10 Jenis Burung Berbulu Cantik di Dunia

HASBIHTC.COM – Berbicara mengenai burung tentunya yang akan terlintas pertama kali dibenak kita adalah suara atau kicauannya yang merdu. Akan tetapi tak hanya sampai disini saja keunikan yang dimiliki oleh burung, Warna warni bulunya yang begitu indah kadang mengundang rasa kagum.

Nah sahabat hasbihtc.com jika anda adalah seorang pencinta burung tentunya amat disayangkan jika anda melewatkan kesepuluh jenis burung dibawah ini simak ulasan sepuluh jenis burung yang memiliki bulu terindah di dunia ini.

10 Jenis Burung Berbulu Cantik di Dunia

Gambar Burung berbulu cantik

10 Jenis Burung Paling Indah di Dunia

1. BEO MANCAWS
Macaw merupakan salah satu jenis beo terbesar di Dunia, Macaws Scarlet burung yang indah berwarna dengan jelas. Scarlet Macaws dengan panjang tubuhnya dapat mencapai sampai 33 inci, bulu yang berwarna merah yang menutupi tubuh burung ini serta dihiasi warna kuning dan biru burung 33 inci dengan ekor panjang menjadikan burung ini sebagai burung terindah di dunia.

Macaws Scarlet

Foto Macaws Scarlet

Dengan paruh yang kuat yang berfungsi mengoyak makanan keras. Mata dari burung mancaw yang dihiasai oleh patch putih. Scarlet Macaws dapat dijumpai di kawasan meksiko, amerika selatan, tengah dan pada hutan Amazon. Scarlet Macaws dengan suaranya lantang untuk memanggil kawanan burung Scarlet Macaws lainya, burung Scarlet Macaws dapat meniru suara manusia.

2. BURUNG RAINBOW LORIKEET
Rainbow Lorikeet adalah salah satu spesies burung beo asal negeri kangguru/austraila, burung ini tak hanya indah dari segi tampilannya akan tetapi burung ini sangang berbeda dengan burung indah lainya, suaranya yang merdu. Burung rainbow dengan warna bulunya yang cerah tentunya akan menarik perhatian bagi orang yang melihatnya.

Rainbow Lorikeet

Foto Rainbow Lorikeet

Ukuran tubuh Rainbow Lorikeet sekitar 30 cm dengan kerah kuduk kehijauan, kepala biru, bulu dadanya berwarna merah orange, perutnya yang membiru serta sayapnya berwarna hijau. Rainbow Lorikeet dengan paruh orange kemerahan. burung Rainbow Lorikeet ini bagaikan pelangi yang melekat pada tubuhnya, burung ini hidup berkelompok serta suka menyerang kebun buah sehingga burung ini pun dijuluki sebagai burung hama dan burng bimbang oleh iucn.

3. BURUNG GURNEYS PITTA
Pitta Gurney adalah salah satu burung dengan ukuran mungil, burung ini dapat ditemukan di Myanmar dan Thailand. Burung ini dikategorikan sebagai spesies brung yang berharga disebabkan karena burung ini cukup konservasi. Gurney’s Pitta dengan mahkota biru kehitaman pada bagian kepala, lehernya yang berwarna kuning, pada bagian ekornya yang berwarna biru.

Pitta Gurney

Gambar Pitta Gurney

Burung Gurney’s Pitta adalah hewan pemakan daging, burung ini suka makn serangga, cacing dan siput. Seiring dengan perkembangan perkebunan kelapa sawit yang pesat di thailand, sehingga burung Gurney Pitta mengalami penurunan populasi yang begitu dradtis. Dengan alasan inilah sehingga burung Gurney’s Pitta diklasifikasikan sebagai spesies terancam punah, Pitta Gurney dinobatkan oleh seorang peneliti burung sebagai The Most Wanted Bird di Thailand.

4. BURUNG NORTHERN CARDINAL

Burung Northern Cardinal

Burung Northern Cardinal

Burung Northern Cardinal tubuhnya yang ditutupi oleh warna merah seluruh tubunya dengan topeng hitam pada bagian kepalanya kemerahan. Burung Northern Cardinal dengan tagihan pendek dan menonjol pada bagian kepalanya. Burung ini tak hanya terlihat cantik dan gaya namun kicauannya terdedengar merdu, burung ini sangat terkenal dengan siulanya dengan nada yang khas. Burung ini suka hingap pada taman-taman serta suka bertengger pada ranting-ranting pohon yang rendah.

5. BURUNG GREAT BIRD OF PARADISE
The Greater Birds of Paradise burung ini dapat di jumpai di Kepulauan Aru Indonesia dan papua Nugini. Burung ini dikelompokkan sebagai brung besar dengan panjang tubuhnya 45 cm tak termasuk panjang bulu ekor.

Greater Birds of Paradise

Greater Birds of Paradise

Burung jantan dengan bagian mukanya yang berwana hijau serta kadang warnanya berubah apabila tampak dari sudut lain, kepala dari burung ini dengan warna agak kuning silver serta paruh yang agak biru. Greater Birds memiliki bulu merah maron serta bulu kuning yang indah berpadu dengan warna putih. Burung Greater Birds adalah salah satu burung pemakan biji-bijian, buah dan pemakan serangga.

6. BURUNG MERAK
Merak temasuk dalam kategori burung besar, dengan bulunya tang berwarna cerah, burung merak adalah burung asil Asia. burung merak termasuk hewan pemakan segala burung ini suka makan tanaman dan binatang kecil seperti serangga.

Merak

Gambar Burung Merak

Merak jantan dengan warna tubuhnya kebiruan, mahkota pada tubuhnya bak seperti kipas dengan berbagai varian warna warni (oranye biru, kuning keemasan). Meskipun tubuhnya tergolong besar akan tetapi merak mampu terbang dari cabang pohon terdekat. Tubuh merak dapat mencapai hingga 30-50 Inci serta bulu ekor saat mekar dapat naik melebihi dari tinggi badannya.

7. BURUNG GOLDEN PHEASANT
Golden Pheasant atau dikenal juga sebagi burung Pheasant Cihna. Hal demikan disebakan karena burung ini asalnya dari hutan Cina. Golden Pheasant jantan ukuran tubuhnya dengan pannjang sekitar 100 – 105 cm, seprtiga dari tubuh burung ini terdiri dari ekor.

Golden Pheasant

Golden Pheasant

Bulunya yang begitu eksotis dengan beraneka warna menjadikan burung ini sebagai burung favorit bagi pencinta burung utamanya bagi mereka para penyuka burung hias. Pada bagian lehernya terdapat warna keemasan serta bagian tubuh yang memerah. Golden Pheasant memiliki cape biru, orange, hijau dan warna hitam pada sisi wajahnya.

8. BURUNG ATLANTIK PUFFINS
Atlantik Puffins adalah salah jenis burung laut dengan warna bulu hitam putih dengan tagih yang warna kuning, merah dan biru. Burung ini memiliki tubuh yang kekar serta warna kakinya yang oranye. Bagian atas kepala burung ini berwarna hitam, sedang bagian atas kepala berwarna putih.

Atlantik Puffins

Burung Atlantik Puffins

Burung Atlantik Puffins lebih banyak menghabiskan waktunya hidup di kawasan perairan/laut sedangkan saat musim panas tiba burung Atlantik Puffins akan menjalani hidupnya dihutan. Tubuh burung ini berukuran sedang sekitar 10 inchi. Makanannya adalah ikan-ikan kecil. Burung Atlantik Puffins adalah burung provinsi Newfoundland dan Labrador.

9. BURUNG SCARLET TANAGERS
Scarlet tanagers Adalah salah satu jenis burung yang berukuran sedang, burung ini berasal dari amerika, burung ini begitu indah dan cantik, warna bulu ekornya yang hitam serta paruhnya yang pucat.

Scarlet tanagers

Scarlet tanagers

Burung Scarlet tanagers dapat ditemukan kawasan hutan Amerika Utara Konopi, hal demikian adalah satu fakta burung jenis ini begitu sulit dijumpai, jenis makananan burung Scarlet tanagers adalah serangga kecil dan buah-buahan segar.

10. BURUNG AMERICAN GOLDFINCH
Goldfinch merupakan burung yang berasal dari kawasan Amerika Utara dengan warna bulunya yang kuning cerah jika musim panas tiba. Burung Goldfinch memiliki dahi yang berwarna hitam, bulu tubuhnya berwaran hitam putih, serta paruh dengan warna merah muda.

Scarlet tanagers

Burung Goldfinch

Ukuran tubuh dari burung Goldfinch sekitar 10-14 cm, burung Goldfinch merupakan salah satu jenis burung paling aktif dan kadang dijadikan sebagai burung pengumpan. Di Amerika burung Goldfinch ini di nobatkan sebagai jenis burung paling indah di dunia ini.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com On:10 Jenis Burung Berbulu Cantik di Dunia