10 Cara Tradisional Atasi Sakit Kepala Sebelah Migrain

HASBIHTC.COM – Sakit Migrain merupakan sakit kepala yang hanya di alami oleh sebelah saja, sakit kepala sebelah kanan atau sebaliknya, hal demikian ini tentunya akan membuat penderitanya mengalami sakit kepala secara berdenyut, hal hal yang dapat memicu sakit migrain seperti terjadinya perubahan hormon, stress, gelisah, kurang Istirahat, leher tegang, gula darah rendah, pengaruh alkohol, telat makan, kurang minum dan menghirup asap rokok. Sakit kepala sebelah atau migrain terbagi dalam dua jenis yakni:

Migran Biasa
Orang yang menderita sakit kepala migrain di tandai dengan nyeri kepala yang berdenyut pada salah satu sisi kepala dengan intensitas berat dan sampai nyeri yang semakin parah pada saat melakukan aktifitas. Selain itu, pada migrain ini penderita akan di sertai dengan dengan rasa mual dan muntah, sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Dan biasanya sakit kepala ini meskipun tak diobati sama sekali, akan sembuh dalam waktu 5 sampai 72 jam.

Migran Klasik

Migran klasik merupakan migrain yang gejala awalnya didahului dengan gejala yang disebut aura. Dan gejala adanya aura yang terjadi selama 30 menit sebelum timbul rasa nyeri dan kepala yang berdenyut pada salah satu bagian kepala dengan intensitas berat dan rasa nyeri makin parah saat beraktifitas.

Cara-Tradisional-Atasi-Sakit-Kepala-Sebelah-Migran

Cara Atasi Sakit Kepala Migrain

Migrain dapat timbul bersama penyakit lain misalnya asma depresi dan penyakit berbahaya lainya misalnya tumor dan infeksi di mana gejala yang ditimbulkan mirip migrain tapi kejadian seperti ini sangat jarang terjadi. Namun bagi Anda yang sedang mengalami sakit kepala sebelah atau Migrain, kiranya jangan khawatir karena terdapat beberapa obat sakit kepala sebelah secara tradisional yang menjadi pilihan alternatif dalam mengatasinya. Nah sahabat sehat hasbihtc.com berikut ini cara sederhana menyembuhkan sakit kepala sebelah:

10. Kentang
Obat sakit Kepala tradisional yang pertama adalah kentang. Caranya rebus atau bakar kentang bersama dengan kulitnya, hindari cara memasak kentang dengan cara digoreng. Kentang memang memiliki kandungan nutrisi air, kentang sangat baik dalam mengobati migrain. Dengan memakan 2 sampai 2 biji kentang sakit kepala akan segera hilang.

9. Jahe dan Gula merah
Siapkan jahe sebesar 1 ibu jari, Gula merah secukupnya dan Air 1 gelas cara penggunanya jahe di bakar kemudian di memarkan, masukkan ke dalam air mendidih satu gelas, dan beri gula jawa secukupnya, lalu diaduk. Cara pemakaian obat sakit kepala ini dapat di minum hangat-hangat.

8. Air putih
Selain karena kekurangan kalium, sakit kepala juga dapat disebabkan karena dehidrasi. Oleh sebab itu, air putih masuk dalam daftar obat pusing tradisional. Cukup minum air putih yang banyak atau cukup untuk mengatasi sakit kepala. Air putih memang sangat sehat, karena air putih dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu dengan adanya air putih kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi.

7. Buah pisang
Buah pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi, dapat dikatakan bahwa buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Maka dari itu jika Anda mengalami sakit kepala segeralah konsumsi buah pisang 1 atau 2 biji, selain itu buah pisang sangat baik di konsumsi bagi Anda yang sedang diet. Karena buah pisang akan mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama.

6. Makanan yang mengandung mint
Sakit kepala dapat diakibatkan oleh sakit maag, makanan yang mengandung mint merupakan solusinya. Ada memang seseorang yang sakit kepala disebabkan karena penyakit maag, untuk itu konsumsilah makanan yang mengandung mint. Banyak sekali makanan yang mengandung mint seperti permen, kue, dan yang lainnya.

5. Es batu
Rasa dingin pada es batu dapat meredakan sakit kepala sebelah atau migran. Caranya menggunakannya cukup dengan menggosok-gosokkan es batu pada kepala, dan lakukan hingga rasa sakitnya hilang. Es batu akan membuat saraf menjadi mati rasa, sehingga akan menghilangkan rasa sakitnya.

4. Buah Semangka
Obat sakit kepala tradisional lainnya yang dapat Anda gunakan yaitu semangka. Buah yang kaya akan air ini dapat mengatasi sakit kepala sebagai akibat dari dehidrasi. Untuk itu mengonsumsi semangka dalam jumlah yang cukup akan membuat migrain atau sakit kepala segera hilang.

3. Olahraga Ringan
Olahraga sedikit untuk merenggangkan otot yang kaku agaknya perlu dilakukan. Pusing dapat diakibatkan karena otot yang kaku serta peredaran darah kurang lancar. Untuk itu streching sangat membantu, Anda dapat melakukan gerakan sederhana seperti sujud, kaki dinaikkan ke atas lebih tinggi dari kepala, dan masih banyak lagi.

2. Minum secangkir kopi
Ternyata kandungan kafein pada kopi dapat mengatasi sakit kepala migrain. akan tetapi perlu anda ketahui bahwa minum kopi tak boleh berlebihan karena justru akan menambah sakit kepala. Saran sebaiknya Anda cukup minum dua tau secangkir kopi setiap seharinya supaya sakit kepala anda segera hilang.

1. Istirahat yang cukup
Istirahat dengan cara tidur merupakan cara yang tepat dalam mengatasi pusing. Karena dengan tidur tubuh akan istirahat dalam menjalankan aktivitasnya. Sehingga apabila sedang pusing pun akan segera hilang, dan bangun kembali dengan segar.

Nah demikianlah ulasan tips kesehatan Hasbihtc tentang cara alami atasi sakit kepala sebelah migrain, akan tetapi jika anda telah menempuh cara-cara yang baru saja Anda baca dan tidak membuahkan hasil sebaiknya segera periksakan kepada ahlinya untuk mendapat pertolongan medis. Terima kasih semoga bermanfaat.

Share It →