkuat daya ingat.

9. IKAN SALMON
Kandungan asan lemak Omega-3 (EPA dan DHA) terbaik terdapat pada ikan salmon, kandungan inilah yang memiliki peranan penting dalam membantu perkembangan sel-sel otak anak. Menurut hasil riset yang telah dilakukan bahwa orang akan mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih mampu berfikir lebih tajam serta mendapatkan hasil yang memuaskan, selain Ikan salmon, jenis ikan lainya yang memiliki kandungan asam omega-3 tinggi terdapat pada ikan Tuna.

8. GANDUM MURNI
Otak membutuhkan persediaan atau asupan glukosa dari dalam tubuh yang sifatnya konstan dan stabil. Gandum murni berperan penting dalam mendukung kebutuhan tersebut. Kandungan serat yang terdapat pada gandum dapat membantu sirkulasi glukosa pada tubuh. Gandum murni ini pun kaya akan kandungan vitamin B yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan pada sistem saraf.

7. TELUR
Sejak dahulu kala telur sudah dikenal sebagai sumber makanan berprotein tinggi, harganya pun terjangkau serta mudah diperoleh. Meskipun telur mengandung kolesterol tinggi, akan tetapi pada kuning telur terdapat zat kolin, Kolin adalah salah satu zat yang mampu memperkuat daya ingat.

6. SELEI KACANG
Kacang tanah kaya akan kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan serta memiliki peranan penting dalam menjaga memran sel-sel saraf pada otak. Konsumsi selei kacang setiap harinya untuk memenuhi asupan penggunaan energi zat glukosa pada tubuh.

5. KACANG KACANGAN
Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, Kaya akan vitamin, Mineral, sumber protein kaya akan serat dan berenergi tinggi, kacang-kacangan sangat baik untuk kecerdasan otak anak karena manfaatnya memberi energi lebih lama pada kemampuan berfikir anak, Berdarkan hasil riset pada kacang merah dan kacang pinto didalamnya terdapat ALA (asam lemak omega 3) ketimbang kacang jenis lainya.

4. OATMEAL
AOT adalah salah satu jenis sereal yang sangat digemari oleh anak-anak, Kandungan yang dimilikinya seperti potasium, seng, Vitamin B dan Vitamin E dapat menjaga otak anak agar tetap fit, oatmeal adalah sumber nutrisi untuk perkembangan otak anak, Sarapan Oatmeal setiap harinya sangat baik dalam mengawali aktifitas di pagi hari. Selain itu oat mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan otak dalam sehari.

3 BUAH-BUAHAN JENIS BERRY
Hampir semua jenis buah berry sangat baik untuk kecerdasan otak anak, jenis-jenis buah bery yang baik untuk otak seperti rasberry, blueberry, stroberry kaya akan antioksidan Omega-3 dan Vitamin C yang mempunyai peran dalam mencegah kanker, Menurut penelitian yang telah dilakukan baru-barun ini pada ekstrak blueberry dan stroberry terbukti mampu memperkuat dan memperbaiki daya ingat.

2. SAYURAN BERWARNA
Hampir semua jenis sayuran berwarna baik dalam membatu perkembangan otak anak, seperti sayur bayam, ubi jalar, tomat dan wortel, sayuran tersebut kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat menjadikan sel-sel otak tambah sehat dan kuat.

1. YOUGURT DAN SUSU
Jenis makanan dari produk susu kaya akan protein tinggi dan vitamin B. Susu dan Yougurt sangat penting dalam mejanga dan membantu perkembangan sel-sel jaringan otak anak, Kedua jenis Nutrisi ini dapat menimbulkan efek rasa kenyang karena kaya akan karbohidrat dan protein tinggi, mengomsumsi susu maupun yougurt setiap harinya adalah salah satu sumber energi otak anak.

Dimikian 10 ulasan hasbihtc mengenai 10 jenis makanan untuk kecerdasang otak anak. Semoga bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com